Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Geopark Rinjani x Bhinneka Kerja Sama Memajukan UMKM Lokal

Eksistensi Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Barat begitu menarik perhatian banyak orang mulai dari warga lokal hingga turis dari berbagai negara. Tempat wisata gunung Rinjani diangkat masuk pada Geopark dengan tujuan menjaga keindahan alam dan juga budaya lokal lombok.

Dengan nama Geopark Rinjani Lombok diinisiasi kedalam program Geopark sejak 2008, dalam perkembangannya diakui sebagai Geopark Nasional pada 7 Oktober 2013, dan pada tahun 2016 diusulkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). Tahun 2017 diharapkan akan dapat mendapat pengakuan sebagai bagian dari UGG. Geopark Rinjani Lombok juga telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah.

Geopark Rinjani saat ini semakin maju, terlebih karena banyaknya UMKM lokal yang semakin berkembang dan terus meningkat. Kali ini di tahun 2022, Geopark Rinjani bergandengan tangan dengan Bhinneka guna memajukan UMKM binaannya.

Foto Penandatangan Bhinneka X Geopark Rinjani

Bhinneka dan Geopark Rinjani saat ini menjalin hubungan kerja sama untuk memajukan UMKM lokal Nusa Tenggara Barat. Geopark Rinjani memanfaatkan teknologi digital yang ditawarkan oleh Bhinneka untuk membimbing para UMKM lokal Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya binaan Geopark Rinjani agar dapat menjual produk mereka di marketplace yang disediakan oleh Bhinneka. Untuk lebih tau lebih detail mengenai Bhinneka dapat mencari mengklik.

Foto Logo Bhinneka

Bhinneka siap memberikan fasilitas yang memumpuni untuk Geopark Rinjani dalam mengembangkan digitalisasi di setiap kegiatan jual beli yang akan dilakukan oleh UMKM lokal Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu suatu platform digital berbentuk marketplace. Bhinneka menjamin keamanan kolega mereka dalam Marketplace-nya, mulai dari transaksi hingga pengiriman barang, hal ini di katakan oleh Head of Business Bhinneka, Dennis Kumara.

Foto Bhinneka Saat Penandatangan Geopark Rinjani

“Kami menyadari bahwa  banyak pelaku UMKM di Indonesia memerlukan pendampingan, baik secara teknologi maupun asistensi lainnya untuk bisa lebih siap menghadapi pasar yang lebih luas. Karena itu melalui kerja sama ini, kami bersama pihak Geopark Rinjani-Lombok berharap bisa menjadi kunci transformasi digital bagi kemajuan yang berkelanjutan. Khususnya membawa produk UMKM Rinjani ke pasar nasional“ Ungkap Denis Kumara, Head of Business PT. Bhinneka Mentari Dimensi.

Head of Business Bhinneka, yaitu Dennis Kumara juga melakukan presentasi saat peluncuran hubungan kerja sama dengan Geopark Rinjani, beliau menjelaskan apa itu apakah itu marketplace Bhinneka, bagaimana cara mendaftarkan diri di marketplace Bhinneka sebagai merchant, dan juga mengajarkan fitur-fitur yang akan  selalu di gunakan oleh UMKM lokal apabila mereka sudah bergabung nantinya, hal ini menunjukkan kesiapan dari Bhinneka merangkul UMKM binaan Geopark Rinjani dalam menghadapi dan mengimplementasikan digitalisasi untuk toko-toko mereka nantinya.

Tak hanya itu, Bhinneka juga memberikan sarana untuk para UMKM bertanya pada mereka yaitu grup chat WhatsApp, dalam grup tersebut mereka bisa bertanya pada pihak Bhinneka apabila ada cara dan informasi yang belum jelas, atau terkendala dalam melakukan pendaftaran. Banyak hal menguntungkan yang akan di peroleh UMKM apabila ikut bergabung dengan marketplace Bhinneka di antaranya ialah :

  1. Tersedianya tempat berjualan non fisik atau secara digital
  2. Memiliki target pasar yang lebih luas dan berskala nasional
  3. Dapat melakukan transaksi yang aman dan nyaman
  4. Tersedianya opsi kurir yang disediakan oleh Bhinneka.

Untuk itu sangat diperlukan kepekaan dari UMKM lokal menyadari keuntungan-keuntungan yang akan mereka peroleh dari marketplace tersebut.

Memang benar, saat ini UMKM lokal harus sudah memahami dan mengimplementasikan kekuatan teknologi digital di setiap proses jual beli barangnya bahkan hingga proses transaksinya. Kerja sama yang dilakukan oleh Bhinneka dengan Geopark Rinjani adalah satu loncatan yang sangat cemerlang dan akan menjadi salah satu aset istimewa untuk UMKM lokal.

Foto Acara Geopark Rinjani

Untuk itu, kerja sama ini diterima sangat baik oleh General Manager Geopark Rinjani, Mohamad Farid Zaini beliau mengatakan,“Kerja sama ini merupakan suatu usaha dan respons positif untuk pengembangan UMKM lokal, di mana program ini mampu mempermudah program penjualan produk yang biasa dilakukan secara manual, tapi kini secara digital sehingga cakupan pasar lebih besar, yakni berskala nasional.”

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan bergabung dengan marketplace yang disediakan oleh Bhinneka, UMKM lokal bisa menjalankan usahanya dengan praktis, tidak perlu keluar rumah dengan kondisi yang seperti saat ini, bisa melakukan pemasaran secara digital, dan semakin familiar dengan kecanggihan teknologi di era digital saat ini.

Semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi Gunung Rinjani Lombok, Nusa Tenggara Barat, maka akan semakin maju jugalah para UMKM. Maka dari itu, ayo, kita bersama-sama memajukan UMKM lokal.

Leave a Reply