Memilih lokasi gudang untuk bisnis
Tips & Tutorial

5 Tips Memilih Lokasi Gudang yang Tepat untuk Bisnis

Memilih lokasi gudang yang tepat membuat proses distribusi barang lebih efisien. Sebagai pemilik usaha, Anda wajib mengetahui apa saja tips memilih lokasi gudang yang tepat supaya bisa menekan biaya operasional bisnis sehingga bisa memaksimalkan laba.

Gudang merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Gudang berfungsi sebagai tempat penyimpanan produk secara sementara sebelum didistribusikan ke supplier atau konsumen. Ada banyak pertimbangan saat memilih gudang, seperti memilih lokasi gudang yang tepat dan memutuskan apakah lebih baik membangun sendiri atau menyewa gudang.

Beberapa hal di atas adalah keputusan krusial yang wajib dipilih secara cermat. Alasannya supaya proses distribusi lebih cepat dan efisien. Fasilitas yang dimiliki gudang harus lengkap supaya memudahkan Anda dalam mengecek stok, mengatur penempatan barang, dan menjaga kualitas produk selama disimpan dalam gudang.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih lokasi gudang yang tepat, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Pilih Lokasi Gudang yang Strategis

Lokasi gudang harus diperhatikan secara seksama supaya barang yang disimpan di gudang bisa didistribusikan dengan cepat. Pertimbangkan lokasi yang mudah diakses baik saat untuk membangun atau menyewa gudang. Pastikan lokasi yang dipilih bisa dilalui kendaraan kecil hingga besar. Kalau memungkinkan pilih yang dekat dengan gerbang tol.

Memilih lokasi gudang untuk bisnis

Jika Anda membutuhkan gudang untuk simpan bahan mentah atau setengah jadi, pilih lokasi gudang yang tidak jauh dari tempat instalasi produk atau pabrik. Lokasi yang dekat pabrik membuat biaya operasional lebih murah. Biaya transportasi untuk memindahkan barang dari gudang ke pabrik bisa ditekan, laba bisa lebih maksimal.

Anda juga bisa memilih gudang yang dekat dengan kantor pusat. Tujuannya untuk memudahkan karyawan Anda dalam mengecek stok barang. Biaya transportasi karyawan dari kantor ke gudang juga lebih hemat. Selain itu, Anda juga bisa pilih gudang dekat titik penjualan supaya ketersediaan barang di pasar bisa lebih cepat.

2. Bangun atau Sewa Gudang ?

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membangun gudang. Misalnya, kondisi tanah dan lokasi tempat gudang didirikan. Harga material bahan bangunan dan biaya konstruksi termasuk tenaga kerja. Pastikan gudang yang Anda buat cukup luas dan muat menampung banyak rak untuk memaksimalkan tempat penyimpanan. Anda juga bisa buat gudang dengan green concept supaya penerangan matahari lebih maksimal.

Memilih bangun atau sewa gudang

Namun, seiring berkembangnya bisnis Anda mungkin membutuhkan ruang lebih besar untuk menyimpan barang. Dibanding membangun gudang baru atau renovasi, ada opsi yang lebih efisien yaitu dengan menyewa gudang. Sewa gudang bisa jadi pilihan yang baik saat Anda membutuhkan gudang tambahan untuk sementara waktu. Sambil sewa gudang, Anda bisa simpan budget untuk membangun gudang baru.

Sewa gudang punya beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Lebih hemat waktu, bisa langsung dipakai tanpa perlu menunggu lama
  • Banyak pilihan lokasi dan fasilitas, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan
  • Tidak repot mengurus perizinan karena sudah ditangani pemilik gudang
  • Biasanya sudah termasuk biaya pemeliharaan gudang dan asuransi.

3. Perhatikan Keamanan Lokasi Gudang

Pilih lokasi gudang yang aman dari kriminalitas dan bencana alam. Tindak pencurian atau perampokan dapat menimbulkan kerugian besar bagi bisnis Anda. Keamanan jadi salah satu faktor utama dalam memilih lokasi gudang yang tepat. Hindari lokasi yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Untuk mencegah pencurian, Anda bisa rekrut tim keamanan dari perusahaan jasa yang kredibel.

Selain keamanan dari kriminalitas, Anda perlu pertimbangkan lokasi gudang yang aman dari bencana alam. Jangan pilih gudang dekat laut yang bisa terkena bencana pasang surut atau penurunan permukaan tanah. Hindari lokasi dekat tebing untuk menghindari longsor. Jangan pilih lokasi gudang dekat pemukiman padat yang rawan bencana kebakaran.

4. Penyedia Gudang dan Fasilitas yang Diberikan

Saat ini banyak developer atau pemilik gudang yang menyewakan gudangnya ke pihak luar. Jika Anda berniat untuk sewa gudang, perhatikan track record pengembang mereka. Pilih pemilik gudang atau pengembang yang sudah terkenal dan memiliki pelayanan terbaik.

Tips memilih lokasi gudang yang tepat

Setelah itu, bandingkan fasilitas yang diberikan. Bandingkan juga harga dan apakah sudah mencakup biaya asuransi atau belum. Kemudian untuk masalah perpajakan sebaiknya sudah jelas dari awal siapa yang menanggung dan berapa besar pajak yang dikeluarkan. Untuk sumber daya manusia, Anda bisa pekerjakan karyawan sendiri atau hire karyawan baru untuk manajemen gudang tersebut.

5. Menentukan Berapa Lama Sewa Gudang

Jika Anda memutuskan untuk sewa gudang, Anda harus tentukan berapa lama harus sewa gudang dengan bijak. Untuk di awal, jangan langsung sewa dalam jangka waktu panjang. Coba sewa untuk satu atau dua tahun dulu. Jika dirasa layanan yang diberi pengembang cukup baik, lokasi tidak menimbulkan masalah operasional, dan tidak pernah ada isu keamanan, maka Anda baru bisa sewa untuk jangka waktu lebih panjang.

Lengkapi peralatan kantor yang dibutuhkan untuk mengelola gudang Anda. Beli peralatan kantor lengkap di Bhinneka. Ada berbagai peralatan kantor terbaik dan berkualitas yang bisa Anda beli untuk melengkapi kantor dan gudang Anda. Karyawan bisa kerja lebih nyaman dan aman. Operasional lancar, laba perusahaan jadi maksimal.

Leave a Reply