Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Jenis-Jenis Tinta Printer Epson dan Karakteristiknya

Dalam beberapa tahun terakhir printer Epson termasuk salah satu perangkat yang banyak orang gunakan khususnya di dunia perkantoran. Mengisi tinta printer ini sudah menjadi salah satu kegiatan rutin bagi para pekerja. Namun perlu Anda perhatikan terdapat beberapa Jenis Tinta Printer Epson yang harus dipahami agar tidak salah pilih.

Implementasi tinta dari printer sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Varian dari tinta ini menyesuaikan dengan kebutuhan cetak dari para pengguna sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Berikut adalah Jenis jenis dari Tinta pada printer.

Jenis Tinta Printer Epson

1. Tinta Printer Art Paper Ink

Tinta Art paper Ink sendiri sebenarnya masuk ke dalam kategori Tinta Printer Pigment Durabrite. Tinta ini memiliki kualitas tinggi yang bisa mencetak dokumen dalam berbagai bentuk. Hasilnya tajam, pekat dan terbilang tahan air, sangat cocok untuk kerta HVS, INkjet Paper, sampai dengan Photo Paper.

Tinta Printer Art paper Ink juga menjadi jenis tinta yang sangat cocok untuk kebutuhan percetakan baik berskala kecil maupun besar. Untuk mencetak dokumen full color dengan menggunakan tinta ini sangat rekomendasi memakai kerta Art paper ivory. Dalam penerapannya tinta Art Ink ada yang masuk kategori paper Korea dan China.

Untuk Tinta Art Ink Paper Korea biasanya sangat pas dalam proses percetakan berdurasi jangka Panjang sehingga lokasi peletakannya bisa outdoor maupun indoor. Sementara untuk Tinta Art Ink Paper Cina hampir sama namun ada perbedaan dari sisi hasil di mana paper China lebih natural warnanya serta tahan terhadap sinar matahari.

2. Tinta Solvent dan Eco Solvent

Selanjutnya ada jenis tinta Solvent yang juga memiliki kualitas sangat baik. Tinta satu ini tahan air dan sinar matahari sehingga bisa bertahan lama. Akan tetapi kekurangan dari jenis tint aini adalah mempunyai bau sangat menyengat. Untuk penerapannya sendiri sering orang gunakan dalam percetakan banner, neon box, billboard, sampai dengan spanduk.

Selain tinta solvent, ada juga jenis tinta Eco Solvent. Ini merupakan jenis tinta solvent tanpa bau menyengat. Tinta Eco Solvent ini menawarkan karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan tinta solvent biasa. Penggunaannya juga hampir sama namun sering orang gunakan untuk kebutuhan percetakan indoor.

3. Tinta Printer Dye Base

Tinta Printer Dye base menjadi jenis yang berbahan dasar air dan colourant. Komposisi ini membuatnya isa mengendap pada printhead cartridge. Umumnya orang menggunakan jenis tint aini untuk mencetak dokumen pada kertas Glossy paper, canvas, PVC Card, dan Inkjet paper. Akan tetapi tint aini tidak bisa digunakan untuk cetak art paper seperti kalender atau brosur.

4. Tinta Sublimation Ink

Tinta sublimation ink memiliki sifat tahan air dan degradasi warna yang begitu kuat. Kemampuannya ini membuat banyak orang memanfaatkan tint aini untuk kebutuhan seperti mencetak sablonan di kaos, topi, mug, sampai dengan pin.

Tinta sublime dengan kemampuannya yang kuat terhadap air sangat efektif menempel pada bahan bahan tadi. Menariknya tint aini juga sangat efisien dan ekonomis untuk hasil sablon yang langsung tercetak. Metode transfer sering orang gunakan dalam menerapkan cetakan dari tinta ini.

5. Jenis Tinta Textile DTG

Selanjutnya ada jenis Tinta Textile DTG yang sangat ramah terhadap Head Printer bertipe DTG. Biasanya printer seperti Epson menggunakan head yang sangat cocok untuk jenis tinta DTG. Hasil cetakan dari tint aini juga sangat cerah, halus, tajam, dan tahan luntur. Selain mencetak untuk kebutuhan dokumen, tint aini juga cocok untuk semua jenis kain garment seperti cotton combed atau pun baju.

Tips Memilih Tinta Printer Epson Berkualitas

Sebagai pengguna printer Epson terdapat beberapa hal penting harus Anda perhatikan sebelum memilih tinta printernya. Untuk menjaga kestabilan dan performa printer Epson, pengguna harus memilih printer dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa poin penting perlu diperhatikan saat memilih tinta printer Epson berkualitas

  • Mengecek Tingkat Keasaman Tinta agar Seimbang
  • Memperhatikan bahan dasar pembuatan tinta
  • Menghindari bahan yang beralkohol
  • Mencari tahu hasil cetakan gambar dari jenis tinta
  • Mengecek serta memeriksa harga secara jeli
  • Memilih tipe tinta sesuai dengan model printer dan serinya

Butuh Pengadaan Tinta Printer? Bhinneka adalah Solusinya

Anda butuh pengadaan Tinta Printer untuk kantor atau Bisnis Anda? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

 

Leave a Reply