kulkas kecil
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Kelebihan & Kekurangan Membeli Kulkas Kecil atau Kulkas Mini

Kulkas kecil atau kulkas berukuran mini mungkin merupakan kulkas yang jarang ditemui. Berbeda dengan kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu maupun kulkas side by side yang banyak ditemui atau digunakan dalam rumah tangga.

Kulkas kecil atau mini ini umumnya digunakan dan dapat ditemui di hotel, rumah sakit atau digunakan oleh orang – orang yang tinggal di dalam kos-kosan. Ukuran kulkas yang ringkas memungkinkan Anda tetap menyimpan dan menjaga makanan dan minuman tetap dingin tanpa harus mengorbankan banyak area ruangan untuk kulkas.

Namun, kulkas mini ini memiliki sejumlah kelebihan maupun kekurangan bila dibandingkan dengan kulkas berukuran standar pada umumnya. Hal ini perlu menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya dan sesuaikan dengan keperluan atau tujuan Anda membeli kulkas. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan dari membeli kulkas berukuran mini.

Kelebihan Kulkas Kecil

Ringkas dan Portabel

Salah satu poin keunggulan yang terlihat jelas. Ukuran dari kulkas mini yang ringkas dan portabel memungkinkan Anda meletakkan kulkas jenis ini diatas meja, rak atau menaruhnya di pojok ruangan. Kulkas jenis ini cocok untuk ditaruh di kamar tidur, kamar kosan yang berukuran kecil, hingga hotel dan rumah sakit.

Kulkas ini juga mudah dipindahkan karena ukurannya yang kecil dan dapat diangkat untuk dipindahkan atau dibawa berpergian.

kulkas-mini

Harga yang Tidak Mahal

Berbicara mengenai harga, kulkas mini juga unggul dibandingkan dengan kulkas berukuran standar. Dengan ukurannya yang mini, harga dari kulkas ini juga jauh lebih murah. Cocok untuk Anda yang mencari kulkas dengan harga tidak mahal dan tidak menyimpan banyak makanan / minuman di dalam kulkas.

Kompresor Kulkas yang Lebih Sunyi

Bila Anda memperhatikan kulkas yang berada dalam kamar hotel, Anda tentu menyadari bahwa kulkas tersebut tidak berisik atau lebih sunyi dibandingkan dengan kulkas Anda di rumah. Kulkas yang berukuran mini ini memang memiliki bunyi yang lebih senyap atau sama sekali tidak mengeluarkan suara.

Lebih Hemat Listrik

Ukuran kulkas yang jauh lebih kecil tentu membuat kulkas ini tidak membutuhkan banyak daya untuk mendinginkan bagian dalam kulkas. Efeknya adalah lebih sedikit daya yang dibutuhkan, membuat Anda dapat menghemat listrik dan juga tagihan listrik bulanan.

Kekurangan Kulkas Kecil

Kapasitas Penyimpanan Kulkas Kecil Terbatas

Ukuran yang mini, ringkas tentu berakibat pada berkurangnya kapasitas penyimpanan dari kulkas ini. Umumnya kulkas mini tidak memiliki sekat dan rak seperti halnya pada kulkas ukuran standar. Anda hanya dapat menyimpan makanan dan minuman secara terbatas pada bagian dalam kulkas.

kulkas kecil

Pendinginan yang Tidak Efektif Dalam Kondisi Tertentu

Sama halnya dengan kulkas ukuran standar. Jika diisi terlalu penuh atau banyak, maka suhu bagian dalam kulkas tidak dapat dingin dengan optimal. Begitu pula pada kulkas mini.

Ukurannya yang kecil membuat Anda harus berhati – hati dalam menyimpan makanan atau minuman. Jika terlalu penuh, maka kulkas tidak dapat mendinginkan secara optimal.

Tidak Banyak Pilihan

Kulkas mini umumnya tidak banyak menawarkan pilihan model atau bentuk. Kulkas mini memiliki desain sederhana dan pada bagian dalam juga tidak memiliki banyak sekat rak atau slot untuk menyimpan makanan dan minuman

kulkas portable

Kulkas Kecil Jarang Disertai dengan Freezer

Tidak banyak kulkas kecil yang dilengkapi dengan freezer. Umumnya kulkas mini hanya berfungsi untuk mendinginkan saja. Sehingga jika Anda perlu membuat es atau membekukan makanan, tidak dapat dilakukan dengan kulkas mini.

Ukuran Suhu yang Lebih Tinggi dari Kulkas Standar

Meski dapat berfungsi untuk mendinginkan makanan dan minuman, umumnya kulkas berukuran mini memiliki rentang temperatur atau pendinginan yang lebih tinggi beberapa derajat dibandingkan kulkas ukuran standar.

Akibatnya adalah makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya akan lebih lama dingin atau tidak bisa sedingin apabila disimpan pada kulkas standar.

Leave a Reply