kulkas portable
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Kelebihan Kulkas Portable Untuk Kegiatan Outdoor dan Travel

Penggunaan kulkas portable saat ini semakin banyak digunakan karena memiliki banyak keuntungan. Saat berpergian jauh atau beraktivitas luar ruangan seperti berkemah, tentu semakin seru dan menarik jika dilengkapi dengan berbagai makanan dan juga minuman. Tidak sedikit dari kita membawa aneka snack atau minuman saat berkendara atau kegiatan outdoor.

Anda mungkin dapat menyimpan snack atau makanan lainnya dalam kotak atau tas. Untuk minuman juga dapat disimpan atau ditaruh dalam tas. Namun, khusus untuk makanan yang perlu disajikan dalam keadaan segar, minuman yang disajikan dingin seperti jus, atau soda tentu ini menjadi masalah.

cooler box

Tidak jarang dari kita membawa atau menggunakan ice box atau cooler box untuk menyimpan dan menjaga agar minuman tetap dingin. Namun penggunaan ice / cooler box ini tidak sepenuhnya praktis.

Perbedaan Ice (Cooler Box) dengan Kulkas Portable

Ice box atau cooler box umumnya berbentuk kotak persegi atau persegi panjang dari material plastik yang digunakan untuk menyimpan minuman agar bisa dingin lebih lama. Ice box biasanya diisi dengan balok es atau pecahan balok es untuk menjaga minuman tetap dingin.

Namun ada juga ice box atau cooler box yang menggunakan bahan gel atau cooler pack sebagai pengganti es balok. Ice pack atau cooler pack ini didinginkan terlebih dahulu di kulkas saat di rumah. Setelah dingin dan akan digunakan, ice pack ini lalu dimasukkan ke dalam cooler box sebagai pengganti dari es balok.

ice pack

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan ice box atau cooler box semacam ini, antara lain:

  1. Anda membutuhkan banyak es balok untuk menjaga suhu tetap dingin
  2. Jumlah es balok yang banyak akan menambah berat pada cooler box
  3. Jika es sudah mencair Anda perlu mencari es balok pengganti
  4. Anda memerlukan lebih dari 1 ice pack agar suhu dapat dingin
  5. Meski bertahan lama, jika ice pack sudah tidak dingin, Anda perlu mendinginkannya kembali di kulkas

Karena kekurangan dan ketidakpraktisan ini, kulkas portable atau portable fridge menjadi alternatif pilihan yang menarik.

Portable fridge merupakan kulkas berbentuk mini dan ringkas serta portable dapat dibawa berpergian. Tersedia dalam bermacam ukuran dan kapasitas, kulkas ini dapat mendinginkan makanan dan minuman seperti halnya kulkas biasa.

Penggunaan dari portable fridge juga cukup praktis karena Anda tidak perlu menggunakan balok es atau ice pack untuk menjaga makanan dan minuman tetap dingin. Kulkas portable dapat menggunakan berbagai sumber energi untuk mendinginkan misalnya gas, listrik, hingga listrik 12V.

Macam Jenis Kulkas Portable

Portable fridge dilihat dari ukuran dan juga sumber daya nya dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu 3 Way Fridge, Electric Cooler dan Compressor Fridge.

3 Way Fridge umumnya memiliki ukuran kapasitas lebih besar dan dapat menggunakan listrik, gas hingga listrik 12 V untuk sumber dayanya. Electric cooler menggunakan gas atau listrik 12 V untuk mendinginkan isi kulkas. Compressor fridge adalah portable fridge yang cukup ringkas dan dapat menggunakan sumber daya listrik 12 V untuk mendinginkan hingga suhu -18 derajat.

kulkas portable

Yang dimaksud dengan listrik 12V disini adalah Anda dapat menggunakan sumber listrik di mobil Anda (soket untuk pemantik api) sebagai sumber daya untuk menyalakan kulkas dan mendinginkan isi kulkas. Beberapa model juga memiliki kemampuan dan fitur seperti freezer untuk membuat beku minuman atau membuat es.

Sebagian jenis kulkas portable juga bahkan memiliki fungsi sebaliknya dari mendinginkan yaitu menjaga agar makanan tetap hangat.

Cara Memilih Portable Fridge yang Sesuai

Ada beberapa pertimbangan dan hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih portable fridge agar penggunaan optimal:

  1. Pilih kulkas sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan
  2. Ukuran kulkas yang besar meski berkapasitas banyak akan memakan cukup ruangan dalam mobil
  3. Perhatikan tingkat kebisingan suara yang ditimbulkan kompresor kulkas
  4. Pastikan kulkas mendukung sumber daya listrik 12V agar dapat digunakan dalam kendaraan

Leave a Reply