Airlangga Market
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Grand Launching Airlangga Market, Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Bhinneka terus berkolaborasi dan memperkuat kemitraan dengan berbagai pihak, salah satunya di lingkungan perguruan tinggi yaitu Universitas Airlangga (Unair). Melalui semangat kolaborasi ini, Bhinneka.com bersama Unair meluncurkan platform Campus Marketplace yang diberi nama Airlangga Market.

Airlangga Market

Campus Marketplace merupakan inovasi baru di era perkembangan teknologi yang diluncurkan oleh Bhinneka.com untuk dapat berkolaborasi dengan universitas-universitas di Indonesia. Program ini sedang digalakkan untuk berjalan di berbagai kampus di Indonesia, salah satunya yaitu Universitas Airlangga.

Campus Marketplace menyediakan sebuah platform E-marketplace, nantinya marketplace ini juga dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada civitas akademika saja, melainkan juga kepada UMKM atau masyarakat lainnya yang ingin berjualan secara online, baik produk ataupun jasa.

Universitas saat ini tidak hanya menjadi institusi pendidikan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan berbagai bidang keahlian, namun juga sekaligus menjadi wadah dan dorongan kepada mahasiswa untuk berwirausaha dan mengoptimalkan strategi pengembangan bisnis dengan memanfaatkan melalui platform digital.

Airlangga Market Launcing

Setelah hadir lebih dari 8 bulan, Airlangga Market pun diresmikan dalam Grand launching pada Kamis, 24 November 2022 di Gedung Aseec Tower Kampus B lantai 5 UNAIR. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan daring melalui Zoom Meeting. Selain mengadakan Grand Launcing Airlangga Market, Unair juga sekaligus mengadakan Awardee kepada mahasiswa yang lulus Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Pada kegiatan ini, turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Airlangga, Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, DEA, DVM. Direktur DPKKA Universitas Airlangga, Prof. Dr. Elly Munadziroh, Drg., MS. Head of Business Bhinneka Dennis Kumara, para dosen, mahasiswa dan alumni.

Indonesia masih bertahan karena banyaknya wirausahawan yang ada, ada covid membuat banyak perusahaan bangkut dan memecat karyawannya. Image yang berhasil adalah kantoran masih melekat di mahasiswa dan harus diubah,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Airlangga, Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, DEA, DVM.

Airlangga

Dengan melalui program Campus Marketplace, dapat memungkinkan lingkungan kampus memiliki platform lokapasarnya sendiri secara eksklusif. Seluruh civitas akademik seperti mahasiswa, dosen samapai alumni dapat terlibat sebagai penjual lewat bisnis berskala UMKM.

“DPKKA UNAIR juga memiliki tujuan dalam meningkatkan entrepreneur bagi mahasiswa yang memiliki bakat di bidang kewirausahaan,” kata Direktur DPKKA Universitas Airlangga, Prof. Dr. Elly Munadziroh, Drg., MS.

Head of Business Bhinneka Dennis Kumara, mengungkapkan membangun sistem marketplace sangat berperan penting dalam membantu perguruan tinggi dalam membangun marketplace yang ready to use.

Launching Airlangga Market

UMKM Binaan bisa masuk kedalamnya, bisa menggunakan Eprocurement dalam kampus dan bela pengadaan. Campus Marketplace sangat bebas pembeli, membantu perekonomian kampus, Procurement campus bisa dilakukan pembelian melalui Airlangga Market,” ungkap Dennis Kumara.

Campus Marketplace tidak hanya dapat dilakukan secara online, namun juga secara luring melalui bazar dengan menggunakan metode pembayaran secara online.

Airlangga Launcing

Platform Airlangga Market juga sudah terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam jejaring Bhinneka.Com dalam konteks business super-ecosystem. Mitra-mitra tersebut adalah dari kalangan perbankan, fintech, perusahaan-perusahaan logistik atau biasa disebut 3PL (third party logisctic), konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya.

Untuk melihat langsung Campus Marketplace Universitas Airlnagga, silakan kunjungi https://airlanggamarket.bhinneka.com/

 

 

 

 

Leave a Reply