Tips & Tutorial

5 Cara Memperoleh Modal Usaha Bagi Mahasiswa

Modal usaha adalah salah satu hal yang sangat penting ketika seseorang ingin memulai usaha. Apalagi jika anda adalah seorang mahasiswa yang ingin memulai usaha. Anda harus memiliki modal yang cukup untuk dapat memulai usaha tersebut. Namun, dikarenakan sebagian besar mahasiswa hanya memperoleh uang dari orang tua, maka biasanya mereka memiliki dana yang sangat terbatas.

Foto MOdal Usaha

Nah, pada akhirnya banyak sekali mahasiswa-mahasiswi yang mengalami kebingungan untuk memperoleh dana tersebut. Jika anda adalah salah satu mahasiswa tersebut, anda dapat membaca artikel berikut ini mengenai cara-cara yang dapat anda terapkan ketika ingin memulai usaha saat menjadi mahasiswa. Apa aja? Yuk, simak!

1. Mengikuti kompetisi wirausaha

Foto Mengikuti Kompetisi Wirausaha

Di Indonesia banyak sekali mahasiswa-mahasiswi yang memiliki ide-ide kreatif dalam membuka usaha. Oleh karena itu, setiap tahunnya banyak sekali universitas-universitas yang membuka kompetisi wirausaha untuk membangun jiwa semangat wirausahawan di kalangan mahasiswa.

Jika anda memiliki ide-ide bisnis yang bisa diikutsertakan, maka anda bisa mempersiapkannya dengan matang dan anda juga dapat menuangkan segala ide-ide bisnis anda.

Dengan anda mengikuti ajang kompetensi ini, maka nantinya dapat membuktikan apakah ide bisnis yang anda miliki tersebut dapat diterima oleh masyarakat atau tidak.

Jika anda menang nanti, anda tidak hanya memperoleh sejumlah uang yang dapat memodali usaha anda saja, tetapi anda juga dapat menjadi wakil Indonesia dalam ajang kompetensi yang lebih bergengsi lagi.

2. Mengajukan proposal ke investor untuk mendapat suntikan dana

Foto Mengajukan Proposal Ke Investor

Cara yang kedua yang dapat anda lakukan untuk memperoleh dana usaha ketika menjadi mahasiswa adalah mengajukan proposal kepada para investor. Saat ini sudah banyak sekali BUMN atau pembisnis senior yang sangat peduli terhadap wirausaha muda yang ingin sekali membangun suatu usaha.

Oleh karena itu, anda dapat mempersiapkan proposal bisnis anda dengan sangat matang sehingga nantinya anda dapat menyerahkannya kepada para investor sehingga anda akan memperoleh sejumlah uang untuk memodali usaha anda.

Anda harus membuatnya secara matang karena hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan seorang investor terhadap ide bisnis anda apakah memang patut untuk diberikan suntikan dana atau tidak.

3. Anda dapat memperoleh modal usaha dari dompet digital

Foto Dompet Digital

Pada saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menyediakan dompet digital sehingga dapat membantu para penggunanya karena lebih praktis. Dompet digital tidak hanya berguna sebagai alat pembayaran saja tetapi saat ini sudah menawarkan berbagai macam pinjaman berupa cicilan tanpa kartu kredit ataupun paylater. Nah, anda bisa memanfaatkannya sebagai modal usaha anda.

4. Anda dapat memperoleh modal usaha dengan mengikuti proyek dosen

\Foto memperoleh modal usaha dengan mengikuti proyek dosen

Jika anda memperoleh kesempatan serta ditawarkan untuk mengikuti proyek dosen maka sebaiknya anda menerimanya. Karena biasanya tidak hanya pengalaman yang akan anda peroleh tetapi juga anda akan memperoleh sedikit uang masukan yang dapat anda jadikan sebagai modal usaha.

Tidak hanya itu, anda juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan dosen anda dan mendapatkan jaringan serta arahan untuk dapat mengikuti proyek dosen selanjutnya.

5. Anda dapat memperoleh modal usaha dengan patungan bersama teman

Foto Patungan Modal Usaha Bersama Teman

Cara yang kelima yang dapat anda lakukan untuk dapat memperoleh modal usaha ketika menjadi mahasiswa adalah anda dapat patungan modal usaha bersama teman yang anda percayai. Dengan anda mengajak teman anda untuk patungan modal, anda tidak hanya memperoleh modal usaha tetapi juga akan memperoleh ide serta pikiran yang dapat membantu anda dalam membangun usaha.

Karena untuk memiliki usaha yang baik maka anda membutuhkan masukan yang sangat banyak agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jika anda mengalami kesulitan untuk mencari teman dalam membantu memberikan modal usaha maka anda dapat mempersiapkan ide bisnis anda dengan baik sehingga nantinya anda dapat menjelaskan kepada teman-teman anda mengenai usaha-usaha anda nantinya.

Anda dapat menjelaskan mengenai ide-ide bisnis, tujuan yang ingin anda capai, serta dividen yang akan nantinya didapatkan. Untuk menghindari adanya permasalahan di kemudian hari, maka anda dapat membuat surat perjanjian diatas materai mengenai detail-detail perjanjian di antara teman anda.

Dengan begitu bisnis anda nantinya dapat berjalan dengan lancar. Jika anda benar-benar ingin membangun usaha ketika menjadi mahasiswa maka anda dapat mempersiapkan ide bisnis anda dengan sangat matang dan menentukan tujuan bisnis anda dengan baik.

Kunci utama dalam membangun sebuah bisnis adalah anda jangan mudah menyerah dalam membangun sebuah bisnis karena nantinya anda akan menemukan banyak sekali rintangan dan hambatan dalam menjalankannya.

Nah, semoga lima cara tadi dapat membantu anda untuk memperoleh modal usaha ketika menjadi seorang mahasiswa.

Leave a Reply