Info

AC Low Watt: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat membeli AC, selain ukuran, Anda akan dihadapkan pada 3 macam pilihan AC yaitu AC Standard, AC Low Watt dan juga AC Inverter. Ketiga jenis AC ini juga memiliki ukuran yang umum dinyatakan dalam satuan PK seperti 1/2 PK, 3/4PK, 1 PK.

Dalam artikel kali ini pembahasan akan difokuskan pada AC Low Watt atau mungkin disebut juga dengan AC hemat listrik. Seberapa dingin AC low watt dibandingkan dengan AC standard, dan apa saja kelebihan serta kekurangan dari AC hemat listrik dibandingkan AC standard?

Pengertian AC Low Watt / Hemat Listrik

Sesuai namanya, AC jenis ini memiliki watt yang stabil dan juga rendah dibandingkan dengan AC standard lainnya. Misalnya saja AC standard memiliki wattage 780 watt, AC hemat listrik bisa hanya memiliki wattage 600 watt.

AC Low watt

AC ini cukup berguna bagi Anda yang sering menyalakan AC dan digunakan secara rutin dan untuk waktu yang lama. Dengan daya yang lebih rendah, dapat menghemat tagihan listrik bulanan Anda. Namun AC hemat listrik umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan AC standard.

Apakah AC Low Watt Dingin

Pertanyaan yang sering ditanyakan sekaligus menjadi keraguan saat hendak membeli AC hemat listrik adalah apakah AC tersebut dingin dibandingkan dengan AC standard. Jawabannya adalah baik AC hemat listrik atau AC standard sama – sama dapat mendinginkan ruangan.

Keduanya juga memiliki tingkat kedinginan yang sama. Hanya saja, dikarenakan daya listrik yang lebih rendah pada kompresornya, maka kinerja kompresor pada AC ini lebih rendah. Akibatnya AC hemat listrik ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan.

Contoh perbandingan adalah misalnya pada AC standard Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mendinginkan suatu ruangan ke suhu yang sudah diatur. Pada AC hemat listrik mungkin memerlukan waktu sekitar 40 – 60 menit.

ukuran AC

Lantas kenapa banyak yang mungkin merasa AC hemat listrik terasa tidak dingin atau tidak bisa mendinginkan ruangan? Salah satu penyebabnya mungkin adalah karena salah memilih ukuran PK AC. Misalnya ruangan yang membutuhkan setidaknya AC 1 PK tentu tidak akan terasa dingin bila menggunakan AC 1/2 PK 1 unit.

Kelebihan & Kekurangan AC Low Watt

AC jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan bila dibandingkan dengan AC tipe standard dan juga inverter. Adapun kelebihan dari AC hemat listrik adalah:

  1. Daya yang lebih rendah sehingga tagihan listrik dapat dihemat
  2. Harga lebih murah daripada AC tipe inverter
  3. Cocok digunakan untuk Anda yang sering memati-nyalakan AC

Sebaliknya, kekurangan dari AC hemat listrik adalah:

  1. Mendinginkan lebih lama karena daya yang rendah
  2. Suara kipas outdoor yang berisik karena putaran kipas lebih kencang
  3. Memiliki fitur atau teknologi yang tidak selengkap AC inverter

Leave a Reply