Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Nutrisi dan Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Meski memiliki rasa asam dan terkadang bercampur rasa kecut atau pahit, ada banyak manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. Sama seperti buah – buahan lainnya, terutama buah jeruk, lemon juga banyak mengandung nutrisi dan juga vitamin C.

Salah satu kelebihan dari buah lemon yang disukai adalah lemon dapat diolah dengan berbagai macam cara, misalnya menjadi minuman segar, mencampurnya dengan teh hingga dicampur dengan makanan.

Pada artikel ini akan dibahas singkat mengenai berbagai kandungan nutrisi dalam lemon dan apa saja manfaat yang dapat Anda terima apabila rutin mengkonsumsi buah lemon.

Kandungan Nutrisi Jeruk Lemon

Lemon merupakan buah yang masih termasuk dalam kerabat sitrus, dengan kulit berwarna kuning cerah dan rasa asam manis yang khas. Selain rasanya yang enak dan segar, lemon juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh.

manfaat jeruk lemon untuk kesehatan

Dalam satu buah lemon, memiliki kandungan kalori yang rendah. Buah jeruk lemon juga memiliki berbagai nutrisi seperti protein, serat, kalsium, karbohidrat, kalium dan berbagai vitamin esensial yang diperlukan oleh tubuh. Buah lemon mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan juga tinggi akan vitamin C.

Buah lemon juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan buah lemon mengandung berbagai jenis antioksidan seperti hesperidin, diosmin dan eriocitrin.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan

Mudahnya mendapatkan jeruk lemon serta sebagai buah yang gampang diolah baik sebagai makanan atau minuman, menjadikan lemon salah satu buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin setiap hari. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengkonsumsi buah lemon

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti buah jeruk, lemon juga memiliki manfaat utama meningkatkan daya tahan tubuh bila dikonsumsi dengan rutin. Ini dikarenakan buah lemon banyak mengandung vitamin C dan juga antioksidan. Selain memperkuat imun, buah lemon dapat membantu melindungi sel tubuh dari bahaya efek radikal bebas.

Mencegah Batu Ginjal

Buah jeruk lemon memiliki kandungan asam sitrat. Kandungan asam sitrat ini dapat meningkatkan volume dan juga nilai pH dari urine. Hal ini membuat lemon dipercaya dapat mencegah munculnya pembentukan batu ginjal serta memecah batu ginjal menjadi lebih kecil.

jeruk lemon

Membantu Program Diet

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, buah lemon dipercaya dapat membantu Anda mempercepat mencapai tujuan program diet. Anda dapat mencampurkan lemon kedalam air hangat dan meminumnya saat malam hari.

Air lemon dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, membuang zat racun dari dalam tubuh (detox) serta membantu menurunkan berat badan. Berbagai kandungan dalam lemon yang bersifat antioksidan dipercaya dapat membantu membakar lemak dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Salah satu manfaat lain buah lemon yang diketahui luas adalah manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin C pada lemon dapat meningkatkan produksi kolagen. Sementara di sisi lain, kolagen dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembap, serta mengurangi berbagai tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus dan membuat kulit terlihat cerah.

Memelihara Kesehatan Jantung

Buah – buahan sitrus seperti lemon, jeruk nipis banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan – kandungan ini dapat membantu menjaga tekanan darah serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Apabila dikonsumsi secara rutin, buah lemon dipercaya dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan juga stroke serta membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Demikian sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rutin mengkonsumsi buah jeruk lemon. Anda juga perlu memastikan kebutuhan gizi dan nutrisi sehari – hari Anda terpenuhi. Selain buah lemon, Anda dapat mengkonsumsi berbagai sayuran dan buah – buahan lain untuk memenuhi angka kecukupan gizi yang Anda perlukan.

Leave a Reply