Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Perbedaan warna helm safety di Proyek

Apakah kalian pernah berfikir tentang arti warna helm yang biasanya digunakan para pekerja di proyek ? bila Anda tidak pernah pernah mengetahui arti warna tetapi sering melihat pekerja proyek menggunakan helm dengan warna berbeda-beda, maka kami akan membahas pada tulisan berikut arti dari warna-warna helm tersebut.

Maksud utama dari penggunaan helm tersebut adalah untuk melindungi kepala si pekerja, supaya bisa terhindar dari kejatuhan barang dan yang lain, dan meminimalisir cedera yang akan menimpa pekerja yang paling penting dan juga memudahkan para pekerja lain melihat posisi pekerja saat di proyek, karena biasanya helm proyek mempunyai warna yang kontras, sehingga akan memudahkan operator kendaraan berat melihat posisi pekerja.

Helm safety sangat dibutuhkan oleh beberapa pekerja yang bekerja di daerah kerja seperti tambang minyak, pabrik, proyek pembangunan gedung dan lain sebagainya dan pemakaian helm safety yang penuh resiko adalah wajib karena fungsi utamanya untuk pelindung diri.

Selain sebagai alat untuk melindungi diri, helm safety juga berfungsi dan sangat berguna untuk membedakan posisi kerja seseorang,  agar para pekerja pun dapat mengetahui mana staff yang perlu ditanyai bila terdapat kendala dalam pekerjaan. Selain itu para pengawas pekerjaan pun dapat dengan mudah mengontrol para pekerjanya dengan melihat warna helm yang mereka kenakan. Fungsi dari perbedaan warna ini yaitu sangat berguna untuk pihak luar maupun pihak dalam.

Warna Putih

Digunakan untuk orang dengan posisi atau jabatan Manager, Pengawas, Insinyur dan juga Mandor Proyek dan digunakan oleh orang-orang dengan posisi jabatan yang memiliki posisi mengatur dan mengawasi.

Warna Biru

Menandakan bahwa orang yang menggunakan helm tersebut memiliki jabatan supervisor, pengawas sementara, asisten pengawas, dan juga Electrical Contractor dan mayoritas digunakan juga untuk pegawai dengan jabatan yang fungsinya mengawasi dan melaporkan.

Warna kuning

Menandakan bahwa orang yang menggunakan helm tersebut memiliki jabatan Sub Kontraktor dan Pekerja umum atau biasanya digunakan oleh orang-orang dengan jabatan yang fungsinya sebagai eksekutor di proyek tersebut.

Warna hijau

Biasanya digunakan oleh orang-orang pengawas lingkungan dan kebersihan dan hal ini tidak terlepas dari warna hijau adalah standard internasional yang melambangkan kesehatan, kebersihan dan lain-lain yang berhubungan dengan lingkungan.

Warna Orange

Biasanya diberikan kepada orang-orang yang sedang berkunjung ke proyek tersebut atau bisa juga disebut tamu perusahaan.

Warna Merah

Digunakan oleh orang-orang yang bekerja sebagai Safety Officer, yaitu orang yang bertugas menjaga keselamatan kerja saat pekerjaan dilakukan. Seperti contohnya Checker atau semacamnya yang bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap keamanan dan keselamatan kerja.

Bila Anda memerlukan safety helmet untuk Anda atau pekerja di lapangan proyek, Anda dapat menghubungi Bhinneka.Com untuk mendapatkan berbagai brand safety helmet yang pastinya original dengan harga yang menarik dan dengan berbagai cara pembayaran yang mudah.

Leave a Reply