Pengertian ERP adalah
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian ERP, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Perusahaan

Sistem ERP memungkinkan operasional perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien. Caranya adalah dengan membuat semua proses bisnisnya berjalan otomatis dan saling terintegrasi. ERP adalah hasil pemanfaatan teknologi untuk mempermudah proses bisnis di perusahaan. Pemilik usaha bisa memanfaatkan sistem ini untuk menangani proses bisnis yang kompleks.

Sistem ERP adalah solusi untuk menangani hambatan yang terjadi dalam organisasi bisnis. Setiap bagian bisa saling berbagi data, berbagi aliran data, hingga menyalurkan praktis bisnis umum ke semua bagian penting dalam tubuh perusahaan. Semua data didistribusikan oleh sistem sehingga setiap orang tidak perlu mengolah secara manual lagi.

Untuk lebih mudah memahami apa itu ERP ? Berikut ini kami jelaskan pengertian ERP, apa fungsinya, bagaimana cara kerjanya, dan manfaatnya untuk perusahaan Anda.

Apa itu ERP ?

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. ERP merupakan sistem yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai bagian penting dalam bisnis. Peran sistem ERP sangat penting di perusahaan karena membantu menerapkan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan. Semua proses tersebut diintegrasikan untuk menjalankan perusahaan dalam satu sistem.

Pengertian ERP adalah

Sistem ERP dapat mengintegrasikan perencanaan, pembelian inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Supaya lebih mudah memahami apa itu ERP, bayangkan saja ERP adalah sebuah sistem yang menyatukan berbagai sistem komputer.

Tanpa aplikasi ERP, sistem di setiap divisi hanya akan berjalan masing-masing. Berkat ERP, setiap departemen tetap memiliki sistemnya masing-masing, namun semua datanya bisa diakses melalui satu aplikasi dan satu antarmuka.

Fungsi Sistem ERP untuk Perusahaan

Sistem ERP adalah aplikasi yang memungkinkan setiap departemen dapat berbagi informasi. ERP mengumpulkan informasi tentang aktivitas dan keadaan di berbagai divisi, sehingga bisa digunakan oleh departemen lain untuk kelancaran operasional.

Aplikasi ERP dapat membantu perusahaan untuk menghubungkan informasi tentang produksi, keuangan, sumber daya manusia, dan distribusi dalam satu platform. Sistem ini menggabungkan teknologi yang digunakan oleh setiap bagian dalam bisnis. Tujuannya untuk menghilangkan duplikasi data dan teknologi yang tidak kompatibel.

Fungsi ERP dalam perusahaan bisa mengintegrasikan data keuangan seperti hutang piutang bisnis, stok produk di gudang, pemantauan pesanan, dan database pelanggan. Data-data tersebut bisa digunakan lintas departemen. Memastikan setiap bagian dalam bisnis mengetahui dan menggunakan data yang sama.

Cara Kerja Aplikasi ERP

Sistem ERP saat ini sudah berkembang cukup pesat. Aplikasinya sendiri sudah berevolusi dari model perangkat lunak tradisional yang membutuhkan server fisik dan sistem entri manual. Sekarang Anda bisa manfaatkan ERP berbasis cloud dan bisa diakses dari jarak jauh karena sudah berbasis web. Platform ERP dikelola langsung oleh perusahaan yang membuatnya dan perusahaan klien yang menggunakan.

Software ERP Manufacturing Bhinneka Odoo

Cara kerja ERP dimulai dari perusahaan klien memilih ERP yang ingin digunakan. Perusahaan pemilik sistem ERP memuat aplikasi ke server yang disewa oleh klien. Setelah itu, kedua belah pihak mulai bekerja untuk integrasi proses dan data klien ke dalam platform. Setelah semua departemen terikat dalam sistem ERP, semua data tersebut dikumpulkan di server dan langsung tersedia oleh semua user yang memiliki izin untuk mengaksesnya.

Manfaat Sistem ERP untuk Perusahaan Anda

Sebuah perusahaan menggunakan sistem ERP karena berbagai alasan, seperti: keinginan untuk ekspansi, efisiensi biaya, dan meningkatkan operasional. Manfaat ERP yang didapat oleh perusahaan mungkin berbeda-beda. Akan tetapi, ada beberapa manfaat umum yang didapat dari sistem ERP:

1. Meningkatkan Produktivitas

ERP adalah sistem yang dapat mengintegraskan dan otomatisasi proses bisnis. Sistem ini dapat menghilangkan redudansi, akurasi data, dan produktivitas setiap departemen. Tidak perlu lagi meminta data secara manual sehingga waktu yang terbuang bisa dipakai untuk mengejar produktivitas. Departemen yang saling terhubung dengan ERP bisa menyinkronkan pekerjaannya untuk mencapai hasil lebih cepat dan lebih baik.

2. Laporan Data Real Time

Beberapa perusahaan memanfaatkan pelaporan data real-time dari sistem ERP. Data-data yang berasal dari satu sistem bisa digunakan untuk mengejar produktivitas. Pelaporan yang akurat dan lengkap membantu manajemen untuk merencanakan, membuat anggaran, memperkirakan, dan mengkomunikasikan keadaan operasional di suatu departemen ke departemen lain yang berkepentingan, contohnya pemilik saham.

3. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

ERP adalah sistem yang memungkinkan setiap departemen bisa dengan cepat mengakses informasi yang dibutuhkan klien, vendor, dan mitra bisnis. Hasilnya, perusahaan bisa meningkatkan kepuasan setiap stakeholder yang terkait, merespon lebih cepat, dan meningkatkan akurasi pelayanan pelanggan. Ditambah lagi, biaya yang terkait dengan kebutuhan dan validasi data bisa berkurang sehingga proses bisnis lebih efisien.

4. Meningkatkan Kolaborasi

Dengan sistem ERP, setiap departemen bisa berkolaborasi dan berbagi data. Setiap karyawan di dalam perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan kepuasan. Manajemen bisa melihat bagaimana masing-masing tim dalam perusahaan bisa berkontribusi terhadap visi dan misi perusahaan. Tugas-tugas manual dihilangkan sehingga waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengejar hal produktivitas lainnya.

Kekurangan Sistem ERP yang Perlu Diketahui

Sistem ERP memang tidak selalu bisa meningkatkan efisiensi perusahaan. Bisnis Anda perlu memahami kenapa Anda butuh implementasi ERP di perusahaan. Jangan sampai sistem yang sudah dibeli berujung tidak maksimal karena tidak kompatibel dengan kebutuhan bisnis.

ERP gagal mencapai tujuannya dan tidak membantu karena pengguna enggan untuk meninggalkan proses bisnis yang lama. Beberapa perusahaan, atau karyawan seniornya, mungkin tidak suka melepaskan aplikasi lama yang sudah lama dipakai. Jadi kesimpulannya, ERP tidak akan membantu bisnis jika dari internal Anda tidak siap untuk implementasi sistem yang baru.

Implementasi Sistem ERP di Bhinneka

Tim Bhinneka siap membantu Anda untuk implementasi sistem ERP. Kami juga menyediakan sesi khusus untuk konsultasi untuk mengetahui kebutuhan Anda terhadap aplikasi ERP. Dengan begitu, semua karyawan di perusahaan Anda sudah siap untuk menerima sistem yang baru sebelum implementasi dilakukan.

Pelajari sistem ERP kami di sini. Sistem yang dibuat oleh Odoo membantu setiap departemen mencapai efisiensi dalam operasionalnya. Semua data saling terhubung sehingga bisa dimanfaatkan oleh departemen lain. Sangat cocok untuk perusahaan Anda yang ingin memaksimalkan fungsi Omni Channel.

Yuk, langsung konsultasikan kebutuhan bisnis Anda terkait sistem ERP Manufacturing. Hubungi kami di sini :
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply