Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Ketahui Barang Wajib Ada dalam Mobil. Pastikan Anda Punya

Ban serep serta dongkrak mungkin adalah salah satu barang wajib dalam mobil yang umum diketahui oleh para pengendara. Namun jangan salah loh, ternyata barang wajib ada dalam mobil tidak hanya itu saja. Ada banyak lain yang penting dan sebaiknya ada agar perjalanan Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Yang perlu diingat adalah tidak semua barang perlu Anda masukkan atau bawa, karena hal ini malah akan mengurangi kenyamanan berkendara. Barang – barang wajib ada dalam mobil ini jenisnya dapat meliputi barang atau aksesoris yang terdapat dalam kabin mobil ataupun perlengkapan lain yang terdapat dalam bagasi mobil. Umumnya barang ini bersifat esensial dan penting serta berguna baik dalam kondisi darurat ataupun tidak.

Pada artikel ini akan memberikan sedikit informasi dan tips mengenai barang – barang esensial apa saja yang wajib terdapat dalam mobil.

barang wajib ada dalam mobil

Barang Wajib Ada dalam Mobil

Berikut ini adalah sejumlah barang yang sifatnya esensial dan dapat Anda jadikan acuan apakah sudah ada dalam mobil Anda atau belum. Anda juga dapat mempertimbangkan apakah barang berikut ini perlu segera Anda lengkapi atau tidak:

Ban Serep / Ban Cadangan

Ban cadangan merupakan salah satu barang penting yang wajib ada dan sifatnya krusial. Ban cadangan berfungsi apabila ban utama Anda mengalami masalah di jalan, misalnya kempes atau pecah ban. Oleh karenanya, pastikan kondisi ban cadangan yang terdapat di mobil Anda masih bagus dan memiliki tekanan angin yang sesuai.

Dongkrak

Dongkrak merupakan barang esensial yang sifatnya melengkapi ban cadangan. Jika suatu saat Anda perlu mengganti ban utama dengan ban cadangan, maka Anda memerlukan dongkrak untuk mengangkat mobil dan mengganti ban. Dongkrak biasanya disertakan dan merupakan bawaan dari pabrik mobil. Untuk itu pastikan dongkrak selalu berada di mobil dan tidak diturunkan.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR kini merupakan barang wajib ada dalam mobil sesuai dengan peraturan dari Dirjen Perhubungan. Setiap mobil baru keluaran pabrikan akan dilengkapi dengan APAR. Pastikan Anda tidak menurunkan APAR dan memastikan APAR mudah dijangkau apabila dalam kondisi darurat Anda membutuhkan APAR ini.

Kotak P3K

Kotak P3K sama seperti APAR, juga merupakan barang wajib yang perlu ada dalam mobil. Kotak P3K dapat berfungsi sebagai alat pertolongan pertama apabila terjadi kondisi darurat seperti kecelakaan ataupun misalnya terjadi luka pada pengendara selama mengendarai mobil. Selain untuk alat pertolongan kecelakaan, Anda juga dapat mengisinya dengan obat – obatan.

Lampu Senter

Salah satu barang yang sering dilupakan, adalah lampu senter. Lampu senter berguna untuk membantu penglihatan jika suatu saat terjadi kondisi darurat pada malam hari dimana Anda perlu mengecek bagian luar mobil hingga dalam kap mesin. Memang Anda dapat mengandalkan lampu flash pada smartphone, namun akan lebih mudah dan membantu apabila Anda juga menyediakan lampu senter untuk berjaga – jaga jika dibutuhkan.

Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman adalah alat pengaman wajib yang harus ada di dalam mobil dan biasanya juga turut disertakan bersama dengan ban cadangan serta dongkrak. Anda membutuhkan segitiga pengaman apabila Anda mengalami kondisi darurat seperti mobil mogok. Anda dapat menaruh safety triangle atau segitiga pengaman dengan jarak 3 meter di belakang mobil, dengan tujuan lalu lintas di belakang Anda dapat berhati – hati dan menghindari lajur tempat mobil Anda berhenti darurat.

segitiga pengaman

Tempat Sampah Kabin

Kabin yang bersih dapat membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Untuk itu, pastikan Anda menyediakan satu buah tempat sampah kecil untuk di dalam kabin mobil. Hal ini berguna agar sampah seperti tissue atau bungkus permen misalnya dapat dibuang ke dalam tempat sampah dan tidak berserakan.

Demikian sejumlah barang penting dan esensial yang perlu ada dalam mobil agar berkendara lebih aman dan nyaman. Pastikan Anda berkendara mengikuti rambu lalu lintas yang berlaku dan sesuaikan kecepatan berkendara Anda dengan aturan yang berlaku.

Leave a Reply