Manfaat grounding
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

4 Manfaat Grounding pada Mesin Digital Printing

Manfaat Grounding pada alat digital printing atau mesin yang berhubungan dengan listrik adalah mengurangi risiko kerusakan dan meningkatkan keamanan. Grounding adalah jalur kabel listrik pada sebuah alat yang ditanam ke dalam tanah. Kenapa ditanam ke tanah ? Penyebabnya karena tanah adalah elemen yang dapat menetralkan muatan listrik dari permukaan.

Sebagai pemilik usaha Digital Printing, Anda pasti selalu berurusan dengan mesin digital printing yang sensitif pada fluktuasi tegangan listrik. Oleh karena itu, Anda harus memahami apa pentingnya Grounding untuk mencegah kerusakan pada peralatan akibat gangguan listrik. Grounding akan mengalirkan kelebihan listrik ke tanah sehingga operator mesin digital printing Anda tetap aman dari sengatan listrik.

Fungsi Grounding untuk Peralatan Listrik

Fungsi Grounding pada peralatan listrik adalah untuk melindungi mesin dan karyawan yang mengoperasikannya. Berikut ini beberapa fungsi penting Grounding:

  • Grounding berfungsi menghantarkan listrik ke bumi saat terjadi kebocoran listrik akibat korsleting
  • Kabel Grounding pada alat elektronik mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian listrik bocor
  • Sistem Grounding juga digunakan pada penangkal petir untuk mengalirkan arus listrik besar ke tanah
  • Minimalisir kerusakan pada alat digital printing yang sensitif pada fluktuasi tegangan listrik
  • Menetralisir noise akibat rangkaian listrik yang tidak sesuai standar.

Manfaat Grounding untuk Mesin Digital Printing

Biaya investasi yang Anda keluarkan untuk membeli mesin digital printing tentu sangat besar. Untuk menjaga alat Anda dapat bekerja dengan baik dan tahan lama, Anda harus memahami apa saja manfaat Grounding untuk bisnis digital printing:

1. Mencegah Kerusakan Peralatan Digital Printing

Fungsi utama Grounding pada peralatan digital printing adalah menetralkan perangkat listrik dari kebocoran listrik dan menghilangkan induksi listrik yang muncul pada perangkat elektronik, terutama pada perangkat elektronik yang sangat sensitif terhadap induksi. Tanpa ini, peralatan digital printing Anda yang mahal bisa lebih rentan terhadap kebocoran listrik yang merusak komponen elektronik di dalamnya.

Pentingnya Grounding untuk digital printing

Saat ada korsleting, arus listrik yang bocor bisa dibuang ke tanah, bukannya ke komponen listrik lain atau operator cetak. Grounding juga bisa membantu deteksi arus berlebih yang tidak normal. Sistem proteksi arus bocor melalui tanah (Ground Fault Circuit Interrupters) dapat mendeteksi perbedaan kabel listrik dan tanah. Jika ada kebocoran arus listrik, peralatan digital printing akan dimatikan secara otomatis.

2. Manfaat Grounding untuk Jaga Kualitas Cetak

Berbeda dengan mesin printing konvensional, mesin digital printing saat ini pada dasarnya adalah sebuah mesin yang mengolah sinyal listrik berbentuk data digital. Sinyal listrik tersebut diolah secara digital sehingga akhirnya menghasilkan output sesuai yang diinginkan, dalam hal ini kualitas hasil cetak.

Dengan Grounding yang baik maka sesuai fungsinya akan menjaga sinyal listrik dari kebocoran listrik sehingga data digital dapat diproses dengan sempurna untuk menjamin hasil cetak yang stabil. Peralatan digital printing Anda bisa bekerja secara efisien dan menghasilkan hasil cetak konsisten dalam waktu panjang.

3. Menjaga Keamanan Operator Mesin Cetak

Grounding membantu tingkat tegangan terhadap tanah tetap aman dan stabil. Dengan cara ini, potensial ground setiap peralatan selalu sama sehingga mencegah perbedaan tegangan yang dapat menciptakan risiko kejutan listrik bagi operator mesin cetak. Tanpa Grounding, operator mesin cetak bisa tersengat listrik atau kejutan listrik saat menyentuh peralatan digital printing yang mengalami gangguan listrik.

Manfaat grounding

Grounding memastikan potensial ground peralatan digital printing tetap dalam batas aman. Hal ini menghindari potensial perbedaan tegangan yang menyebabkan arus listrik mengalir ke tubuh manusia. Jika tanpa grounding, listrik akan menghasilkan kejutan yang mengakibatkan cedera serius.

4. Manfaat Grounding untuk Kepatuhan Standar Keselamatan

Grounding sesuai dengan standar keselamatan industri. Sistem keamanan ini memastikan peralatan digital printing dapat memenuhi kepatuhan standar keselamatan yang ditetapkan. Pemenuhan pedoman keselamatan kerja ini sangat penting untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan memastikan keamanan karyawan Anda sesuai regulasi keamanan yang berlaku.

Simbol Grounding
Simbol Grounding untuk menunjukan terminal ground sesuai IEC 60417.

Cara Pemasangan Grounding yang Benar

Grounding tidak boleh dilakukan sembarangan. Instalasi sistem ini harus dilakukan secara serius. Anda harus bisa mencari titik penanaman kabel grounding yang paling tepat supaya kinerjanya lebih maksimal. Selanjutnya, kabel harus dipasang dengan sistem paralel supaya lebih aman. Berikut ini ada beberapa langkah umum saat melakukan Grounding dengan benar:

  • Pahami standar keselamatan, seperti kode listrik setempat dan pedoman keselamatan kerja
  • Pilih lokasi Grounding yang tepat dan menggunakan bahan yang sesuai
  • Pertimbangkan faktor lain seperti konduktivitas tanah dan kebutuhan arus grounding
  • Pastikan semua peralatan listrik terhubung ke tanah
  • Pastikan koneksi Grounding menggunakan pengunci atau baut yang aman
  • Pastikan kontak elektrik tidak mudah terputus
  • Pertimbangkan penggunaan alat pelindung GFCI (Ground Fault Circuit Interrupters)
  • Lakukan pengujian berkala untuk memastikan grounding tetap berfungsi dengan baik
  • Simpan dokumentasi sistem Grounding untuk perawatan dan pemeliharaan di kemudian hari.

Grounding yang ideal adalah memiliki nilai sebesar 0.0V (nol) dan nilai maksimum 0.5V. Cara mengukur nilai grounding yang benar adalah dengan mengukur beda potensial antara terminal ground dan terminal netral pada sumber listrik. Untuk mendapatkan nilai Grounding yang ideal dengan menggunakan grounding konvensional (kabel tanam) sangatlah sulit.

Namun dengan berkembangnya teknologi kelistrikan, saat ini sudah ada satu alat yang dapat menghasilkan nilai grounding 0,0V (ZERO Grounding) sehingga memudahkan anda menyiapkan Grounding untuk peralatan digital printing secara lebih cepat dengan kualitas Grounding yang sempurna.

Konsultasi Grounding Sebelum Instalasi Mesin Digital Printing

Mengingat sangat pentingnya manfaat Grounding pada bisnis digital printing, sebagai pemilik usaha Anda harus memperhatikannya sebelum instalasi mesin digital printing. Bhinneka sebagai toko online B2B terlengkap di Indonesia menyediakan jasa konsultasi dan instalasi mesin digital printing yang aman dan bergaransi.

Anda bisa beli mesin cetak dari berbagai merk ternama melalui layanan Digital Printing Solution. Tidak hanya beli, kami juga melayani jasa instalasi dan konsultasi pemasangan. Sebelum alat dipasang, kami akan melakukan survei untuk mengecek kesiapan lokasi, yang salah satunya adalah Grounding.

Kami juga menjual alat ZERO Grounding sesuai kapasitas yang dibutuhkan mesin digital printing Anda. Dengan begitu, mesin yang Anda beli dapat bekerja maksimal seperti yang Anda harapkan dalam waktu lama.

Leave a Reply