Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Bahaya Jarang Melakukan Perawatan AC Secara Rutin

Perawatan unit Air Conditioning di kantor yang meliputi cuci AC dan service rutin AC kantor perlu dilakukan secara berkala agar unit AC dapat bekerja secara optimal. Salah satu kendala yang sering dikeluhkan jika kita jarang melakukan cuci AC dan service berkala adalah AC yang terasa tidak dingin.

AC yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan hawa panas saja sering dikeluhkan oleh karyawan yang bekerja. Suasana dan kondisi ruang kantor yang panas membuat karyawan terasa tidak nyaman dan berdampak pada pekerjaan menjadi kurang produktif.

Namun perlu diketahui, dampak dari jarang melakukan cuci AC berkala maupun service rutin tidak hanya menyebabkan AC tidak dingin saja loh. Pada artikel ini kita akan membahas akibat dari jarang cuci dan service rutin AC kantor.

penyebab ac tidak dingin

Jenis AC yang Sering Digunakan di Kantor

Untuk penggunaan di kantor ada dua jenis tipe AC yang umum digunakan. Biasanya kantor baik ukuran kecil maupun perusahaan besar akan menggunakan AC jenis split ataupun cassette. Apa saja perbedaan dari AC Split ataupun AC Cassette?

AC Split adalah salah satu jenis AC yang sering ditemukan dan banyak digunakan di rumah maupun ruko atau perkantoran ukuran kecil. Sesuai dengan namanya, AC Split terdiri dari 2 komponen utama yang terpisah, yaitu:

  • Unit pendingin yang dipasang di dalam ruangan
  • Unit berbentuk kipas untuk pembuang panas yang berada di luar ruangan

Sedangkan AC Cassette adalah serupa dengan AC Split karena terdapat 2 unit, bedanya adalah AC Cassette terpasang pada bagian plafon ruangan. Berbeda dengan AC Split yang terpasang pada dinding ruangan. AC jenis ini cocok untuk ruangan kerja atau ruangan meeting yang besar karena pendinginan akan lebih optimal dibanding dengan memasang beberapa AC tipe Split.

Apa Saja Akibat Tidak Melakukan Perawatan AC Secara Rutin?

Terlepas dari jenis AC yang digunakan, baik itu AC Split ataupun AC Cassette, perlu dilakukan perawatan secara berkala. AC yang tidak dirawat secara rutin dapat menimbulkan berbagai masalah seperti:

Debu dan Kotoran Menumpuk

AC yang jarang dicuci dapat menyebabkan debu dan kotoran menumpuk pada bagian dalam dari unit AC, baik itu unit indoor maupun outdoor. Debu yang menumpuk pada bagian filter dari unit indoor misalnya, dapat menyebabkan AC tidak dapat bekerja secara optimal. Selain itu filter AC yang kotor dan penuh debu dapat menjadi sarang penyakit.

bahaya jarang melakukan perawatan AC

AC Terasa Panas

Debu dan kotoran yang menumpuk pada AC membuat AC tidak dapat bekerja untuk mendinginkan ruangan secara optimal. Akibatnya meskipun AC dinyalakan sudah lama atau diatur pada suhu rendah, ruangan tidak terasa dingin sama sekali.

Tagihan Listrik Menjadi Lebih Mahal

Filter yang kotor membuat AC tidak maksimal dalam mendinginkan ruangan. Hal ini berdampak langsung pada biaya penggunaan AC atau tagihan listrik juga menjadi lebih mahal karena AC bekerja 2x lipat lebih berat untuk mendinginkan ruangan.

AC Menjadi Cepat Rusak

AC yang jarang diservice dan dilakukan perawatan berkala berisiko memiliki usia pakai yang lebih pendek dan rentan rusak. Akibatnya AC tidak jarang menimbulkan kerusakan yang mengakibatkan biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar untuk perbaikan dan penggantian AC dibandingkan dengan biaya perawatan atau service berkala.

Layanan AC Contract Maintenance Bhinneka

Bhinneka menawarkan solusi berupa layanan AC Contract Maintenance bagi Anda yang tidak mau pusing atau repot dalam mengatur dan menjadwalkan waktu untuk perawatan AC yang ada di kantor. Layanan Contract Maintenance AC atau kontrak perawatan AC adalah layanan perawatan AC secara berkala dengan sistem kontrak 12 bulan atau lebih.

Anda tidak perlu repot sebab jadwal service diatur semua oleh tim Bhinneka. Dengan layanan contract maintenance ini, Anda mendapat beberapa keuntungan seperti teknisi datang secara berkala untuk memeriksa dan membersihkan unit AC Anda tanpa perlu dijadwalkan manual lagi.

Selain itu Anda juga mendapatkan prioritas dalam layanan dimana jika terjadi masalah pada unit AC Anda, masalah AC Anda dapat ditangani lebih dahulu daripada pelanggan lain. Untuk mempelajari tentang layanan AC Maintenance Contract, bisa Anda ketahui dari halaman berikut ini.

Leave a Reply