Review Produk Router & Networking

Router Mikrotik RB750Gr3: Review Spek Dan Keunggulan

Untuk membangun sebuah jaringan dan membagikannya secara stabil membutuhkan beberapa perangkat salah satunya adalah Router Mikrotik. Review Router Mikrotik RB750Gr3 ini akan menjelaskan seberapa penting alat ini dan perannya dalam menstabilkan jaringan internet.

Mikrotik RB750Gr3 merupakan perangkat jaringan network device yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Mikrotik. Desain dari produk ini sangat compact dan juga bisa membantu dalam membangun jaringan internet pribadi atau hotspot.

Tabel Spek Mikrotik RB750Gr3

Saat ini mikrotik RB750Gr3 cukup populer dan bisa memenuhi kebutuhan jaringan rumah maupun kantor berskala kecil. Prosesornya juga sudah memadai serta port Gigabit terbilang mumpuni. Untuk spesifikasi umumnya sebagai berikut.

CPU MT7621A 2 Core 4 thr 880 Mhz
Main Storage 16MB
RAM 256MB
LAN Port 5
Operating Frequency 880 MHz
Dimensi 113 x 89 x 28 mm
Operation System RouterOS
Daya 10 W

Berdasarkan spesifikasi di atas, Mikrotik RB750GR3 sudah memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Perangkat router satu ini sudah cukup untuk membangun jaringan berskala kecil dan sebagai bahan praktik dalam pengembangan jaringan di dunia Pendidikan.

Keunggulan Mikrotik RB750GR3

Router menjadi salah satu perangkat penting pada saat ingin membangun jaringan dan membagikannya secara merata di sebuah ruangan. Mikrotik RB750GR3 hadir dengan banyak kemampuan luar biasa. Berikut adalah keunggulan dari Mikrotik RB750GR3.

Mikrotik RB750Gr3

1. Harga yang Terjangkau

Ketika ingin membeli router di pasaran baik online maupun offline, Anda akan mendapatkan banyak sekali model sekaligus varian harganya. Apabila ingin mencari router mikrotik dengan harga terjangkau maka RB750GR3 menjadi pilihan terbaik.

Router satu ini cukup murah dan sangat terjangkau sehingga pengguna berskala kecil bisa perangkat ini penuhi. Misalnya Anda membutuhkan router untuk penggunaan di rumah atau kantor kecil, RB75GR3 bisa memenuhi kebutuhan ini.

2. Fitur yang Terbilang Lengkap

Berbicara soal fitur perangkat satu ini terbilang lengkap dan memadai. Pengguna bisa memakai router RB750Gr3 secara maksimal. Dalam mengatur jaringan interface dan fitur yang tersedia pada perangkat ini seperti pengaturan jaringan, Firewall, sampai dengan Qos atau Quality of Service sudah ada.

Kehadiran berbagai fitur dengan harga terjangkau ini membuat mikrotik RB750Gr3 sangat layak untuk Anda gunakan. Sementara untuk Virtual Private network atau fitur VPN juga sudah tersedia. Komposisi fitur ini membuat pengaturan jaringan menjadi lebih mudah.

3. Ethernet yang Mencukupi Kebutuhan

Perangkat satu ini menyediakan 5 Port Gigabit Ethernet Router yang menawarkan lokasi di mana konektivitas nirkabel tidak diperlukan. Kehadiran port sebanyak 5 buah ini terbilang sangat cukup untuk kebutuhan jaringan berskala kecil.

Menariknya lagi Mikrotik RB750Gr3 sudah dilengkapi dengan PoE atau Power-Over-Ethernet. Fungsi dari teknologi ini memudahkan pengguna pada port ethernet sehingga proses instalasi serta penerapannya menjadi lebih mudah bagi pengguna.

4. Bentuknya Kecil

Mikrotik RB750Gr3 menawarkan desain yang sangat simple serta minimalis. Ukurannya kecil sehingga dapat Anda gunakan dengan mudah. Sementara CPU sudah berkapasitas dual code dengan nilai 880MHz. Performannya semakin baik dengan bantuan RAM sebesar 256MB.

Proses pemasangan dan penerapan untuk kebutuhan jaringan di rumah dan kantor kecil sangat cocok menggunakan router ini. Menariknya lagi RB750 sudah memiliki Port USB dengan ukuran penuh sehingga bisa Anda memaksimalkan kinerjanya.

Kekurangan Mikrotik RB750GR3

Apabila Anda ingin menggunakan perangkat router RB750GR3 terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini cukup krusial agar bisa memaksimalkan penggunaannya, berikut hal penting harus pengguna perhatikan sebelum menggunakan router satu ini.

1. Dokumentasi yang Kurang Serta Fitur Wi-Fi Belum Tersedia

Ketika menggunakan perangkat ini mungkin beberapa pengguna akan mengalami kesulitan soal referensi dokumentasi. Untuk mendapatkan informasi dan memahami produk RB750GR3 dokumentasinya masih sedikit.

Kemudian soal jaringan nirkabel juga perlu Anda perhatikan. Perangkat ini memang menawarkan Port Gigabit Ethernet, akan tetapi membangun jaringan nirkabel atau format WiFi Wireless belum tersedia. Untuk membuatnya menjadi jaringan nirkabel pengguna membutuhkan perangkat tambahan.

2. Penggunaan dan Stok Barang Terbatas

Berbicara soal penggunaan misalnya QoS atau Quality of Service, mikrotik satu ini masih perlu beberapa pengetahuan tambahan. Apabila belum begitu paham penggunaan fitur QoSnya bisa tidak maksimal untuk itu penting mempelajari tentang jaringan secara mendalam.

Ketersediaan dari Mikrotik RB750 ini juga terbilang terbatas di beberapa daerah. Terdapat beberapa wilayah yang memang tidak menyetok barang ini terlalu banyak sehingga ketika mencarinya susah susah gampang.

Butuh Pengadaan Router? Bhinneka adalah Solusinya

Anda butuh pengadaan Router untuk kantor atau Bisnis Anda? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman harga router terbaru atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply