Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen
Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

7 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen sangat penting untuk diketahui saat Anda berkecimpung dalam dunia bisnis. Dalam ilmu akuntansi, ada dua jenis akuntansi yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Apa saja perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen ?

Secara umum, pengertian akuntansi keuangan adalah akuntansi yang tujuannya untuk menghasilkan laporan keuangan untuk kepentingan pihak eksternal, seperti: investor, kreditur, pemerintah, dan lainnya. Pengertian akuntansi manajemen adalah data keuangan yang didapat dari akuntansi manajerial. Akuntansi manajemen berfungsi mengukur, analisa, dan laporan yang dibuat untuk manajemen internal perusahaan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

akuntansi keuangan dan manajemen

Akuntansi keuangan adalah proses melaporkan kinerja keuangan oleh auditor yang ditujukan untuk pihak ketiga (eksternal). Laporan keuangan yang dibuat sudah memenuhi standar akuntansi yang ada. Berikut ini beberapa perbedaan pengertian akuntansi keuangan dari berbagai ahli ekonomi:

Akuntansi Keuangan Menurut Kieso & Weygandt

Akuntansi keuangan adalah proses menghasilkan laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh. Laporan keuangan yang dibuat ditujukan untuk pihak eksternal atau internal. Laporan akuntansi keuangan berfungsi seperti buku besar yang mencatat semua transaksi yang terjadi pada periode tertentu.

Akuntansi Keuangan Menurut Warren Reeve Fess

Akuntansi keuangan menurut Waren Reeve Fess adalah proses pelaporan dan pencatatan informasi yang meliputi aktivitas ekonomi perusahaan.

Akuntansi Keuangan Menurut Sugiarto

Akuntansi keuangan adalah ilmu dalam akuntansi yang fokus pada penyusunan laporan keuangan secara bertahap. Laporan keuangan yang dibuat berfungsi sebagai bentuk tanggung jawab dari manajemen perusahaan ke pihak eksternal, seperti investor atau pemegang saham.

Pengertian Akuntansi Manajemen

akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Sebelum memahami perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen, sebaiknya pelajari dulu apa pengertian akuntasi keuangan. Dengan begitu, akan lebih mudah memahami perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen. Berbeda dari akuntansi keuangan yang ditujukan untuk eksternal. Akuntansi manajemen ditujukan untuk pihak internal. Fungsinya untuk membantu manajemen membuat keputusan jangka pendek dan panjang.

Akuntansi Manajemen Menurut Halim dan Supomo

Akuntansi manajemen adalah kegiatan pembuatan data atau informasi yang berbentuk data keuangan untuk bantu manajemen perusahaan. Akuntansi manajemen berfungsi untuk mengambil keputusan dalam perusahaan.

Akuntansi Manajemen Menurut Mulyadi

Akuntansi manajemen adalah data keuangan yang didapatkan dari akuntansi manajerial. Akuntansi manajerial itu digunakan untuk kepentingan internal perusahaan dalam perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Manajemen

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen

Setelah mengetahui perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen dari pengertiannya, berikut ini kami rangkum apa saja perbedaan akuntasi keuangan dan manajemen di perusahaan:

1. Perbedaan Tujuannya

Perbedaan akuntansi dan manajemen yang pertama adalah dari tujuannya. Akuntansi keuangan bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan di sebuah perusahaan untuk periode tertentu. Sedangkan, akuntansi manajemen tujuannya untuk menghasilkan laporan yang rinci dan spesifik. Akuntansi manajemen juga berfungsi melakukan identifikasi masalah di perusahaan dan mencari opsi penyelesaiannya.

2. Perbedaan Kegunaannya

Akuntansi keuangan digunakan untuk pihak eksternal, seperti investor atau kreditur. Sehingga dari segi fungsinya, tidak akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Berbeda dengan akuntansi manajemen, fungsinya untuk pihak internal perusahaan. Oleh karena itu, akuntansi manajemen berpengaruh ke pengambilan keputusan di lingkungan perusahaan.

3. Perbedaan Ruang Lingkupnya

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen selanjutnya dari ruang lingkupnya. Akuntansi keuangan hasilkan laporan yang berisi data dan informasi keuangan perusahaan secara menyeluruh. Contoh akuntansi keuangan berdasarkan ruang lingkup, yaitu: laporan laba rugi, neraca keuangan, dan lainnya. Sementara itu, akuntansi manajemen menghasilkan laporan yang berisi informasi atau data yang ditujukan untuk bagian tertentu saja. Contoh akuntansi manajemen adalah laporan akuntansi untuk divisi produksi, pemasaran, dan lainnya.

4. Perbedaan Periode Waktunya

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen selanjutnya dari periode waktu pelaporan. Akuntansi keuangan punya waktu yang tetap. Jangka waktu laporan akuntansi keuangan sudah ditentukan, misalnya bulanan, kuartal, semester, atau tahunan. Sedangkan akuntansi manajemen lebih fleksibel, bisa dalam mingguan atau bulanan.

5. Perbedaan Kebutuhannya

Perbedaan akuntansi manajemen dan keuangan adalah dari kebutuhannya. Akuntansi keuangan dibuat untuk pihak eksternal sehingga bisa digunakan untuk keputusan investasi dan evaluasi kinerja manajemen. Berbeda dengan akuntansi manajemen yang ditujukan untuk internal perusahaan. Sehingga kebutuhannya untuk memberi data terbaru yang akan datang, contohnya anggaran, evaluasi kerja tim, dan lain sebagainya.

6. Perbedaan Tipe Informasinya

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen berikutnya adalah tipe informasinya. Akuntansi keuangan hanya menilai kondisi finansial berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Akuntansi manajemen beri penilaian finansial dengan mempertimbangkan operasional, proses bisnis, supplier, kompetitor, sampai kondisi pelanggan yang tidak terbatas pada prinsip akuntansi.

7. Perbedaan Sifat Informasi

Perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen yang terakhir adalah akuntansi keuangan informasinya harus bisa diuji, akurat, objektif, dan harus tepat. Sedangkan akuntansi manajemen bisa digunakan untuk mengarahkan, merencanakan pengendalian, pengorganisasian, sampai pengambilan keputusan.

Itulah perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen. Perbedaan dasarnya adalah akuntansi keuangan menyajikan informasi untuk pihak eksternal. Tujuannya untuk menarik investasi dan melaporkan kinerja perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan, akuntansi manajemen berfungsi melaporkan kondisi perusahaan untuk pihak internal sehingga bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Leave a Reply