Mesin Cetak Digital Printing Ramah Lingkungan
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa Keuntungan Mesin Digital Printing Ramah Lingkungan ?

Penggunaan mesin Digital Printing ramah lingkungan kini mulai banyak dilirik oleh perusahaan besar. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya minimalisir perubahan iklim global. Banyak perusahaan besar kelas dunia berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dan penggunaan material yang lebih ramah lingkungan pada produknya.

Sesuai kesepakatan bersama pada COP28 di Dubai pada tahun 2023, negara-negara anggota PBB memutuskan untuk secepat mungkin melakukan transisi mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Keputusan ini juga berdampak pada penggunaan bahan tidak ramah lingkungan dan beremisi besar yang membawa dampak buruk pada lingkungan saat menjadi sampah.

Merk besar seperti Danone, Nestle, dan Cargill sudah berkomitmen dengan membuat kemasan yang lebih ramah lingkungan, mudah didaur ulang, serta mendukung metode pertanian berkelanjutan. Perusahaan kecil hingga menengah mulai mencoba agar membuat merk mereka tetap relevan dengan isu lingkungan. Namun, kebanyakan masih bingung dari mana memulainya.

Memilih Mesin Digital Printing Ramah Lingkungan

Memilih mesin Digital Printing yang ramah lingkungan adalah langkah awal untuk membuat merk Anda relevan dengan isu lingkungan. Apapun bahan baku kemasan yang Anda gunakan, mesin Digital Printing dapat mencetaknya dengan sempurna. Proses cetak juga lebih akurat, cepat, dan simpel. Tidak perlu buat pelat cetak sehingga mengurangi bahan yang terbuang.

Mesin Cetak Digital Printing Ramah Lingkungan

Mesin Digital Printing adalah pilihan yang tepat untuk bisnis yang ramah lingkungan. Saat beroperasi, mesin menghasilkan emisi CO2 lebih sedikit dibanding mesin cetak tradisional. Jejak karbon lebih rendah memberi dampak lingkungan yang lebih rendah sehingga tidak mencemari udara di sekitar ruang produksi.

Tinta Ramah Lingkungan

Mesin cetak dengan sertifikat Greenguard Gold menggunakan tinta water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Tinta ini menghasilkan lebih sedikit senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dibanding tinta dengan pelarut dalam metode cetak tradisional. Tinta ramah lingkungan dapat membantu menimalkan polusi udara dan mengurangi dampak berbahaya pada tubuh manusia.

Keuntungan Mesin Cetak Digital Greenguard Gold

Tinta ramah lingkungan untuk mesin Digital Printing, seperti: Eco-Solvent, Latex, dan UV tersedia di Bhinneka. Tinta jenis ini lebih cepat kering, tidak berbau, dan bisa digunakan di berbagai jenis media. Jika Anda ingin memesannya, cek katalog produk kami di sini.

Kenapa Anda Harus Beralih ke Digital Printing?

Berkaitan dengan isu perubahan iklim dan keberlangsungan lingkungan, mesin cetak digital punya lebih banyak keunggulan dibanding mesin cetak tradisional. Yang pertama, Anda tidak perlu pelat sehingga dapat mengurangi limbah produksi dan jejak karbon. Kedua, proses cetak secara digital dengan file elektronik dapat membantu mengurangi limbah kertas dan tinta.

Keuntungan yang terakhir, mesin cetak digital tidak membutuhkan pelarut sehingga lebih aman untuk lingkungan. Tinta Water Based dapat menghasilkan warna cerah dan tidak mencemari udara jika dibandingkan tinta berbahan dasar minyak.

Mendukung Konservasi Air

Konservasi air adalah upaya untuk memelihara keberadaan dan keberlanjutan keadaan, sifat, dan fungsi air. Berbeda dengan proses cetak tradisional, mesin Digital Printing tidak membutuhkan air untuk membersihkan pelat dan melarutkan tinta. Di saat kelangkaan air sedang menjadi isu global, mengurangi penggunaan air adalah langkah yang bagus. Memilih mesin Digital Printing yang ramah lingkungan tidak memberi dampak buruk ke lingkungan terkait pengolahan dan pembuangan air.

Mesin Cetak Digital Cocok untuk Produksi On-Demand

Terkadang saat membuat kemasan atau material promosi edisi terbatas, Anda hanya butuh sedikit bahan baku. Keuntungan mesin Digital Printing yang bisa mencetak sesuai kebutuhan adalah dapat mengurangi kelebihan stok bahan baku dan pemborosan. Anda bisa melakukan pemesanan dengan jumlah yang minimum yang disesuaikan. Hal ini tentu dapat mengurangi biaya dan limbah dari bahan berlebih.

Digital Printer LFP Greenguard Gold

Coba Anda bandingkan dengan metode cetak tradisional. Proses pencetakan hanya untuk jumlah besar sering jadi alasan untuk memesan bahan baku dalam jumlah besar. Karena tidak sesuai dengan kebutuhan akibatnya terjadi kelebihan produksi dan bahan baku yang berakhir menjadi limbah. Oleh karena itu, mesin cetak digital cocok untuk Anda yang ingin mengurangi limbah dan mendukung keberlangsungan lingkungan hidup.

Berapa Besar Dampak Mesin Digital Printing untuk Lingkungan?

Untuk menghadapi industri 4.0, perusahaan besar, menengah, hingga kecil harus siap untuk menjawab tantangan pelanggan untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan. Pada industri 4.0, perusahaan Anda harus mampu menerapkan prinsip bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Penggunaan sumber daya alam terbarukan dan material yang dapat didaur ulang merupakan suatu keharusan.

Peran bisnis percetakan digital dalam mengurangi jejak karbon tidak bisa disepelekan. Pemilik usaha atau Brand yang membuat kemasan produk bisa melanjutkan usahanya dengan limbah lebih sedikit, konsumsi energi lebih rendah, tinta ramah lingkungan yang tidak mencemari udara, dan menghemat penggunaan air.

Dari sini kita bisa lihat, keuntungan mengadopsi percetakan digital adalah tidak hanya menghemat biaya, namun juga meningkatkan efisiensi bisnis sekaligus menunjukan bukti nyata keberpihakan pada kelestarian lingkungan. Pelanggan yang semakin menuntut pada produk ramah lingkungan akan lebih terpuaskan. Jika Anda tidak ingin ditinggalkan mereka, segera siapkan proses produksi yang lebih mengedepankan lingkungan.

Anda bisa beli mesin Digital Printing dengan sertifikat Greenguard Gold supaya tinta dari hasil cetak kemasan produk tidak mencemari lingkungan. Proses cetak juga lebih mudah, tidak butuh pelat sehingga dapat mengurangi biaya dan limbah untuk proses produksi kemasan. Cek produk mesin Digital Printing ramah lingkungan kami di sini.

Leave a Reply