Tips & Tutorial

Penyebab Luka Bakar dan Jenisnya Berdasar Tingkat Keparahan

Penyebab luka bakar dapat diakibatkan oleh berbagai sebab. Hal ini menyebabkan luka bakar merupakan salah satu jenis luka atau cidera yang umum terjadi. Salah satu faktor penyebab yang dapat mengakibatkan luka bakar misalnya kelalaian saat memasak.

Luka bakar yang terjadi dan mengakibatkan cedera dibedakan berdasarkan tingkat keparahan luka bakar yang terjadi. Pada artikel ini akan dibahas dengan singkat apa saja penyebab luka bakar dan jenis luka bakar yang dapat terjadi.

Pengertian Luka Bakar

Luka bakar dapat diartikan sebagai cidera atau luka yang terjadi di kulit dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja luka bakar akibat tersengat sinar matahari, luka bakar akibat api, hingga luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia.

Meskipun terjadi dan melukai permukaan kulit, luka bakar yang parah juga dapat menembus dan merusak jaringan kulit lapisan bawah. Luka bakar yang serius juga membutuhkan penanganan medis yang tepat dan lebih serius.

penyebab luka bakar

Penyebab Luka Bakar

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami cidera luka bakar, baik tanpa disadari maupun akibat kelalaian. Berikut ini beberapa faktor penyebab luka bakar yang umum terjadi

  1. Air mendidih
  2. Minyak panas saat memasak
  3. Paparan radiasi dari sinar matahari
  4. Reaksi zat kimia yang bersifat asam dan basa
  5. Reaksi akibat produk kosmetik
  6. Arus listrik

Faktor – faktor di atas dapat menyebabkan kondisi luka bakar yang berbeda – beda tergantung pada derajat keparahan atau luka bakar yang dialami.

Jenis Derajat Keparahan Luka

Untuk mengetahui tingkat keparahan akibat luka bakar, umumnya cidera yang dialami akibat luka bakar dibagi menjadi beberapa tingkatan. Masing – masing tingkatan ini menunjukkan keseriusan dari cidera akibat luka bakar tersebut.

jenis luka bakar

Berikut ini adalah tingkatan derajat keparahan luka bakar, antara lain:

Luka Bakar Derajat 1

Pada derajat 1, luka bakar yang terjadi dapat dibilang cukup ringan. Hal ini karena luka hanya mengenai lapisan luar atau epidermis dari kulit. Umumnya luka bakar derajat 1 ini menimbulkan rasa perih atau warna kemerahan pada area kulit yang terkena. Terkadang luka bakar derajat 1 juga disertai dengan pembengkakan.

Luka Bakar Derajat 2

Pada derajat 2, tingkat keparahan lebih tinggi bila dibandingkan dengan luka bakar derajat 1. Hal ini dikarenakan pada derajat 2, luka tidak hanya mengenai lapisan luar kulit, tapi juga lapisan kulit berikutnya. Umumnya luka bakar derajat 2 ditandai dengan kulit yang berwarna merah dan perih, terdapat lepuh, serta dapat meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut.

Luka Bakar Derajat 3

Merupakan jenis luka bakar dengan tingkat keparahan yang tinggi dan luka mengenai lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan pada derajat 2. Luka bakar hampir mengenai semua lapisan kulit dan cenderung merusak area kulit tersebut dan juga merusak saraf serta pembuluh darah sekitarnya.

Akibat yang Disebabkan Cidera Luka Bakar

Cidera akibat luka bakar, terutama luka bakar dengan tingkat derajat yang parah seperti deraja 2 dan derajat 3 memerlukan penanganan yang tepat dan sesuai. Apabila tidak ditangani dengan baik, luka bakar yang terjadi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti:

  1. Infeksi bakteri pada area kulit yang luka atau terbuka akibat luka bakar
  2. Muncul bekas luka dan keloid akibat jaringan kulit yang rusak karena luka bakar
  3. Munculnya masalah tulang dan sendi akibat jaringan parut membuat kulit menjadi mengencang

Demikian penjelasan mengenai luka bakar dan apa saja penyebab luka bakar berserta jenis atau tingkat keparahan cidera akibat luka bakar. Pastikan Anda berhati – hati dan upayakan hindari berbagai hal atau faktor yang dapat memicu terjadinya luka bakar.

Leave a Reply