Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mengapa Pelatihan Kerja Penting Bagi Karyawan?

Setiap pemilik perusahaan tentu ingin SDM atau sumber daya manusia terus berkembang. Hal ini akan sangat berdampak pada kemajuan perusahaan. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal ini adalah dengan mengadakan atau mengikuti Pelatihan Kerja.

SDM menjadi aset perusahaan paling berharga, semakin bagus para karyawannya maka kemajuan perusahaan juga akan semakin terlihat. Pelatihan kerja sendiri menjadi solusi manajemen SDM dalam peningkatan kualitas maupun keterampilan para pekerja.

Pelatihan Kerja

Mengenal Apa Itu Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja atau employee training sangat penting dan setiap perusahaan seharusnya mengadakan hal ini agar bisa meningkatkan kinerja para karyawannya. Apalagi hal ini sudah tertera di PP No. 31 Tahun 2006 tentang Pelatihan Kerja, ada pengertian secara khusus.

Training merupakan kegiatan memberi informasi, meningkatkan, dan mengembangkan etos kerja mulai dari produktivitas sampai dengan kedisiplinan para karyawan. Berbicara soal keahlian tentu ini akan mengacu pada bidang sesuai pekerjaan.

Pentingnya pelatihan untuk para karyawan ini harus benar benar perusahaan perhatikan. Pelatihan atau training pada intinya sama saja, pengembang dan pemberian pengetahuan yang lebih banyak kepada para pekerja dapat meningkatkan kualitas kerja.

Tujuan Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja sendiri menawarkan beberapa tujuan dalam prakteknya. Perusahaan yang ingin memiliki SDM lebih kreatif serta keterampilan mumpuni penting untuk mengetahui ini. Berikut adalah beberapa tujuan dari program ini.

1. Memperbaiki Kinerja SDM

Program ini tujuan pertamanya adalah memperbaiki kinerja dari SDM itu sendiri. Terdapat beberapa perusahaan yang memang kinerja karyawannya kurang begitu bagus sehingga berdampak pada produktivitas perusahaan. Dengan adanya perbaikan ini kinerja SDM tentunya akan meningkat.

2. Mengenalkan Teknologi Baru Pada SDM

Teknologi terus berkembang di dunia industri dan perangkat pendukung kinerja kantoran. Adanya employee training ini membuat pekerja bisa mendapatkan pembelajaran mengenai pengenalan teknologi baru sehingga bisa menunjang kinerja di perusahaan menjadi semakin efektif.

3. Mempermudah Pemecahan Permasalahan Operasional

Permasalahan soal operasional ini kerap kali terjadi di dalam perusahaan. Keterlibatan karyawan dalam pemecahan permasalahan ini sangat penting agar bisa memajukan perusahaan. Employee training menjadi solusi terbaik agar bisa memberikan keterampilan mendalam kepada para karyawan sehingga jenis permasalahan operasional apapun bisa terpecahkan.

4. Mempersiapkan Karyawan untuk Promosi

Dalam dunia kerja istilah promosi sering muncul terutama soal kenaikan jabatan. Setelah naik jabatan seorang karyawan akan mendapatkan tanggung jawab lebih besar. Untuk membekalinya agar bisa mengerjakan pekerjaan secara efektif, maka employee training harus perusahaan adakan. Bekal dalam promosi ini sangat penting, melalui pelatihan kerja semua bisa terpenuhi terutama kompetisi pegawainya.

Fungsi Pelatihan Kerja

Setelah mengetahui tujuannya, tidak lupa juga Anda untuk harus mengenal dan memahami fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi pelatihan kerja yang harus perusahaan pahami dan ketahui.

  • Mewujudkan training yang efisien dan dan efektif
  • Mengoptimalisasikan pemberdayaan sumber daya manusia
  • Mengadaptasi terhadap pekerjaan pekerjaan bisnis di masa mendatang
  • Mempersiapkan promosi ketenagakerjaan

Beberapa Program dalam Pelatihan Kerja

Manfaat dari pengadaan program pelatihan kerja ini sangat baik untuk kemajuan perusahaan khususnya SDM. Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan tujuannya, kurang apabila Anda tidak memahami beberapa program ini adalah sebagai berikut.

1. Cross Functional Training

Pertama ada cross functional training yang akan melibatkan karyawan secara aktif. Melalui pelatihan ini para pekerja bisa saling mengisi satu sama lain. Contoh penerapannya adalah saling berbagi skill, misal ada yang pandai public speaking, bisa membantu karyawan lain untuk bisa menguasai kemampuan tersebut juga.

2. Retraining

Walaupun sudah hafal dan menguasai sebuah bidang terkadang ada beberapa instrumen baru dalam bidang tersebut. Kondisi ini membuat karyawan harus mengikuti pelatihan ulang agar lebih update dan menguasainya lewat program retraining. Pelatihan secara berulang ini umumnya perusahaan adakan akibat tuntutan pekerjaan secara masif.

3. Skills Training

Kemudian ada skill training yang juga harus perusahaan adakan. Peningkatan kemampuan untuk para karyawan merupakan elemen penting. Misalnya ada karyawan yang awalnya hanya bisa mengerjakan pekerjaan A setelah ikut skills training maka bisa membuat atau mengerjakan pekerjaan B sama baiknya.

4. Creativity Training

Employee training juga memiliki program untuk meningkatkan kreativitas para pekerja lewat Creativity Training. Program ini bisa memberikan pandangan lebih luas mengenai pembuatan ide sehingga visi, misi, dan tujuan perusahaan bisa tersampaikan dan terwujudkan lewat metode yang lebih kreatif.

Ingin Mengadakan Pelatihan Kerja di Kantor Anda? Hubungi Bhinneka

Anda ingin mengadakan pelatihan kerja? Bhinneka menyediakan berbagai layanan training yang bisa Anda manfaatkan untuk kemajuan kantor Anda. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman Layanan Training dan Education, atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

 

Leave a Reply