Aksesoris Gadget & Komputer

7 Jenis RAM Berdasarkan Karakteristiknya

Random Access Memory atau sering orang kenal dengan RAM jadi salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat laptop maupun komputer. Alat berbentuk tipis dan kecil ini memiliki fungsi untuk menyimpan data semetara saat perangkat komputer dalam keadaan hidup. Sejauh ini telah lahir cukup banyak jenis-jenis RAM yang orang gunakan.

Sejauh ini telah banyak jenis RAM yang sudah produsen buat untuk melengkapi komponen dan membantu kinerja komputer maupun laptop. Setiap tipenya memiliki kemampuan dan fungsinya masing masing. Berikut beberapa jenis RAM perlu Anda ketahui :

Jenis DRAM

Jenis RAM DRAM

DRAM atau Dynamic Random Access Memory jadi salah satu tipe RAM yang orang gunakan untuk data atau kode program dalam menyuplai kinerja prosesor komputer. DRAM memiliki kemampuan menyimpan setiap bit data dalam sel penyimpanan.

Kapasitas penyimpanan terdiri dari kapasitor dan transistor. Keunggulan dari DRAM ini mampu merancang kode atau data bus secara sederhana dengan kecepatan membaca data mencapai 4.7 Mhz sampai dengan 40 Mhz.

Jenis EDO RAM

EDORAM

EDO atau Extended Data Output ram merupakan jenis chip yang mampu mengoptimalkan waktu membaca memori pada prosesor komputer seperti Intel pentium. Kecepatan membacanya bisa mencapai 66 Mhz.

Ram jenis ini mulai orang gunakan dari tahun 1994. Di zaman itu penggunaan EDORAM sangat popular dan telah banyak membantu berbagai jenis komputer dalam mengerjakan berbagai aktivitas komputasi secara cepat dan baik.

Jenis FPM DRAM

FPM DRAM

FPM atau Fast Page Mode RAM merupakan sebuah memori dengan konsep dinamis. Kemampuannya dalam mengakses sebuah halaman secara cepat dapat memberikan kepastian kinerja pada prosesor komputer berjalan maksimal.

Saat ini cukup banyak jenis dan tipe komputer yang menggunakan jenis ram ini. FPM DRAM punya cara kerja mengakses sebuah barisan memori tanpa harus membuat perulangan Kembali pada barisan tersebut, sehingga aktivitas processor komputer menjadi lebih efektif.

Jenis Flash RAM

Flash RAM

Flash RAM merupakan jenis ram yang berperan sebagai media penyimpanan non volatil. Maksudnya adalah memori yang datanya dapat secara cepat melakukan aktivitas menulis dan menghapus. Hasil dari kondisi ini tidak membuat datanya hilang walaupun tidak memiliki daya. Informasi baris akan tersimpan secara rapi. Jadi Anda tidak akan kerepotan untuk mengakses sebuah data atau informasi

Cara kerja memori flash hampir mirip dengan SSD daripada RaM lainya. Memori flash seringkali orang gunakan untuk beberapa komputer yang sering menggunakan USB Flash Drive dan juga printer di setiap aktivitas komputasinya. Kecepatan membaca dari jeni RAM satu ini cukup mumpuni.

Jenis SDR SDRAM

SDRAM

SDR SDRAM merupakan modifikasi dari jenis sebelumnya. SDR atau single data rate menunjukan bila memeri ini mampu memproses instruksi dengan dua aktivitas seperti melakukan pembacaan dan penulisan per siklus coding. RAM tipe ini juga sangat ampuh dalam melakukan berbagai hal

SDR SDRAM cukup banyak orang minati, kemampuannya dalam memberikan kinerja sebuah komputer menjadi lebih cepat dua kali lipat membuatnya banyak orang memanfaatkan. Produk komputer dengan spesifikasi memerlukan tenaga dari SDR SDRAM. Selain itu terdapat juga beberapa perangkat lunak seperti counsel video game yang menggunakan elemen ini.

Jenis DDR SDRAM

DDR RAM

Kebanyakan komputer modern menggunakan tipe DDR atau double date Rate SDRAM. Sesuai namanya, RAM jenis ini punya kemampuan pembacaan dua kali lipat dari Jenis lainnya. Tidak heran bila cukup banyak orang yang mempercayakan kinerja komputernya menggunakan RAM satu ini.

Dalam perkembanganya, jenis ram satu ini hadir dengan berbagai opsi mulai dari DDR2, DDR 3, DDR 4, sampai dengan 5 yang paling terbaru. Kebutuhan akan kinerja yang cepat pada komputer jenis terbaru membuat DDR SDRAM sangat banyak orang gunakan untuk saat ini.

Jenis GDDR SDRAM

GDDR RAM

GDDR SDRAM, merupakan jenis RAM dengan kemampuan khusus. Umumnya beberapa komputer yang punya fungsi khusus seperti desain grafis video maupun gambar sangat membutuhkan jenis RAM satu ini.

Keunggulan dari GDDR RAM ini bisa secara efektif mengeluarkan lebih sedikit rasa panas. Sehingga proses pembacaan memori pada sebuah komputer dapat berjalan lebih cepat, lantaran hawa panas komponen lain bisa ternetralisir berkat kehadiran GDDR RAM.

Demikian pembahasan tentang RAM beserta karakteristiknya. Silakan kunjungi daftar harga RAM di Bhinneka untuk cek info harga terbaru dan spesifikasinya.

Leave a Reply