Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Tips Memilih RAM untuk PC Desktop dan Laptop

Pada artikel kali ini kita akan sedikit membagikan tips memilih RAM untuk PC dan Laptop. Memilih RAM untuk PC dan Laptop sebenarnya tidak susah, bahkan cenderung sederhana. Namun bagi beberapa orang yang belum terbiasa, memilih RAM saat hendak membeli laptop atau PC dapat menjadi hal yang membingungkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih RAM, mulai dari tipe RAM, frekuensi RAM, kemudian apakah didukung dengan motherboard, besaran RAM yang cocok, dan beberapa hal lainnya.

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM menyimpan data program aplikasi pada komputer, laptop saat perangkat dalam kondisi menyala. RAM juga berguna untuk menyimpan data dari aplikasi saat sedang digunakan. Pada saat perangkat dimatikan, maka data yang ada pada RAM akan dikosongkan sepenuhnya karena tidak ada aplikasi yang sedang berjalan.

Secara awam, RAM dapat dipahami sebagai perangkat atau modul yang berfungsi agar komputer atau laptop tidak lemot. Semakin tinggi atau besar RAM, maka perangkat dapat beroperasi dengan mudah dan cepat. Kapasitas dari RAM juga bermacam – macam dan biasanya tersedia dalam besaran seperti 4GB, 16GB dan 32GB.

tips memilih ram

Fungsi dan Bentuk RAM

RAM digunakan untuk menyumpan berbagai data komputasi yang sedang digunakan oleh komputer, misalnya saja data berupa aplikasi, game dan fungsi lainnya. Semakin besar RAM, Anda dapat menjalankan berbagai program secara bersamaan tanpa harus terasa lemot pada komputer atau laptop.

RAM biasanya berbentuk persegi panjang dan dipasang pada slot yang tersedia pada motherboard. RAM dapat dipasang secara satuan maupun sepasang, misalnya saja Anda dapat memasang satu keping RAM ukuran 16GB atau memasangnya sepasang 2x16GB sehingga total RAM yang Anda miliki adalah 32 GB.

Tips Memilih RAM untuk PC dan Laptop

Pada saat Anda membeli Laptop atau PC yang sudah jadi, biasanya pihak manufaktur sudah menyertakan RAM di dalamnya sehingga Anda tidak perlu memilih RAM sendiri lagi. Akan tetapi, hal berbeda apabila Anda hendak merakit PC atau mengupgrade RAM pada Laptop dan PC Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda memilih RAM agar jenis RAM tersebut cocok dan bisa berfungsi dengan baik, antara lain:

Memahami Tipe RAM dan Motherboard

Pertama Anda perlu mengetahui jenis motherboard yang digunakan. Apabila Motherboard tersebut mendukung dual channel, maka Anda dapat membeli RAM dalam jumlah dua keping dibandingkan hanya 1 keping, misalnya 2×8 GB dibandingkan dengan 1×16 GB.

Pastikan juga motherboard yang Anda beli atau gunakan mendukung spesifikasi dari RAM yang hendak dibeli, terutama besaran maksimal dari RAM dan juga clock speed dari RAM.

Mengetahui Jumlah Slot RAM di Motherboard

Motherboard biasanya menyediakan beberapa slot untuk dipasang dengan RAM. Pada motherboard dengan 4 slot, Anda dapat memasang hingga 4 keping RAM dengan total RAM disesuaikan dengan kemampuan motherboard.

Misalnya RAM awal hanya 8GB yang terdiri atas 2x4GB, maka Anda dapat menambahkan hingga 2 keping RAM lagi pada motherboard tersebut, sehingga total menjadi 4x4GB RAM misalnya.

RAM laptop

Ketahui Kebutuhan Operasional PC dan Laptop

Bagi Anda yang hendak melakukan upgrade RAM atau membeli RAM baru, pastikan besaran RAM setelah dipasang dapat menopang kebutuhan komputasi agar komputer atau laptop tidak terasa lemot. Misalnya saja untuk pekerjaan sehari – hari dan mengolah data, biasanya membutuhkan RAM antara 8 – 16GB agar tidak lemot.

Sebaliknya jika digunakan untuk keperluan gaming, tentu total RAM yang dibutuhkan akan lebih besar, tergantung jenis game yang dimainkan. Beberapa jenis game menyarankan kebutuhan minimal RAM setidaknya 16GB.

Ketahui Socket yang Digunakan

Sebelum membeli RAM, pastikan bahwa jenis tersebut mendukung slot pada motherboard PC atau komputer. Jika Kamu memiliki PC atau laptop dengan slot DDR3, maka Kamu harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR23 agar bisa dipasang. Jika membeli RAM jenis lainnya misalnya DDR4, maka RAM tidak akan dapat digunakan.

Demikian sedikit tips untuk memilih RAM baik untuk PC maupun untuk laptop. Pastikan Anda membeli RAM dengan merek dari manufaktur yang terpercaya untuk memastikan RAM tersebut berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan garansi apabila di kemudian hari terdapat masalah pada RAM yang Anda gunakan.

Leave a Reply