Pengertian Manajemen SDM
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian Manajemen SDM: Tujuan, Manfaat, dan Tugasnya

Mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) di dalam perusahaan memang tidak mudah. Oleh karena itu, kita butuh menjalankan Manajemen SDM yang baik di perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki Bagian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang bertanggung jawab mengelola berbagai kebutuhan berkaitan dengan sumber daya manusia.

Manajemen SDM umumnya disebut dengan istilah HRM (Human Resource Management). Divisi HR di perusahaan bertanggung-jawab mengurus kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia, mulai dari: Perekrutan, pelatihan, pengembangan karir, mengurus legalitas, sampai kesejahteraan karyawan.

Perusahaan membutuhkan banyak Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi tepat untuk mengerjakan tugasnya. Oleh sebab itu, Manajemen Sumber Daya Manusia adalah hal penting yang perlu dilaksanakan dengan baik supaya target perusahaan bisa tercapai.

Supaya lebih memahami Manajemen SDM dengan baik, berikut ini penjelasan tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan tugas-tugas Manajemen Sumber Daya Manusia dalam perusahaan.

Apa itu Manajemen SDM ?

Manajemen SDM adalah

Menurut Flippo (1976), pengertian Manajemen SDM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam merekrut, mengembangkan, memberi kompensasi, integrasi, dan memelihara orang-orang yang tujuannya untuk berkontribusi mencapai tujuan organisasi, individu, dan sosial. Akan tetapi, pengertian dari Flippo menggabungkan pengertian manajemen sumber daya manusia dengan manajemen personalia.

Sedangkan, menurut Mondy dan Noe pengertian Manajemen SDM adalah pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan perusahaan. Kemudian menurut Cascio berpendapat bahwa setiap manajer bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia dan harus memperhatikan berbagai hal, seperti: pengangkatan, mempertahankan, mengembangkan, dan menjaga karyawan tertib dalam rangka meningkatkan performa perusahaan.

Kesimpulannya, Manajemen SDM adalah usaha perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang merupakan aset berharga di perusahaan. Sumber daya manusia yang dikelola secara individu atau tim berkontribusi untuk mencapai visi misi perusahaan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan utama Manajemen SDM adalah menjamin sumber daya manusia di perusahaan punya kompetensi yang cukup untuk berkontribusi mencapai tujuan. Manajemen SDM membuat pengelolaan sumber daya manusia bisa lebih efektif dan efisien. Di bawah ini beberapa tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia yang lebih lengkap:

  • Mencari Sumber Daya Manusia yang cocok untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
  • Mengembangkan sistem kerja supaya bisa mencapai tujuan perusahaan lebih efektif
  • Memastikan iklim kerja kondusif yang memberi kesempatan sama untuk semua orang
  • Mendukung perkembangan individu setiap talent berjalan dengan baik
  • Memastikan hak dan tanggung jawab karyawan dipenuhi supaya tidak ada yang dirugikan
  • Menjadikan karyawan sebagai stakeholder penting dalam perusahaan.

Manfaat Manajemen SDM untuk Perusahaan

Perusahaan mendapat banyak manfaat jika melaksanakan Manajemen SDM dengan benar. Berikut ini beberapa manfaat Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan dan karyawan:

  • Memaksimalkan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki perusahaan
  • Meningkatkan produktivitas karyawan
  • Meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan kerja karyawan
  • Membangun image perusahaan yang sempurna untuk jadi tempat berkarir
  • Memastikan setiap divisi memiliki karyawan yang kompeten di bidangnya
  • Membantu manajemen merencanakan sumber daya manusia di masa depan
  • Mencapai tata kelola perusahaan yang baik dengan mengelola ketenagakerjaan dengan baik.

Siapa yang Bertugas Menjalankan Manajemen SDM ?

Pengertian Manajemen SDM

Karena kebanyakan pekerjaan Manajemen SDM berkaitan dengan Sumber Daya Manusia atau karyawan. Maka tim yang pantas untuk menjalankan Manajemen SDM adalah tim HR atau SDM. Ini juga berkaitan dengan fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia mencakup perencanaan, rekrutmen, dan seleksi karyawan.

Manajer HR atau SDM di perusahaan bertanggung jawab mengantisipasi berbagai kebutuhan karyawan. Dalam mengelola Manajemen SDM yang baik, manajer HR dan timnya melibatkan divisi lain supaya terlibat dalam menyusun spesifikasi dan membuat deskripsi pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Tugas-Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada beberapa tugas yang bisa dikerjakan tim HR untuk memaksimalkan Manajemen SDM di perusahaan, yaitu:

1. Perencanaan dan Rekrutmen Karyawan

Tugas pertama yang harus dikerjakan oleh tim HR untuk mengoptimalkan Manajemen SDM adalah mengkaji dan mengamati kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan. HR bekerjasama dengan kepala setiap divisi untuk memastikan jumlah karyawan dan kompetensi apa saja yang dibutuhkan. Kemudian setelah itu, membagi tugas berdasarkan level karyawan, membuat detil job description, sampai melakukan rekrutmen.

Tujuan Manajemen SDM

Manajemen SDM adalah pihak yang bertanggung jawab untuk proses rekrutmen. Tim HR membuat perencanaan rekrutmen, memilih kandidat, mempekerjakan, sampai nanti di masa akhir mengurusi karyawan yang resign atau masuk usia pensiun. Tim HR bekerja dengan mematuhi peraturan undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

2. Pengupahan dan Keselamatan Kerja

Tugas Manajemen SDM berikut ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bekerja bagi karyawan. Tim HR merencanakan, menghitung, membayar upah, dan menangani komplain terkait upah (gaji). Tim HR juga mengacu pada undang-undang dalam menghitung nominal dan komposisi gaji. Manajemen Sumber Daya Manusia juga bertugas membuat kontrak, memantau jam kerja karyawan, menghitung tunjangan, pemberian insentif, dan lain sebagainya.

Manajemen Sumber Daya Manusia bertugas menjamin keselamatan dan kesejahteraan pekerja. Tujuannya agar karyawan merasa aman dan nyaman saat bekerja. Tim HR merancang penanganan risiko kerja, pemberian motivasi kerja, menangani konflik, dan keselamatan kerja hingga karyawan sampai di rumah. Jadi, selain mendapat gaji cukup, karyawan merasa senang bekerja setiap hari.

3. Memberi Pelatihan dan Pengembangan Karir

Tugas Manajemen SDM selanjutnya adalah memberikan pelatihan supaya keahlian karyawan semakin meningkat. Karyawan yang ahli dapat bekerja lebih baik sehingga tujuan perusahaan tercapai dengan baik. Karena karyawan adalah aset penting, perusahaan harus memperlakukan mereka sebagai investasi yang dapat memberi revenue lebih banyak.

Karyawan yang mendapat pelatihan sebaiknya diberi kesempatan untuk naik jabatan. Tujuannya agar keahlian yang dimiliki bisa memberi kontribusi lebih besar ke perusahaan. Posisi yang lama bisa digantikan oleh karyawan yang baru supaya ada proses transfer ilmu yang berjalan di tim. Sehingga ada proses regenerasi dalam perusahaan yang membuat bisnis bertahan lama.

4. Mengelola Hubungan Kerja dengan Karyawan

Selama karyawan bekerja, Manajemen Sumber Daya Manusia jadi jembatan untuk membangun relasi yang baik ke perusahaan. Tim bekerja memastikan perusahaan menghormati hak karyawan, membuat prosedur yang jelas untuk menampung dan menjawab keluhan karyawan, sampai memastikan karyawan mengerti apa saja yang jadi tujuan akhir perusahaan. Dengan begitu, terjadi kepahaman yang sama antar pemberi kerja dan pekerja.

Manajemen SDM adalah proses merencanakan, pengorganisasian, pengembangan, dan pemeliharaan kompetensi karyawan supaya dapat mencapai tujuan bersama. Fungsi ini dijalankan oleh tim HR atau SDM dan dikepalai oleh Manajer HR. Dalam prakteknya, tim HR mengajak semua kepala departemen untuk menyusun dan mengelola karyawan. Temukan produk solusi HR terbaik di Bhinneka untuk bantu Anda kelola banyak karyawan dengan mudah dan efisen.

Leave a Reply