Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

7 Jenis Masker Untuk Antisipasi Covid-19

Semenjak kemunculan virus covid-19, penggunaan masker mulai menjadi popular. Benda ini memang sangat efektif untuk melindungi seseorang dari penyebaran berbagai virus jenis apapun terutama influenza. Sekarang terdapat cukup banyak jenis masker di pasaran perlu Anda ketahui.

Memakai masker untuk beraktivitas sehari hari khususnya di luar ruangan memang menjadi hal wajar saat ini. Masker memang menjadi benda yang efektif mengurangi kemungkinan resiko penyebaran kuman dan bakteri melalui udara. Saat ini terdapat beberapa jenis masker yang dapat Anda beli, berikut macam dan jenis masker :

1. Jenis Masker Bedah 3 Ply

Jenis Masker Masker Bedah 3 Ply

Surgical mask atau sering orang sebut sebagai masker medis dan bedah ini sering kali Anda temui petugas medis yang menggunakan. Akan tetapi, sekarang masyarakat biasa juga bisa menggunakannya. Jenis satu ini sering orang gunakan pada aktivitas operasi.

Penggunaannya memang efektif untuk mencegah serta meminimalisir penyebaran bakteri akibat percikan air lendir dan liur ketika menjalankan aktivitas operasi. Masker bedah biasanya memiliki lapisan sampai 3. Desain ini jelas agar pengguna benar benar steril dari bakteri.

2. Masker N95

Masker N95

Berikutnya ada varian masker N95 yang teruji secara klinis mampu menyaring kemungkinan virus masuk ke hidung sehingga pernapasan tetap aman. Nama 95 sendiri berasal dari kemampuan masker ini yang terbukti mampu menyaring kuman hingga 95 persen keakuratannya.

Bahkan masker anti virus ini mampu mencegah penggunaannya dari PM partikel berukuran 2.5 mikrometer sekalipun. Salah satu partikel yang kerap kali berada di udara ini sering menimbulkan masalah pada pembuluh darah arteri dan paru paru. Varian masker ini tentu jadi solusi terbaik.

3. Masker N99

masker n99

Memiliki nama yang sama dengan varian sebelumnya namun berbeda dari sisi angka, ternyata fungsi dari N99 cukup mirip dengan N95. Akan tetapi varian ini lebih canggih karena kemampuan menyaring partikel PM 2.5 nya sudah mencapai angka 99%.

Menariknya lagi masker N99 hadir dengan dua buah katup untuk melancarkan sirkulasi udara sehingga berlangsung lebih baik. Kebanyakan pengguna masker ini memang para pekerja medis dan pasien yang ada di rumah sakit. Tentunya masker ini efektif untuk menangkal virus Flu dan sejenisnya.

4. Jenis Masker N100

Masker N100

Varian masker model N paling canggih adalah N100. Jenis satu ini secara mengejutkan berhasil menyaring partikel PM 2.5 sampai dengan 99.97%. Partikel seperti ini memang tak kasat mata akan tetapi sangat berbahaya. Masker N100 secara efektif dapat melindungi penggunaannya.

Masker Jenis N memang terkenal hanya melindungi penggunanya dari bakteri atau partikel non minyak. Misalnya partikel seperti debu atau lainnya. Partikel seperti ini serin orang temukan di area udara sekitar perkantoran yang memang memiliki aktivitas sangat padat.

5. Masker R95

Masker R95

Berikutnya ada jenis masker Bernama R95. Varian masker satu ini mampu memberikan perlindungan kepada penggunaannya dari berbagai vertikal minyak dan non minyak karena bahannya terbuat dari ketahanan sangat kuat.

Kebanyakan pengguna dari masker ini dari semua kalangan baik pekerja medis maupun orang biasa. Masker R95 juga cukup efektif dan efisien melindungi penggunaannya dari bahaya polusi dengan kemampuan penyaringan partikel jahat sebesar 95%.

6. Masker R99

Polutan yang memiliki bahan dasar minyak umumnya sulit Anda temukan di sekitar lingkungan sehari hari. Akan tetapi polutan ini secara efektif dan mempengaruhi pernapasan seseorang dan tidak jarang menyerang sistem pernapasan seseorang.

Masker R99 sendiri memiliki kemampuan hampir sama dengan R95 akan tetapi mendapatkan peningkatan kemampuan dari segi penyaringan. Kemampuannya menyaring polutan berbahaya ini mencapai angka 95%.

7. Jenis Masker R100

Model masker R100 menjadi yang paling tinggi levelnya pada varian R. Masker varian ini menawarkan perlindungan sempurna karena dapat menangkan hampir 100% berbagai partikel berbahaya yang sering muncul dan menyerang seseorang lewat udara.

Masker R100 juga melengkapi dirinya dengan fitur anti-mikroba, akan tetapi pengguna tetap dapat bernafas secara nyaman, hangat karena bentuknya seperti sarang. Saat menggunakan masker ini alangkah baiknya mengganti setiap 8 jam sekali agar tidak kotor.

 Demikian pembahasan tentang 7 jenis masker yang cocok digunakan untuk antisipasi Covid-19. Jika anda tertarik membeli masker, silakan kunjungi daftar masker terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply