Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa Beda AM dan PM Serta Contoh Penggunaannya

Seringkali banyak dari kita masih merasa bingung apa beda AM dan PM dalam penggunaan sehari – hari. Kedua istilah ini, yaitu AM dan PM sering digunakan dalam percakapan atau komunikasi Bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu.

Selain untuk menunjukkan waktu dalam percakapan lisan maupun tertulis, penggunaan AM dan PM juga sering ditemui pada jam tangan atau jam meja dengan format digital. Jam tangan atau jam digital dengan format waktu 12H menggunakan AM dan PM untuk membedakan siang dan malam.

Dalam artikel ini akan dibahas dengan singkat mengenai masing – masing istilah AM dan PM dan bagaimana penggunaannya. Hal ini agar kita tidak keliru lagi dalam penyebutan dan penggunaan AM dan PM karena bisa – bisa membuat orang keliru dan salah waktu.

Pengertian Istilah AM

AM berasal dari bahasa latin dan memiliki kepanjangan Ante Meridiem. Ante Meridiem (AM) digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum siang. Untuk penulisan, Ante Meridiem biasa disingkat dengan AM, am, atau a.m.

Kata AM digunakan untuk menunjukkan periode waktu selama 12 jam yang dimulai dari jam 12 tengah malam hingga jam 12 siang.

Pengertian Istilah PM

PM berasal dari bahasa latin dan memiliki kepanjangan Post Meridiem. Post Meridiem (PM) digunakan untuk menunjukkan waktu sesudahsiang. Untuk penulisan, Post Meridiem biasa disingkat dengan PM, pm, p.m

Kata PM digunakan untuk menunjukkan periode waktu selama 12 jam yang dimulai dari jam 12 tengah siang hingga jam 12 malam.

beda am dan pm

Contoh Penggunaan Istilah Beda AM dan PM

Agar lebih mudah dan tidak bingung, berikut ini akan dijelaskan singkat mengenai penggunaan AM dan PM. Dalam format waktu 24 jam kita mengenal penulisan waktu sebagai berikut:

00.00 – 23.59

Akan tetapi dalam format waktu 12 jam yang menggunakan AM dan PM, kita perlu membagi menjadi 2 periode waktu sebagai berikut:

  • Tengah malam hingga siang: 00.00 – 11.59AM
  • Tengah siang hingga tengah malam: 12.00 – 11.59PM

Jadi bila kita ingin memberi tahu orang pukul 7 malam, maka kita akan menuliskan atau menyebutkan pukul 07.00 PM. Sebaliknya jika kita bermaksud menyebutkan pukul 10.30 siang, maka kita menggunakan 10.30 AM.

Dikarenakan istilah AM dan PM ini sudah menunjukkan periode waktu, maka kedua istilah ini hanya digunakan untuk format waktu 12 jam saja dan tidak digunakan untuk format waktu 24 jam. Misalnya, tidak ada penyebutan seperti : 20.30 PM

Anda cukup memilih salah satu saja. Apakah menggunakan format waktu 24 jam, yaitu 20.30 untuk menunjukkan pukul setengah sembilan malam, atau menggunakan format waktu 12 jam, yaitu 8.30 PM.

Demikian penjelan singkat mengenai perbedaan dan cara penggunaan istilah AM dan PM agar Anda tidak bingung lagi. Jangan sampai salah menggunakannya ya.

1 Comment

Leave a Reply