Bhinneka dan USU siap menjalin kemitraan
Bhinneka Events Events & Promo

Bhinneka dan USU Siap Jalin Kemitraan Dalam Membangun Campus Marketplace Bersama

Bhinneka dan Universitas Sumatera Utara (USU) sudah berada pada tahap kesepakatan bermitra dalam meningkatkan bisnis UMKM melalui tranformasi digital pada Program Campus Marketplace. Pelaksanaan peresmian kemitraan yang dilakukan oleh dua instansi ini dilaksanakan di Ruangan Audiensi Biro Rektor USU, Medan, Sumatra Utara pada hari Rabu, (28/09/2022).

Kegiatan penanda tanganan kemitraan Bhinneka dan USU

Sebagai pionir e-commerce Indonesia yang sudah berdiri sejak 1993, Bhinneka terus berkolaborasi dengan berbagai pihak Perguruan Tinggi guna meningkatkan perkembangan bisnis UMKM Indonesia melalui Program Campus Marketplace mereka.

Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan UMKM yang mereka bina untuk menuju pada ranah digital. Oleh karena itu, Bhinneka mengambil potensi tersebut sebagai langkah pertama dalam membangun pengetahuan generasi muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis UMKM melalui transformasi digital.

Kegiatan Peresmian kemitraan ini dihadiri oleh Dennis Kumara selaku Head of Business Bhinneka sekaligus Co-founder Aronawa, dan Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si selaku Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), serta 20 peserta lainnya yang terdiri dari tim Bhinneka dan tim USU.

Kemitraan yang dilaksanakan ini berfokus pada pembangunan Campus Marketplace dan fasilitas fastering teknologi untuk proses pelayanan pengadaan barang dan jasa internal kampus melalui Aronawa. Aronawa merupakan sebuah platform yang bersinergi dengan Bhinneka. Platform Aronawa sendiri memiliki keunggulan dalam proses penyedian barang dan jasa dengan sistem one-step-solution yang transparan.

“Layanan closed loop e-procurement merupakan layanan yang bisa membuat kampus lebih efektif serta eksklusif dalam mengatur penyediaan barang dan jasa untuk internal kampus” Ujar Dennis Kumara saat menjelaskan sistem e-procurement Aronawa.

Bhinneka meyakini proses kerjasama yang dijalani dapat memudahkan kampus dalam melakukan layanan pengadaan. Sistem yang ditawarkan oleh Bhinneka merupakan sistem pengadaan barang dan jasa dengan proses yang transparan. Tidak hanya untuk internal kampus, layanan pengadaan juga bisa dimanfaatkan pada proses belanja dengan UMKM binaan kampus.

“Kampus juga bisa mengoptimalkan belanja pengadaan terhadap UMKM binaan mereka sendiri pada sistem e-procurement ini” ungkap Dennis Kumara.

Proses sosialisasi kemitraan Bhinneka dan USU

Setelah melakukan proses pertemuan kemitraan ini, kedua instansi sepakat untuk melakukan rangkaian sosialisasi di pertemuan selanjutnya dengan pembahasan mengenai closed loop e-procurement serta proses transaksi pada platform Aronawa sehingga kegiatan pengadaan barang dan jasa dapat dilaksanakan secara efektif.

Pada pertemuan yang sama, Universitas Sumatera Utara (USU) juga telah diresmikan menjadi salah satu mitra kampus dari Program Campus Marketplace di Bhinneka. Sama seperti tujuan utama Bhinneka, Program ini diciptakan untuk meningkatkan percepatan transformasi ekonomi digital melalui pembangunan platform loka pasar bagi warga universitas, baik itu mahasiswa, dosen, staf, alumni, hingga UMKM binaan kampus.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap akan ada proses optimalisasi dari prinsip kemitraan yang saling bermanfaat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengembangkan program akademik unggulan melalui proses optimalisasi dalam penggunaan teknologi dan piranti digital” Ujar Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si selaku Rektor Universitas Sumatera Utara (USU).

Kegiatan ini berjalan selama empat setengah jam (11:00-14:30) dengan dua sesi acara dan proses komunikasi yang efektif. Kedua instansi menyakini bahwa hasil dari kerjasama ini akan membawa sebuah keuntungan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kemitraan ini juga diyakini sebagai langkah baru dalam usaha meningkatkan dan meciptakan peluang yang positif bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Resminya Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai mitra dari Program Campus Marketplace, membuat daftar Perguruan Tinggi yang sudah berkerjasama dengan Bhinneka semakin bertambah. Hal ini menjelaskan bahwa semakin banyak Perguruan Tinggi yang mengerti bahwa Campus Marketplace merupakan solusi dari proses pengembangan ekonomi UMKM binaan mereka.

Kedepannya, Bhinneka akan terus memberikan pemahaman tentang Program Campus Marketplace mereka kepada pihak Perguruan Tinggi lainnya demi meningkatkan kualitas UMKM Indonesia.

Leave a Reply