Bhinneka News

Pengapalan Wearables Meningkat 95 Persen menurut IDC

Beberapa waktu ini, IDC meluncurkan laporan penjualan global untuk perangkat wearables meraih total hingga 84,5 juta unit, meningkat hampir 95% dibandingkan dengan tahun lalu di kuartal yang sama. Yang cukup menarik, ditulis juga di IDC bahwa peningkatan ini terjadi berkat penjualan perangkat wireless earphones/earbuds, dengan nomor dua dan berikutnya diikuti dengan produk wrist bands dan smartwatch.

Meningkatnya penjualan jenis perangkat ini tidak lepas dari banyak produk smartphone yang tidak lagi memiliki port audio 3.5mm, maka semakin banyak juga yang memberikan alternatif bagi mereka yang masih ingin mendengarkan musik melalui smartphone mereka tersebut. Tetapi hal ini juga mulai berubahnya trend penggunaan perangkat mendengarkan musik menjadi non kabel yang biasanya merepotkan penggunanya juga, pengguna lebih memilih wirelless karena kemudahan.

Ditulis juga oleh Jitesh Ubrani sebagai research manager untuk IDC Mobile Device Trackers bahwa smart assistant di rumah maupun ponsel juga membuat tumbuhnya permintaan akan wearable yang bisa terhubung dengan asisten tersebut. Juga dengan berbagai form factor dan keterlibatan asisten pintar, pasar wearable semakin bertumbuh pesat untuk menjadi kategori perangkat massal ketimbang menjadi yang utama sebagai perangkat untuk mendukung fitness atau kesehatan. Pengapalan terbanyak di kuartal ketiga 2019 ini dipimpin oleh Apple dengan sebanyak 29,5 juta unit telah dijual secara global, menyusul produk Xiaomi, Samsung, Huawei, dan Fitbit di bawahnya.

Leave a Reply