Tips & Tutorial

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap Orang Lain & Ciri – Cirinya

Bagaimana cara mengetahui Whatsapp disadap atau tidak, sering ditanyakan oleh para penggunanya. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang populer digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, gambar, dokumen, video call, voice note.

Tentu ada kekhawatiran dari para penggunanya apakah Whatsapp mereka disadap atau tidak. Tentu wajar, mengingat tentunya banyak pesan – pesan yang sifatnya pribadi ataupun rahasia dikirimkan oleh para penggunanya.

Whatsapp sendiri menggunakan enkripsi end-to-end, dimana enkripsi ini membuat tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui pesan yang dikirimkan seseorang selain penerima dan yang mengirimkan pesan.

Namun semakin canggihnya teknologi pada masa kini, membuat seseorang tidak sepenuhnya yakin atas keamanan enkripsi end-to-end milik Whatsapp. Ada kemungkinan celah atau cara yang ditakuti dapat digunakan oleh seseorang untuk menyadap Whatsapp.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan sebagar cara mengetahui Whatsapp disadap atau tidak.

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap atau Tidak

Ketakutan dari Whatsapp disadap didasari pada terbacanya pesan atau konten penting yang rahasia atau bersifat private oleh orang tak dikenal. Umumnya ada beberapa kemungkinan cara seseorang untuk menyadap Whatsapp seseorang, misalnya:

  1. Memanfaatkan whatsapp web akibat kecerobohan penggunanya sendiri lupa logout
  2. Menggunakan aplikasi 3rd party lain
  3. Kloning kartu sim

whatsapp web

Namun fokus kita kali ini adalah mengenai cara sederhana untuk mengawasi atau mengecek apakah aplikasi Whatsapp Anda bebas dari kemungkinan disadap atau tidak.

Cek Linked Device

Linked device merupakan daftar perangkat yang terhubung dengan akun Whatsapp yang Anda miliki. Disini Anda dapat melihat di perangkat mana saja, misal smartphone, browser internet mana Anda membuka Whatsapp.

Anda dapat memastikan dan mengecek apakah ada perangkat asing yang tidak Anda kenali. Caranya adalah dengan:

  1. Buka Whatsapp
  2. Ketuk tanda tiga titik pada pojok kanan atas Whatsapp
  3. Buka Linked Devices
  4. Pada device status, cek perangkat yang tidak Anda kenali. Anda dapat mengetuk perangkat tersebut untuk melakukan logout

linked device

Keluar dari Akun Whatsapp Secara Tiba-Tiba

Seperti yang kita ketahui, 1 nomor atau 1 akun Whatsapp hanya dapat digunakan pada 1 perangkat ponsel saja. Jika Anda mencoba memasukkan atau menggunakan nomor yang sama pada ponsel lain, maka akun Whatsapp Anda pada ponsel pertama akan keluar dengan sendirinya.

Jika ini terjadi pada Anda, ada kemungkinan besar ada orang lain yang mencoba untuk mengakses Whatsapp Anda menggunakan nomor ponsel yang Anda miliki.

Anda dapat melakukan verifikasi nomor telepon untuk mencegah Anda keluar dari akun Whatsapp yang Anda miliki, jika Anda dari awal sama sekali tidak melakukan pemindahan nomor telepon.

Pesan yang Terbaca Sendiri

Whatsapp memiliki delivery report berupa tanda checklist setiap Anda berkirim pesan. Tanda checklist berwarna biru menunjukkan suatu pesan dari orang lain sudah dibaca oleh Anda.

Jika Anda merasakan keanehan dimana Anda mendapati suatu pesan sudah terbaca, sedangkan Anda merasa belum membacanya, besar kemungkinan Whatsapp Anda disadap seseorang. Atau ada orang lain yang mengakses Whatsapp Anda melalui Whatsapp Web dan membaca setiap pesan Anda.

Status Online

Cara ini dapat diverifikasi oleh orang lain yang ada dalam kontak akun Whatsapp Anda. Bila akun Whatsapp Anda disadap, ada kemungkinan status Whatsapp Anda menunjukkan status sedang Online meski kenyataannya Anda sedang tidak online.

cara mengetahui whatsapp disadap

Anda dapat mengecek dengan cara melihat apakah akun Whatsapp Anda sedang online atau tidak melalui ponsel orang lain yang memiliki kontak Whatsapp Anda, pada saat Anda sedang tidak menggunakan Whatsapp.

Mendapat Kiriman OTP

Selain keluar dari akun Whatsapp dengan sendirinya, ada kemungkinan juga Anda akan mendapatkan pesan sms berisikan kode OTP. Jika Anda mendapatkan pesan sms, whatsapp ataupun telepon yang berisikan OTP atau meminta OTP, jangan sekali – kali berikan nomor OTP tersebut untuk menghindari risiko SIM anda dikloning untuk membajak atau menyadap Whatsapp Anda.

Leave a Reply