Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Beberapa Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan, Isi, dan Medianya

Aktivitas mengiklankan suatu barang, jasa, atau hal lainnya telah terjadi sejak berabad abad yang lalu. Iklan sendiri adalah media terbaik dalam menyampaikan sebuah pesan kepada orang banyak. Sekarang aktivitas ini telah berkembangan sangat pesat sehingga terciptalah beberapa Jenis Iklan.

Apa Itu Iklan?

Sebelum mengenal jenis-jenis iklan tentunya Anda harus tahu dulu definisinya. Iklan adalah sebuah kegiatan yang orang lakukan untuk mempromosikan sesuatu dalam berbagai tujuan. Bisa untuk sekedar menyebarkan informasi, edukasi, atau produk dan jasa dalam dunia bisnis.

Sejauh ini aktivit periklanan telah berkembang pesat mulai dari jenis, strateginya, sampai dengan pesan di dalam iklan itu sendiri. Pada umumnya orang membuat iklan dengan sangat sistematis sehingga pesan di dalamnya dapat tersampaikan kepada banyak orang dengan tepat dan benar.

Kebanyakan iklan memang memiliki peran penting di sektor perdagangan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Pada intinya tujuan iklan adalah membangun persepsi seseorang atau banyak orang mengenai suatu hal sehingga bisa lebih kenal dan dekat tentang perihal tersebut.

Jenis Iklan

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Seperti penjelasan di atas iklan memang memiliki target sesuai dengan pesan di dalamnya. Hal ini membuat orang membedakan iklan berdasarkan tujuan dan isinya. Iklan berdasarkan tujuannya terbagi dalam dua bentuk. Untuk penjelasannya sebagai berikut :

1. Jenis Iklan Komersial

Dari namanya mungkin Anda sudah tahu jika aktivitas iklan ini akan berkaitan dengan bisnis. Iklan komersial memiliki tujuan yang jelas yaitu meningkatkan penjualan sebuah produk atau barang sehingga mendapatkan keuntungan lebih besar.

Iklan komersial biasanya orang buat dengan tujuan mencari keuntungan dari sisi bisnis dan juga citra produk, jasa, dan perusahaan. Tujuan lain dari iklan komersial adalah menyampaikan maksud dari sebuah produk atau jasa agar public bisa mengenalnya dengan baik sehingga mempercayai atau mencari legitimasi.

2. Jenis Iklan Non Komersial

Iklan non komersial merupakan jenis yang cenderung informasi di dalamnya berupa sebuah himbauan. Biasanya orang membuat iklan non komersial untuk menyampaikan sebuah informasi dengan tujuan pendidikan sehingga orang mengetahui sesuatu yang sebelumnya belum diketahui.

Pihak yang paling sering membuat iklan non komersial ini antara lain pemerintah dan organisasi masyarakat, terkadang juga Lembaga pemasyarakatan. Iklan ini cenderung menawarkan informasi layanan masyarakat mengenai kehidupan bersosialisasi dan hal lainnya sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai suatu hal.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan juga bisa Anda bedakan antara satu dan lainya dari aspek isinya. Mungkin secara kasat mata akan terlihat mirip, namun iklan berdasarkan isinya ini berbeda beda mulai dari target dan penyampaiannya. Berikut penjelasannya.

1. Iklan Penawaran

Iklan penawaran merupakan jenis yang memberikan informasi mengenai sebuah penawaran dari produsen tentang sebuah barang atau jasa. Iklan ini pada akhirnya akan membuat seseorang tertarik untuk menggunakan jasa atau produk tersebut.

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat pada intinya memiliki target jelas untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat melakukan sebuah tindakan baik dalam bermasyarakat. Contoh nyatanya missal mengenai iklan menjaga kebersihan atau kewajiban membayar pajak dengan teratur.

3. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman merupakan jenis yang isinya seputar himbauan atau ajakan untuk khalayak umum. Biasanya iklan jenis ini akan Anda temukan ketika ada sebuah event besar misalnya iklan pengumuman seminar di kampus atau iklan konser kedatangan artis dalam merayakan ulang tahun daerah.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan menjadi jenis yang umumnya orang buat secara pribadi atau kelompok tertentu saja dengan isi lebih spesifikasi. Contoh dari iklan permintaan ini adalah sebuah lowongan pekerjaan di mana informasinya sangat jelas untuk siapa.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Seperti penjelasan di awal tadi jika sekarang perkembangan strategis dalam mengiklankan sesuatu telah mengalami perubahan sesuai zaman. Hal ini membuat banyak media bisa Anda gunakan untuk beriklan. Berikut penjelasannya

1. Iklan Media Elektronik

Kehadiran era digital juga sedikit merubah system orang dalam beriklan. Sekarang media elektronik seperti radio, televisi, dan channel internet menjadi tempat beriklan potensial yang menawarkan unsur audio dan video ketika proses iklan disampaikan.

2. Iklan Media Cetak

Kebalikannya dengan jenis pertama, media cetak tidak memiliki elemen audio maupun video ketika menyampaikan sebuah pesan beriklan. Bentuk dari iklan jenis ini biasanya Anda temukan di majalah, browser ataupun koran yang memang sekarang sudah jarang orang gunakan.

Leave a Reply