Info Bisnis Inspirasi Bisnis

5 Perkakas yang Wajib Dimiliki Pekerja Kontruksi

Perkembangan teknologi dan sistem modern memang membantu banyak kehidupan saat ini. Walaupun demikian, tetap alat pembantu seperti Perkakas masih manusia perlukan agar menunjang beberapa kegiatan.

Meskipun sering terdengar di tengah masyarakat ada beberapa orang yang masih belum mengenal betul definisi dari perkakas. Perkakas adalah benda yang digunakan untuk membantu atau mempermudah pekerjaan sehari hari. Tentu saja hal ini berkaitan dengan benda apapun atau spare part untuk membangun bahan bahan tertentu.

Umumnya alat-alat ini sangat mudah orang temukan di sektor konstruksi, otomotif, sampai dengan rumah tangga. Beberapa sektor seperti industri perbaikan dan teknologi juga kerap kali menggunakan alat-alat ini. Perkakas sendiri kebanyakan memang seseorang buat untuk manusia gunakan.

Perkakas sudah ada dari zaman batu yang membantu manusia untuk melakukan kegiatan seperti membangun rumah, bangunan umum, dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, alat-alat ini juga berkembangan dan hadir dalam berbagai jenis sehingga dapat menunjang kegiatan manusia untuk berbagai kebutuhan.

Jenis jenis perkakas saat ini cukup banyak dan terbilang beranekaragam. Kondisi ini membuat ada banyak sekali ragamnya yang dapat manusia gunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis dari perkakas.

1. Perkakas Obeng

Perkakas Obeng

Obeng merupakan salah satu perkakas dengan fungsi untuk memutar sekrup atau baut. Alat yang satu ini mampu melonggarkan ataupun mengencangkan sekrup pada kayu dan mesin dalam berbagai bentuk serta situasi. Peran obeng sebagai salah satu alat tangan sangatlah penting. Benda ini juga terkenal dengan hand tools yang orang operasikan secara manual.

Tampilan dari obeng sendiri sangatlah sederhana. Akan tetapi, kegunaannya begitu vital dalam berbagai konteks. Alat ini sangat mampu menyelesaikan dan menjangkau tugas tugas kompleks. Efisiensinya juga sangat tinggi. Khadiran obeng dalam pengembanga serta pemasangan skrup tidak tergantikan. Tidak heran jika obeng sejauh ini terus orang gunakan.

2. Kunci Inggris

Kunci Inggris

Selanjutnya ada kunci inggris yang adalah alat dengan peran cukup vital. Ada banyak kebutuhan khususnya di dunia otomotif yang sangat membutuhkan alat yang satu ini. Fungsi utama dari kunci inggris adalah membuka serta menutup sesuatu yang menggunakan baut ataupun mur.

Alat tangan ini dapat merubah ukuran sehingga menyimpit ataupun melebar menyesuaikan baut yang nantinya seseorang putar. Kunci inggris sendiri merupakan alat yang terbuat dari baja tempat berkualitas tinggi sehingga ketahannya begitu lama.

Sejauh ini kunci inggris masih menjadi peralatan wajib di dunia otomotif bagi para mekanik. Kunci inggris sangat efektif dalam memasang maupun membongkar komponen kendaraan ketika memperbaikinya atau merakitnya.

3. Perkakas Kunci Ring Pas

Kunci Ring Pas

Ring pas atau kunci pas merupakan alat yang punya dua fungsi berbeda. Untuk bentuknya sendiri keduanya sangat berbeda. Kunci ring punya desain menyerupai heksagonal di area rahang. Tujuan dari bentuk ini adalah untuk memudahkan pembukaan kunci di area area sempit.

Ukurannya sendiri untuk standar mulai dari 6,7,8, 9 sampai seterusnya. Sementara berbicara soal sudut tersedia dalam sudut mulai dari 15 derajat, 30 derajat, sampai dengan 45 derajat. Kunci pas memiliki bentuk menyerupai huruf U atau taring. Bentuk melengkungnya ini membawa fungsi untuk membuka bagian awal atau mengencangkan baut dan mor pada bagian akhir.

Hal ini pada akhirnya akan membawa momen torsi sehingga pemasangan menjadi pas. Sementara itu kunci ring dengan bentuk bulat menyerupai cincin memiliki fungsi sebagai penjepit mur. Baut di tengah tengah akan terjepit sehingga bisa memaksimalkan pemutaran dan komponen pun menjadi melekat antara satu dan lainnya.

4. Ragum

Ragum

Selanjutnya adalah alat bernama ragum. Tentunya banyak orang yang masih asing dengan alat yang satu ini. fungsi utamanya adalah untuk menjepit sebuah benda. Biasanya perkakas satu ini orang gunakan ketika ingin memahat, mengikir, menggergaji sebuah benda.

Untuk penggunaan sendiri sebenarnya cukup sederhana. Pertama tama siapkan sebuah benda lalu tentukan bidang dasarnya. Berikutnya mengatur ketinggian jepitan ragum, lalu jepitkan benda tersebut. Ragum akan menjepit benda tersebut secara erat.

5. Palu

Palu

Palu merupakan jenis perkakas tangan yang sangat populer. Hampir semua orang sudah mengenal dan dapat mengoperasikan perangkat satu ini secara baik. Fungsinya adalah untuk memukul benda keras. Perakas satu ini terbuat dari baja dengan kedua ujungnya di keraskan. Terdapat beberapa jenis palu yaitu.

  • Palu pencabut paku
  • Palu berkapak
  • Palu pemecah batu
  • Palu muka simetris dan lainnya

Bhinneka: Solusi Pengadaan Perkakas Untuk Pekerja

Anda butuh pengadaan perkakas untuk pekerja? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera kunjungi halaman daftar perkakas unggulan atau hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply