General ledger adalah
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian General Ledger, Fungsi, dan Apa Saja Isinya

Buku besar atau General Ledger adalah salah satu komponen penting dalam akuntasi karena berisi semua catatan semua transaksi keuangan. Meskipun General ledger adalah proses penting dalam akuntasi, namun masih banyak yang kesulitan membedakannya dengan Trial Balance. General Ledger dan Trial Balance adalah dua tindakan utama dalam siklus akuntasi yang berguna untuk menyusun laporan keuangan akhir tahun.

General ledger adalah

General Ledger atau buku besar adalah dokumen akuntasi utama yang berisi semua transaksi keuangan dalam bisnis Anda. Fungsi utama General Ledger adalah untuk membantu Anda melihat gambaran kondisi finansial bisnis secara lebih luas. Selain itu, General Ledger juga berisi kumpulan akun yang dipakai dalam perusahaan.

Apa yang Dimaksud General Ledger ?

General Ledger adalah kumpulan transaksi keuangan perusahaan yang digunakan untuk laporan keuangan. General Ledger juga biasa disebut buku besar atau pembukuan besar. Buku besar ini berisi hasil mutasi transaksi yang berfungsi melihat kumpulan mutasi per akun, saldo awal, dan saldo akhir yang akan digunakan untuk membuat jurnal penyesuaian sampai ke laporan keuangan.

pengertian general ledger

Semua informasi pada General Ledger diambil dari jurnal umum. Buku besar ini juga digunakan untuk mencatat entri akhir transaksi. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa General Ledger merupakan faktor penting dalam akuntasi karena berisi catatan semua transaksi keuangan.

Perbedaan General Ledger dan Trial Balance

Masih banyak yang sulit membedakan antara General Ledger dan Trial Balance. Padahal buku besar berbeda dari Trial Balance atau yang biasa disebut neraca saldo. General Ledger mencatat semua transaksi selama tahun buku. Sedangkan Trial Balance disiapkan pada hari terakhir tahun buku. Tujuan Trial Balance adalah untuk memeriksa perhitungan saldo pada General Ledger.

Semua saldo debit dicatat dalam kolom yang berbeda dari kredit. Trial Balance membantu akuntan untuk melihat jika ada kesalahan dan membantu identifikasi jenis entri jurnal yang harus diposting.

General Ledger Trial Balance
Pengertian General Ledger mencatat semua transaksi keuangan Pernyataan ringkas yang mencerminkan saldo buku besar
Tujuan Mencatat entri akhir transaksi Memeriksa akurasi perhitungan dari saldo buku besar
Klasifikasi Akun Sesuai dengan kelas akun Tidak ada klasifikasi akun
Jangka Waktu Mencatat transaksi selama tahun akuntansi Disiapkan pada hari terakhir tahun akuntansi

Fungsi General Ledger

Fungsi utama dari General Ledger adalah membantu akuntan untuk membuat laporan keuangan. Maka tanpa General Ledger, akuntan tidak bisa membuat laporan keuangan. Anda bisa mendapat informasi setiap akun di perusahaan untuk membuat laporan keuangan.

Fungsi lain dari General Ledger adalah untuk menghitung saldo setiap akun yang digunakan dalam perusahaan. Kemudian terkait dengan Trial Balance, General Ledger memudahkan akuntan untuk mendapatkan informasi terkait catatan setiap transaksi keuangan yang terjadi selama perusahaan beroperasi.

Manfaat General Ledger untuk Perusahaan

Kenapa General Ledger itu penting ? Berikut ini adalah manfaat General Ledger untuk perusahaan:

Contoh general ledger

1. Bantu Mengambil Keputusan Penting

Manfaat pertama dari General Ledger adalah membantu para pelaku ekonomi, seperti: pemimpin perusahaan, auditor, pembeli, dan stakeholder lainnya untuk melakukan analisa untuk mengembangkan perusahaan. General Ledger memuat semua data yang akurat dan lengkap untuk bantu membuat rencana, proyeksi, dan pernyataan keuangan. Para pelaku ekonomi bisa mengambil keputusan penting dan mengurangi risiko kerugian di masa depan.

2. Bantu Merencanakan Transaksi Keuangan

General ledger biasa digunakan untuk mencatat transaksi dan statistik bisnis. Buku besar juga berisi informasi tentang pelanggan, pesanan, dan inventaris. Berkat bantuan informasi tersebut, Anda bisa merencakan semua transaksi keuangan dan kebutuhan bisnis, seperti: pembelian inventaris perusahaan, menentukan harga jual produk, dan mengatur bagaimana cara membiayai semua kebutuhan.

3. Memudahkan Pengurusan Pajak Perusahaan

General ledger membantu pembukuan jadi lebih baik. Dengan begitu, perusahaan Anda bisa membayar segala macam izin usaha, asuransi, dan pajak lainnya sesuai ketentuan pajak. Setiap transaksi tercatat supaya lebih mudah menghitung berapa besar pajak yang harus dibayar, berapa banyak pajak dikeluarkan, dan transaksi apa saja yang kena pajak. General ledger juga berisi informasi rinci pembayaran pajak untuk memudahkan audit.

4. Mengenali dan Mencegah Penipuan

Semua informasi keuangan di General Ledger yang didukung catatan keuangan yang baik bisa memudahkan Anda untuk mengenali potensi transaksi penipuan. General Ledger bisa membantu pemilik perusahaan untuk antisipasi permasalahan atau penyimpangan dalam transaksi. Jika ditemukan penyimpangan bisa langsung diperbaiki secepat mungkin.

Itulah semua penjelasan mengenai pengertian General Ledger atau buku besar. General ledger berisi semua akun dan transaksi keuangan. Fungsi buku besar sangat besar dalam perusahaan. Dengan buku besar, kita bisa mudah mengetahui detail setiap transaksi, memudahkan proses audit, dan mencegah penyimpangan transaksi keuangan perusahaan. Jika Anda butuh konsultasi pengelolaan bisnis, dapatkan layanan Professional Service di Bhinneka.

Leave a Reply