Tips & Tutorial

Tips Cara Mencegah Uban di Usia Muda yang Perlu Diketahui

Uban atau rambut putih dapat membuat seseorang tidak pede, apalagi bila dialami orang yang masih berusia muda, oleh karenanya Anda perlu mengetahui penyebab serta cara mencegah uban di usia muda.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai hal – hal atau faktor yang dapat menyebabkan seseorang yang masih muda mengalami rambut beruban. Rambut seseorang dapat memutih atau beruban disebabkan karena berkurangnya produksi melanin terutama pada folikel rambut.

Ada banyak penyebab yang dapat mempengaruhi berkurangnya produksi melanin misalnya saja faktor genetik, keturunan, hingga pola hidup yang tidak sehat.

Cara Mencegah Uban di Usia Muda

Munculnya uban atau rambut putih tentu tidak dapat dihindari karena seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk memproduksi melanin juga berkurang. Hal ini menyebabkan rambut akan memutih secara alami.

Namun ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dan terapkan untuk mencegah munculnya uban pada usia dini. Perlu diingat, cara mencegah munculnya uban pada usia muda ini perlu dilihat kembali penyebab munculnya uban tersebut.

uban di usia muda

Apabila uban atau rambut putih pada usia muda disebabkan karena faktor genetik atau keturunan, hal ini sulit untuk dicegah dan dihindari. Berikut beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah munculnya uban pada usia muda:

Menerapkan Pola Makan Sehat

Salah satu faktor penyebab munculnya uban pada usia muda adalah kurangnya vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B12 dan vitamin D. Untuk itu, penting untuk menjaga pola makan dan menerapkan pola makan sehat.

Hal ini agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh dapat tercukupi dengan baik. Dengan tercukupinya vitamin dan mineral, sel – sel tubuh dapat berfungsi dan beregenerasi dengan baik dan dapat mencegah munculnya uban atau rambut putih di usia muda.

Hindari Stres Berlebih

Salah satu cara untuk menghindari dan mencegah rambut beruban sejak usia muda adalah mengurangi dan menghindari stres berlebih. Stres berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Stres berlebih dapat menyebabkan rusaknya sel – sel rambut. Rusaknya sel rambut ini dapat memicu kerusakan pada folikel dan juga berkurangnya melanin sehingga rambut memutih. Untuk itu kurangi stres dan lakukan aktivitas yang membuat Anda rileks.

Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh. Selain menjaga agar tubuh tetap fit, olahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, serta membantu agar aliran darah menjadi lebih lancar.

Aliran darah yang lebih lancar dapat membatu darah mengangkut oksigen ke sel – sel rambut dengan lebih lancar. Hal ini membuat sel – sel rambut tetap sehat dan terawat serta dapat mencegah kerusakan sel rambut yang menimbulkan uban atau rambut putih.

Berhenti Merokok

Hasil penelitian menunjukkan perokok aktif lebih rentan dan 2,5 kali lebih mungkin mengalami rambut memutih atau beruban pada usia muda dibandingkan dengan orang – orang yang tidak merokok. Untuk itu, hindarilah atau berhenti merokok untuk mencegah munculnya uban pada usia muda.

Hindari Kebiasaan yang Merusak Rambut

Untuk mencegah uban muncul pada usia dini juga dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan yang dapat merusak rambut atau membuat rambut menjadi tidak sehat. Beberapa di antaranya seperti kebiasaan bleaching dan mewarnai rambut, sering menggunakan hairdryer atau pengeriting rambut dan menggunakan sisir dengan gigi yang rapat.

mencegah uban di usia muda

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya uban di usia muda yang tidak disebabkan oleh faktor genetik atau faktor usia.

Leave a Reply