Tips & Tutorial

Tips Membeli Genset Sesuai Kebutuhan

Tips membeli genset perlu diketahui agar pembelian genset tidak keliru dan sesuai dengan kebutuhan. Genset sendiri banyak digunakan baik untuk penggunaan pribadi atau rumahan hingga digunakan untuk kebutuhan di perusahaan dan berbagai bidang industri.

Hal ini tentu mengakibatkan genset yang cocok digunakan untuk satu jenis industri, belum tentu tepat atau optimal untuk digunakan di industri lain. Memilih genset secara tepat penting agar genset dapat digunakan secara maksimal untuk menyediakan cadangan energi yang dibutuhkan saat terjadi gangguan kelistrikan utama.

Sebagai kebutuhan yang dianggap krusial, maka pemilihan genset pun perlu diperhatikan, agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips membeli genset agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak salah beli.

Fungsi Genset

Genset merupakan kepanjangan dari generator set yang biasa digunakan sebagai solusi ketika padam listrik atau ketika mengalami black out. Listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Penggunaan genset sangat penting khususnya di bidang – bidang usaha atau industri dimana pasokan listrik yang stabil merupakan hal yang krusial.

Jenis Genset

Genset sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam tipe atau model berdasarkan cara kerjanya maupun berdasarkan bahan bakarnya. Misalnya saja, dari penggunaan jenis bahan bakar, genset dapat dibedakan antara genset yang menggunakan bensin atau genset yang menggunakan diesel maupun gas.

Sedangkan dari bentuk genset, umumnya dibedakan menjadi genset tipe portable yang dapat mudah dipindahkan ataupun genset non portable.

Mengetahui jenis – jenis genset ini tentu penting sebagai salah satu pertimbangan pada saat Anda hendak membeli genset nantinya.

Tips Membeli Genset Sesuai Kebutuhan

Pemadaman listrik yang sering dan terjadi untuk waktu yang lama, dapat menghambat operasional perusahaan ataupun pabrik. Misalnya saja server perusahaan menjadi terkendala apabila terjadi pemadaman listrik untuk waktu lama tanpa ada cadangan listrik.

tips membeli genset

Oleh karenanya, penting memilih dan membeli genset yang dapat menyuplai cadangan energi listrik tanpa adanya masalah. Berikut ini beberapa tips membeli genset sesuai kebutuhan:

Pilih Tipe Genset yang Sesuai

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih tipe atau jenis genset, misalnya apakah Anda hendak menggunakan genset portable atau non portable. Selain itu, terdapat juga genset tipe silent yang dilengkapi peredam untuk mengurangi kebisingan genset saat digunakan. Genset tipe silent cocok digunakan untuk di dalam gedung seperti restoran, bank, hotel, apartment.

Sebaliknya ada juga genset tipe open yang cocok ditempatkan di luar ruangan. Genset tipe ini lebih bising dan biasa digunakan untuk pabrik.

Ketahui Daya yang Dibutuhkan

Pastikan Anda membeli genset dengan kapasitas yang sesuai atau lebih dari kebutuhan daya yang Anda perlukan. Usahakan memilih mesin generator yang kapasitasnya lebih tinggi daripada listrik yang dibutuhkan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak lain sehingga operasional tetap berjalan lancar.

Bergaransi Resmi

Pastikan genset yang Anda beli memiliki garansi asli yang sah dari tempat tepercaya. Genset yang bergaransi resmi akan memudahkan Anda untuk melakukan claim apabila terjadi kendala. Selain itu genset bergaransi resmi juga umumnya menyediakan layanan purna jual yang lengkap sehingga Anda tidak repot nantinya.

Kemudahan Suku Cadang Genset

Saat memilih genset, pastikan juga ketersediaan sparepart atau suku cadang yang orisinil serta mudah didapatkan, sehingga saat genset rusak, anda tidak perlu bingung mencari sparepart genset tersebut. Spare part atau suku cadang yang susah didapatkan akan meningkatkan waktu downtime apabila genset Anda mengalami kerusakan.

Demikian sejumlah tips untuk memilih dan membeli genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply