Info Bisnis

Memahami Apa Saja Jenis – Jenis Genset dan Fungsinya

Jenis genset dapat dibedakan berdasarkan menjadi beberapa macam berdasarkan pada cara kerja genset, bahan bakar yang digunakan hingga bentuk dari genset itu sendiri. Meski pada dasarnya masing – masing genset tersebut memiliki fungsi yang sama, namun mengetahui berbagai macam jenis genset penting agar tidak keliru saat memilih genset.

Penggunaan genset yang keliru atau tidak sesuai dengan kebutuhan tentu akan menyebabkan genset menjadi tidak optimal dalam bekerja. Tentunya hal ini akan merugikan apabila genset digunakan untuk kebutuhan usaha ataupun digunakan di perusahaan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari genset berserta fungsinya dan juga berbagai macam genset.

Pengertian dan Fungsi Genset

Genset merupakan kepanjangan dari generator set yang biasa digunakan sebagai solusi ketika padam listrik atau ketika mengalami black out. Listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Penggunaan genset sangat penting khususnya di bidang – bidang usaha atau industri dimana pasokan listrik yang stabil merupakan hal yang krusial.

jenis genset

Pemadaman listrik yang sering dan terjadi untuk waktu yang lama, dapat menghambat operasional perusahaan ataupun pabrik. Misalnya saja server perusahaan menjadi terkendala apabila terjadi pemadaman listrik untuk waktu lama tanpa ada cadangan listrik. Selain itu industri seperti perhotelan dan mall juga membutuhkan genset agar aktivitas dan operasional tidak terganggu.

Berbagai Macam Jenis Genset

Genset sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam tipe atau model berdasarkan cara kerjanya maupun berdasarkan bahan bakarnya. Berdasarkan bahan bakar yang digunakan, Genset dapat dibedakan menjadi:

Genset Gasoline atau Bensin

Benset jenis ini juga termasuk kedalam genset yang paling umum dan banyak dibutuhkan baik untuk keperluan rumah atau bisnis. Genset bensin ini rata-rata memiliki kapasitas sebesar 1000 watt.

Genset Solar atau Diesel

Serupa dengan Genset bahan bakar bensin. Genset solar atau diesel juga merupakan salah satu tipe genset yang umum digunakan karena bahan bakar yang mudah didapatkan dan cukup murah. Genset bahan bakar diesel ini menghasilkan energi sebesar 5000 watt atau 5kw hingga 2.000.000 watt

Genset Gas

Bahan bakar untuk enset gas ini bisa berupa LNG atau LPG tergantung dari spesifikasi genset gasnya.

Sedangkan macam genset berdasarkan bentuk dan mobilitas dari genset, dapat dibedakan menjadi:

Genset Portable

Genset portable merupakan jenis genset yang mudah dipindahkan karena dilengkapi dengan roda dan tuas pendorong. Dengan genset portable, anda bisa membawa genset tersebut ke tempat yang anda inginkan.

Genset Non Portable

Genset ini sulit dipindahkan. Umumnya genset jenis ini digunakan sebagi sarana gedung-gedung perkantoran atau gedung lainnya.

Sedangkan berdasarkan fungsinya, Genset dapat dibedakan menjadi:

Genset Inverter

Genset inverter memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan genset konvensional karena memiliki alternator yang menyatu dengan unit genset. Genset jenis ini memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dan juga lebih irit bahan bakar

Genset Open Type

Generator yang terbuka dan tidak dilengkapi dengan rumah genset atau box sebagai penutup mesinnya. Jenis genset ini cocok untuk digunakan pada bangunan besar dengan kebutuhan cadangan listrik yang besar pula seperti mall, gedung perkantoran, rumah sakit, apartment

Demikian penjelasan mengenai fungsi genset dan jenis – jenis genset. Pilih genset sesuai dengan kebutuhan pakai Anda agar pemakaian genset dapat optimal.

Leave a Reply