Tips & Tutorial

Coffee Shop, dan Tips Membangunnya

Coffee Shop, membangun bisnis bukanlah suatu hal yang mudah ada banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum terjun ke dunia bisnis mulai dari modal, keyakinan, riset dan lainnya. Namun yang utama dalam membangun bisnis adalah keyakinan dan juga tekad ataupun niat yang kuat memiliki mental pemberani yang di mana anda harus memberanikan diri bahwasanya suatu usaha akan mengalami peningkatan ataupun penurunan pendapatan maka dari itu sebelum memulai bisnis anda harus sudah memahami konsep dasar ataupun apa yang akan anda capai dengan bisnis anda tersebut.

Di era saat ini coffee shop bukanlah suatu usaha yang sedikit peminatnya dan juga coffee shop sudah banyak kita lihat di daerah masing-masing, anda sekalian bisa melihat sendiri bahwasanya saat ini coffee shop atau usaha di bidang minuman sangat menjamur, hal itu terjadi karena banyak nya peminat Coffee mulai dari anak muda hingga orang yang sudah ber-umur.

Melihat banyaknya orang membangun usaha coffee shop memiliki arti bahwa bisnis coffee shop memang cukup menguntungkan tapi karenanya banyak orang membuka usaha ataupun bisnis tersebut.

Semakin banyak yang usaha coffee shop itu artinya Anda juga memiliki banyak kompetitor. Banyaknya kompetitor menuntut anda untuk selalu berkreasi agar produk atau minuman yang anda hasilkan tetap diminati dan diinginkan oleh calon konsumen ataupun pelanggan anda.

Ada beberapa tips ataupun saran di bawah untuk Anda yang ingin memulai usaha coffee shop dari awal atau dari nol, diantaranya :

1. Coffee Shop dan Bisnis Plan-nya

Plan Bisnis Coffee Shop

Membuat Bisnis Plan sangat penting untuk anda lakukan sebelum membuat atau membangun bisnis. Bisnis plan adalah rancangan bisnis, dimana anda bisa merancang bisnis seperti apa yang anda ingikan. Dengan bisnis plan anda memiliki pedoman yang dapat anda jadikan pedoman saat menjalankan bisnis tersebut nantinya. Tanpa memiliki bisnis plan anda akan bingung untuk memulai ataupun mengetahui gambaran bisnis tersebut.

2. Menentukan Jenis Produk

Menu Coffee Shop

Menentukan jenis produk maksudnya adalah, Anda harus mengetahui apa yang akan anda jual dan mengapa anda memilih produk tersebut. Serta anda wajib membuat terlebih dahulu jenis coffe atau bagaimana racikan coffe yang akan anda jual, jadi anda harus membuat terlebih dahulu minuman ataupun jenis kopi yang akan dijual dengan begitu anda akan mengetahui bagaimana rasa minuman tersebut

3. Coffee Shop & Riset Pasar

Riset Oasar Untuk Coffee Shop

Melakukan riset pasar untuk anda mengetahui atau menentukan siapa calon pelanggan, target pasar hingga kompetitor. Anda sangat perlu mengetahui bagaimana keadaan pasar sebelum anda memulai memasuki dunia bisnis tersebut. Anda bisa mendapatkan semua info apabila melakukan riset pasar, apabila anda tidak melakukannya sebaiknya jangan memulai usaha terlebih dahulu karena cukup berbahaya karena tidak mengetahui keadaan pasar.

Anda bisa melihat ke pasar langsung bagaimana calon kompetitor-kompetitor menjual minuman mereka apakah terlihat ramai atau justru sepi, dan anda bisa membeli produk mereka kemudian membandingkannya dengan produk yang akan Anda jual.

4 . Menentukan Lokasi

Lokasi Coffee Shop

Menentukan Lokasi dimana anda akan membangun bisnis tersebut, pilihlah lokasi yang strategis untuk memulai usaha, yang mudah di jangkau oleh khalayak ramai dan di tempat yang sering di lalui oleh orang. Seperti di pinggir jalan yang ramai, di lingkungan kuliner atau di tempat hiburan.

5. Modal

Modal merupakan kunci yang utama saat anda ingin memulai suatu bisnis entah modal yang besar atau modal yang kecil sesuai dengan apa yang akan anda bangun. Tak bisa dipungkiri bahwa modal merupakan salah satu komponen dalam membangun bisnis yang sangat harus diperhatikan, tanpa modal mungkin bisnis tidak bisa terwujud.

6. Keyakinan akan diri

Keyakinan akan diri sendiri dalam membangun bisnis sangatlah penting anda harus meyakinkan diri anda bahwa usaha tersebut dapat anda rintis dan dapat Anda jalankan sesuai dengan rencana ataupun rancangan bisnis sebelumnya. Anda harus menanamkan mindset yang maju, harus siap akan resiko yang akan diterima saat menjalankan bisnis coffee shop, harus paham akan banyaknya kompetitor dan sebagainya.

Leave a Reply