Tips & Tutorial

Tips Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Agar Tidak Semakin Parah

Cara mengatasi radang tenggorokan seringkali ditanyakan oleh orang – orang yang mengalami sakit atau radang tenggorokan. Rasa nyeri dan sakit saat menelan pada orang yang mengalami sakit tenggorokan atau radang tenggorokan sangatlah tidak nyaman. Rasa nyeri dan sakit tersebut dapat mengganggu pada saat Anda makan atau minum. Rasa sakit juga terkadang membuat tenggorokan seperti terbakar dan kering.

Apabila Anda termasuk dalam salah satu orang yang sedang mengalami radang tenggorokan saat ini, Ada sejumlah cara alternatif yang dapat Anda coba lakukan untuk membantu mengatasi dan mempercepat penyembuhan dari radang tenggorokan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sendiri misalnya dapat disebabkan karena adanya infeksi virus dan juga infeksi bakteri. Selain virus dan bakteri seseorang juga dapat mengalami radang tenggorokan karena faktor lainnya, misalnya saja iritasi dalam tenggorokan oleh asam lambung pada penderita GERD. Selain itu alergi juga dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Berapa Lama Seseorang Mengalami Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya dapat membaik dengan sendirinya dalam waktu 5 – 10 hari. Seseorang yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami nyeri atau sakit serta susah menelan pada saat mengalami radang tenggorokan.

penyebab radang tenggorokan

Namun, rasa sakit tersebut akan mereda dan cenderung membaik setiap harinya pada hari ketiga hingga kelima. Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak membaik setelah lebih dari 10 hari, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter THT.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Selama dalam masa penyembuhan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan sebaiknya hindari agar tidak memperparah kondisi radang tenggorokan yang Anda alami. Hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan intensitas nyeri pada radang yang Anda alami:

Perbanyak Minum

Meski saat mengalami radang Anda merasakan sakit pada tenggorokan dan susah menelan, tapi Anda harus tetap memastikan meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Selain agar tubuh tetap terhidrasi, banyak minum dapat membantu menjaga agar tenggorokan tidak kering dan terasa lebih nyaman.

Hindari Makanan Asam & Pedas

Untuk mencegah radang tenggorokan Anda semakin parah, Anda harus menghindari makanan yang sifatnya asam atau pedas terlebih dahulu. Makanan pedas dapat membuat radang tenggorokan semakin parah dan memperlama proses penyembuhan.

Makan Makanan yang Lembut

Selama mengalami radang dan masih sulit menelan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang lembut seperti bubur atau nasi tim. Pilihan makanan dengan tekstur lembut atau sup dapat mudah ditelan sehingga tidak mengganggu dan tidak melukai tenggorokan yang sedang meradang.

Berkumur dengan Air Garam / Antiseptik

Salah satu penyebab radang tenggorokan adalah infeksi dari bakteri atau kuman. Anda dapat mencoba berkumur dengan air garam atau dengan antiseptik. Air garam selain dapat membantu meredakan rasa sakit atau nyeri pada radang juga dapat membantu membunuh kuman atau bakteri yang ada pada tenggorokan dan membantu penyembuhan radang tenggorokan yang Anda alami.

cara mengatasi radang tenggorokan

Minum Air Hangat atau Teh Dicampur Madu

Madu memiliki manfaat untuk membantu meredakan proses peradangan serta dapat membunuh kuman bakteri yang menyebabkan radang. Selain itu madu juga dapat membantu melegakan dan meringankan batuk yang terkadang menyertai pada saat Anda mengalami radang tenggorokan.

Campurkan sesendok madu dengan air hangat atau teh hangat dan konsumsi pada pagi hari atau pada malam hari.

Irit Bicara dan Hindari Bicara Berbisik

Radang tenggorokan kadang menyebabkan suara Anda menjadi serak dan parau. Tidak jarang suara Anda menjadi hilang akibat adanya radang pada area tenggorokan dekat pita suara. Agar radang tidak menjadi lebih parah, kurangi bicara dan hindari bicara dengan volume rendah atau berbisik. Berbicara dengan suara rendah atau berbisik justru memberikan beban tambahan pada pita suara dan dapat memperparah radang yang Anda alami.

Selain mencoba cara di atas, pastikan Anda beristirahat atau tidur yang cukup. Cukup tidur sangat penting karena saat tidur, tubuh bekerja dengan optimal dan maksimal untuk proses penyembuhan. Apabila sakit pada radang yang Anda alami tidak kunjung sembuh, pastikan memeriksakan diri Anda ke dokter.

Leave a Reply