Enterprise Resource Planning (ERP)
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Menelisik Enterprise Resource Planning Secara Lebih Dalam

Mungkin, bagi sebagian besar perusahaan Enterprise Resource Planning atau yang kerap dikenal dengan singkatan ERP menjadi sebuah elemen yang memegang peranan kunci bagi keberhasilan sebuah perusahaan. Teknologi terus berkembang pesat menjadikan ERP hadir sebagai salah satu solusi peningkatan efektivitas dan efisiensi operasional bisnis..

Apa itu Enterprise Resource Planning (ERP)?

Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) merujuk pada sebuah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Enterprise Resource Planning dapat mengelola seluruh inti bisnis secara lebih optimal dan mampu menjadi sarana untuk otomatisasi operasional perusahaan, mulai dari pengelolaan akuntansi keuangan, manajemen rantai pasok, manajemen proyek, manajemen pengadaan, manajemen risiko, dan berbagai lini bisnis lainnya.

Penggunaan sistem ERP yang proper dapat mengintegrasikan berbagai aktivitas bisnis yang ada, mengkoneksikan tiap aspek perusahaan, serta memungkinkan adanya komunikasi yang sinergis dalam penggunaan data secara bersamaan.

Apa keuntungan dari Enterprise Resource Planning ?

Penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) membawa begitu banyak manfaat bagi penggunanya. Berikut merupakan manfaat dari penggunaan ERP :

1. Peningkatan Efisiensi

Manfaat pertama dari penggunaan ERP adalah memungkinkan perusahaan untuk melakukan kegiatan operasionalnya secara otomatis. Otomatisasi tersebut menjadikan para karyawan bisa lebih berfokus kepada berbagai tugas yang mampu menghasilkan keuntungan namun tidak dapat digantikan oleh sistem. Efisiensi yang dimaksud adalah peningkatan peramalan permintaan yang lebih akurat, lancarnya proses produksi yang mampu mempersingkat lead time, transparansi dan cepatnya respon dalam manajemen rantai pasok, dan lain sebagainya.

2. Integrasi dan Kolaborasi

Kolaborasi dan Integrasri dalam Enterprise Resource Planning

Integrasi, kolaborasi, dan konektivitas yang optimal antar tim menjadi salah satu manfaat dari penggunaan sistem ERP. Komunikasi intens yang terjalin antar tim akan meningkatkan keterikatan karyawan (employee engagement). Dengan sistem ERP, setiap karyawan yang telah mendapat izin akan memperoleh on-demand access terhadap data operasional perusahaan, memungkinkan karyawan memahami seluruh komponen perusahaan dan mengerti peran mereka secara lebih baik dalam mendukung kinerja perusahaan. Tidak hanya sampai di situ, ERP dapat menjadi media kolaborasi digital yang secara mudah dapat menghubungkan perusahaan dengan berbagai stakeholders terkait seperti pelanggan, supplier, instansi pemerintahan, dan lain sebagainya.

3. Real-time Data dan Laporan yang Komprehensif

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan ERP adalah tersediannya pusat data yang kuat. Sistem ERP membuat perusahaan dapat mengumpulkan, menyimpan, mencari, menganalisis data secara terpusat, seta menyediakan visibilitas dan data akurat secara real time yang mampu jadi bahan pertimbangan perusahaan dalam membuat berbagai keputusan strategis.

4. Kepatuhan Terhadap Peraturan

Sistem ERP dirancang untuk mampu membantu perusahaan berjalan sesuai dengan berbagai peraturan yang berlaku. Sistem dapat mendeteksi apabila terjadi hal-hal yang menyimpang dari ketentuan-ketentuan yang ada.

5. Aksesibilitas terhadap Penyimpanan Cloud

Could System dalam Enterprise Resource Planning

Sistem ERP telah menjadi software yang cukup popular di beberapa tahun terakhir ini. Sistem ERP menjamin mobilitas dan keamanan data. Penggunaan basis Cloud menjadikan sistem ERP dapat diakses kapanpun dan dimanapun selagi perangkat yang digunakan terhubung dengan akses internet.

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Menjadi Keunggulan Kompetitif

Memiliki sebuah perangkat lunak yang mumpuni untuk mendukung operasi bisnis dalam mengumpulkan dan menggunakan data dapat membawa dampak signifikan bagi perusahaan, tidak peduli seberapa besar ukuran perusahaan tersebut. Untuk membawa sebuah keunggulan kompetitif bagi para penggunanya, sebuah sistem ERP haruslah memiliki beberapa karakteristik seperti :
Teknologi yang canggih dalam sistem ERP haruslah dengan mudah diadaptasi dan diimplementasikan oleh setiap pemakainya.
Sistem ERP harus memungkinkan perusahaan penggunanya untuk tumbuh dan berkembang dengan pesat.
Data yang disajikan oleh sistem ERP haruslah real-time data yang mampu meningkatkan efisiensi operasional.
Sistem ERP harus mampu mendukung proses komunikasi perusahaan.

Competitive Advantage Enterprise Resource Planning

Tanpa adanya sistem ERP yang tangguh, perusahaan akan mengalami kesulitan dalam memberikan respon dan merumuskan strategi terhadap perubahan lingkungan eksternal perusahaan yang fluktuatif. Sistem ERP menjadi aspek esensial yang mampu membantu perusahaan dalam mengusahakan kinerja terbaiknya dalam rangka menjadi perusahaan yang membawa banyak keuntungan bagi para stakeholdernya.

Leave a Reply