tips masak nasi merah
Tips & Tutorial

5 Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen

Cara memasak beras merah tidak sama seperti beras putih biasa. Beras merah kerap dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau ingin hidup sehat. Beras merah atau nasi merah lebih sehat dibanding nasi putih. Nasi merah mengandung kalori lebih rendah dan serat lebih tinggi dibanding nasi putih.

cara memasak beras merah

Warna merah pada beras merah berasal dari kandungan antosianin yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Beras merah dibuat dari beras yang masih memiliki sekam. Sementara itu, beras putih berasal dari beras cokelat yang sudah dibuang sekamnya. Proses pembuangan sekam bisa memperpanjang usia beras, namun manfaat pada sekam malah hilang.

Perbedaan Beras Merah dan Putih

Inilah perbandingan kandungan gizi beras merah dan beras putih dalam takaran 100 gram.

Beras Putih Beras Merah
Serat 0.6 mg 2 g
Zat Besi 1.2 g 5.5 g
Protein 6.8 g 7 g
Vitamin B6 0.1 mg 0.3 mg
Folat 108 µg 18.2 µg
Fosfor 68.8 mg 208 mg
Magnesium 24.2 mg 78.8 mg
Zink 0.8 mg 1.4 mg
Selenium 14 µg 11.7 µg
Tembaga 0.1 mg 0.2 mg
Mangan 0.7 mg 2.0 mg

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat utama dari beras merah atau nasi merah:

  1. Kandungan antioksidan beras merah bisa menangkal radikal bebas
  2. Antioksidan beras merah bagus untuk menjaga kesehatan kulit
  3. Mengandung serat yang berfungsi menurunkan kadar kolestrol
  4. Mencegah berbagai penyakit jantung akibat kolestrol tinggi
  5. Memiliki indeks glikemik rendah, bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh
  6. Mengurangi risiko obesitas dan cocok untuk diet
  7. Kaya magnesium, bagus untuk mengatasi asma
  8. Kandungan magnesium tinggi mencegah gangguan kesehatan tulang.

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Pulen

Beras merah memiliki kulit sekam yang masih menempel sehingga memiliki kandungan serat tinggi. Beras merah bagus untuk Anda yang sedang diet atau penderita diabetes. Beras merah memiliki tekstur lebih keras daripada beras putih.

tips masak nasi merah

Ada 2 jenis beras merah yang umum dijual. Pertama adalah beras merah warna gelap yang belum dikupas kulit arinya. Kelebihannya adalah terasa kasar saat dimakan tapi lebih cepat membuat kenyang. Kedua adalah beras merah warna terang. Harganya lebih mahal dan sudah tidak punya kulit ari. Tekstur beras ini lebih lembut dan tidak terlalu padat saat dimakan.

Memasak beras merah tidak semudah memasak beras putih. Beras merah lebih keras dan rasanya hambar. Supaya nasi merah tidak keras dan pulen, Anda bisa mengikuti cara memasak beras merah berikut ini:

1. Cuci Beras Merah 2 – 3 Kali

Sama seperti memasak beras putih, beras merah harus dicuci dulu dengan air bersih. Membersihkan beras merah cukup 2 sampai 3 kali saja. Jangan terlalu banyak supaya kandungan vitamin di dalam beras tidak larut dalam air. Membilas beras merah terlalu sering bisa menghilangkan semua nutrisi baik di dalamnya.

2. Rendam Beras Sebelum Dimasak

Beras merah memiliki tekstur keras. Jadi Anda perlu merendamnya terlebih dulu sebelum memasaknya. Rendam beras merah sekitar 30 menit dengan air mineral atau matang. Setelah direndam, beras merah akan sedikit lunak. Kemudian tiriskan air lalu masak beras merah ke dalam rice cooker.

3. Masak dengan Air Lebih Banyak

Beras merah punya tekstur yang lebih keras. Oleh karena itu, Anda harus memasaknya dengan air lebih banyak dibanding beras putih. Cara memasak beras merah ini sedikit berbeda agar tekstur nasi lebih pulen dan tidak keras. Berapa banyak air yang dibutuhkan ?

Untuk memasak beras merah, Anda harus menggunakan air dengan perbandingan 3:1 atau 3 gelas air untuk 1 gelas takar beras. Air yang digunakan lebih baik menggunakan air mineral. Tujuannya agar nasi merah lebih higienis dan bebas dari kontaminasi zat berbahaya.

4. Bisa Ditambah Garam atau Beras Putih

Beras merah memiliki rasa hambar. Supaya nasi merah lebih enak, Anda bisa menambahkan garam secukupnya saat merendam beras merah. Jangan menambahkan garam terlalu banyak supaya nasi merah tidak asin. Setelah jadi, nasi merah akan terasa lebih enak dan tetap bergizi karena garam tidak mengubah kandungan nutrisi beras merah.

Saat dimasak, Anda juga bisa mencampur beras merah dan putih. Mengenai perbandingan beras merah dan putih sesuai selera Anda karena ini bersifat opsional. Tujuan mencampur nasi merah dan putih agar tekstur nasi lebih pulen dan tidak keras.

5. Masak Beras Merah Selama 45 Menit

Waktu memasak beras merah lebih lama dibanding beras putih. Jika biasanya masak beras putih hanya butuh waktu sekitar 30 menit, memasak beras merah membutuhkan waktu 15 – 20 menit lebih lama. Penyebabnya karena saat memasak beras merah kita menggunakan air lebih banyak. Ditambah lagi, butuh waktu lebih lama untuk memasak beras merah agar nasi lebih pulen dan tidak keras.

Itulah cara memasak beras merah yang enak, pulen, dan tidak keras. Memasak beras merah tidak sama seperti beras putih. Ini karena tekstur beras merah lebih keras dibanding beras putih. Meski begitu, kandungan nutrisi beras merah lebih tinggi dari beras putih. Beli beras merah berkualitas di Bhinneka.

Leave a Reply