Tips & Tutorial

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Banyak pengendara mobil yang belum mengetahui cara menghilangkan jamur pada mobil, baik pada kaca atau bodi mobil dapat dilakukan sendiri. Seringkali mereka membawa mobil ke salon mobil untuk menghilangkan noda jamur mobil tersebut.

Sebenarnya apa itu jamur pada mobil dan bagaimana jamur tersebut dapat muncul? Serta bagaimana cara untuk menghilangkan jamur pada mobil? Artikel ini akan membahas informasi mengenai hal tersebut yang dapat Anda coba terapkan pada mobil yang Anda miliki.

Apa itu Waterspot pada Mobil

Jamur mobil adalah bercak – bercak putih yang biasanya muncul dan terdapat pada area kaca ataupun bodi mobil. Jamur ini muncul disebabkan oleh sisa – sisa air yang menempel pada mobil. Seringkali di jalan, meski tidak hujan, mobil tidak luput dari noda air, misalnya air yang menetes dari pohon, genangan, atau hujan dan banjir.

Noda air atau disebut juga water spot apabila tidak segera di lap dan dibersihkan dan dibiarkan mengering akan menyebabkan mobil menjadi kusam. Water spot tersebut juga perlahan dapat memunculkan jamur pada mobil.

jamur mobil

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari kaca atau bodi mobil berjamur:

  1. Sisa air hujan yang menempel dan tidak segera dilap dan dibiarkan kering sendiri
  2. Sisa air yang tidak dilap hingga kering saat selesai mencuci mobil
  3. Kualitas air yang digunakan saat mencuci mobil kurang baik

Anda perlu memastikan mobil Anda dibersihkan dan dilap hingga kering apabila sehabis terkena air hujan atau selesai mencuci mobil untuk menghindari munculnya water spot dan jamur. Namun apabila mobil Anda sudah terlanjur terdapat jamur, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Jamur / Waterspot pada Mobil

Untuk menghilangkan jamur pada mobil, jika tidak mau susah, Anda dapat membawanya ke salon mobil. Namun Anda juga dapat melakukannya sendiri dengan mudah. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan jamur pada mobil:

Cuci Mobil dan Keringkan Hingga Bersih

Seperti yang sudah dibahas di atas, apabila mobil Anda terkena air hujan, ada baiknya segera cuci mobil Anda dan keringkan hingga bersih dan tidak ada tetesan air yang tersisa. Sehabis cuci mobil, pastikan juga Anda mengeringkannya dengan kain hingga benar – benar kering. Jangan biarkan air mengering dengan sendirinya

Waxing Mobil

Anda dapat memberikan perlindungan tambahan pada mobil Anda dengan melakukan waxing. Waxing dapat membantu memberikan lapisan tambahan pada bodi mobil yang akan melindungi cat mobil Anda dari tetesan air hujan.

Menggunakan Water Spot Remover

Apabila terdapat jamur atau noda air pada mobil, Anda dapat menggunakan produk water spot remover dari berbagai merek yang ada untuk menghilangkan noda air yang menempel.

Untuk penggunaan juga cukup mudah, Anda dapat menyemprotkan atau menuangkan sedikit water spot remover ke bagian kaca atau bodi mobil dan menggosoknya dengan kain hingga noda menghilang. Setelahnya lap kembali dengan kain lain yang masih bersih untuk menghilangkan sisa water spot remover.

cara menghilangkan jamur mobil

Menggunakan Pasta Gigi

Apabila tidak menemukan produk water spot remover, Anda juga dapat memanfaatkan pasta gigi yang ada di rumah. Caranya juga cukup mudah. Bersihkan area sekitar tempat noda air atau jamur berada dan pastikan bersih dari debu.

Oleskan pasta gigi pada kain yang sudah dibasahkan ujungnya. Selanjutnya gosokkan kain pada bagian yang memiliki noda air dengan sedikit penekanan. Ulangi beberapa kali bila noda masih ada. Penting untuk memastikan agar area sekitar bebas dari debu atau kotoran menempel, agar saat menggosok debu tersebut tidak menggores bodi mobil.

Menggunakan Soda

Apabila noda air dan jamur terdapat di kaca mobil, maka Anda juga dapat menggunakan soda. Caranya pun cukup mudah. Siapkan dua buah kain. Tuangkan soda secukupnya pada ujung kain pertama dan gosokkan kain pada area yang memiliki noda dan jamur di kaca. Ulangi hingga noda menghilang dan lap bersih permukaan kaca dengan kain kedua.

Penting untuk diingat apabila menggunakan soda untuk tidak digunakan pada bodi mobil karena dapat merusak cat mobil. Gunakan soda untuk menghilangkan noda air dan jamur yang terdapat pada kaca.

Leave a Reply