Rekomendasi Drama Korea
Buku, Film, dan Musik Info LabInc Kampus Merdeka Review

Rekomendasi Drama Korea yang Cocok Ditonton Saat Weekend

Weekend sudah di depan mata, nih. Artikel rekomendasi drama Korea ini akan sangat cocok dibaca sebagai referensi tontonan untuk kamu yang sedang mencari hiburan tapi tidak ingin keluar rumah.

Banyak orang menyukai drama Korea karena alur ceritanya yang apik dan dikemas dengan ringan serta hangat, sehingga cocok digunakan untuk menghabiskan waktu saat weekend.  Berikut rekomendasi drama Korea yang cocok sekali untuk menemani waktu weekend kamu.

1. Reply 1988 (2015)

Drama Korea Reply 1988

Peringkat pertama untuk rekomendasi drama Korea yang sangat cocok ditonton saat weekend diisi oleh Reply 1988.

Reply 1988 adalah salah satu drama Korea yang dirilis pada tahun 2015. Tokoh utama dari serial ini adalah Sung Deok-sun (Lee Hye-ri) dan empat orang sahabatnya, yaitu Kim Jung-hwan (Ryu Joon-yeol), Choi Taek (Park Bo-gum), Sun-woo (Go Gyung-pyo), dan Dong-ryeong (Lee Dong-hwi).

Drama dengan genre keluarga, komedi, dan sedikit bumbu romansa ini berkisah tentang lima keluarga yang tinggal di lingkungan yang sama, yaitu Distrik Dobong, Korea Selatan. Meski termasuk drama lawas, alur yang terkesan ringan tetapi sarat akan makna dan pesan-pesan kehidupan yang menghangatkan hati, menjadi daya tarik dari drama ini.

Sepanjang 20 episode, penonton diajak untuk menjajaki lika-liku kehidupan keluarga dan bertetangga, termasuk dunia remaja di akhir era 1980-an yang ternyata masih relate dengan masa sekarang. Reply 1988 dapat kamu tonton di aplikasi VIU, Vidio, dan Iqiyi.

2. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)

Drama Korea Weightlifting Fairy Kim Bok-joo

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo adalah salah satu drama yang menampilkan kehidupan para atlet olimpiade Korea Selatan. Tokoh utama serial ini adalah Kim Bok-joo (Lee Sung-kyung), mahasiswi Hanwool College of Physical Education yang memiliki bakat dalam olahraga angkat besi karena pengaruh dari sang ayah yang juga merupakan atlet angkat besi.

Bok-joo memiliki seorang sahabat bernama Jung Joon-hyung (Nam Joo-hyuk), seorang atlet renang yang memiliki trauma karena diskualifikasi yang ia terima ketika mengikuti olimpiade tingkat internasional. Bersama dengan Bok-joo, ia mampu mengatasi trauma dan menemukan mimpi sekaligus cintanya.

Drama bertema kehidupan anak muda dan genre romansa ini memiliki 16 episode dengan cerita yang hangat dan dilengkapi dengan konflik khas remaja sebelum menjadi dewasa, membuat karakter-karakter di dalamnya terasa lebih hidup dan berkembang dalam suasana yang menyenangkan. Untuk kamu yang berminat menontonnya, drama ini tersedia di VIU, Vidio, dan Iqiyi.

3. Fight for My Way (2017)

Drama Korea Fight for My Way

Drama dengan 16 episode dan ber­-genre komedi romantis ini berkisah tentang dua anak muda yang berjuang untuk mewujudkan impian mereka dengan berbagai tantangan yang harus dilewati demi mencapai impian-impian tersebut.

Go Dong-man (Park Seo-joon) adalah seorang mantan atlet taekwondo nasional yang memutuskan untuk beralih profesi menjadi petarung seni beladiri campuran yang tidak terlalu terkenal karena ada satu kejadian yang membuatnya berhenti. Sedangkan Choi Ae-ra (Kim Ji-won) adalah seorang resepsionis di sebuah mall yang sebenarnya bercita-cita menjadi penyiar berita atau pembawa acara, tetapi karena tuntutan keadaan ia tidak dapat mewujudkan impiannya.

Bersama dua orang sahabat lainnya, mereka mengalami suka duka pekerjaan, konflik keluarga, dan percintaan, yang dikemas dengan kocak sekaligus dapat mengaduk perasaan penonton. Pokoknya seru banget!

Untuk yang berminat menonton Fight for My Way, kamu dapat mengakses Iqiyi, VIU, Vidio, dan Netflix.

4. Welcome to Waikiki (2018)

Drama Korea Welcome to Waikiki

Welcome to Waikiki adalah salah satu drama Korea dengan genre komedi yang tokoh utamanya adalah tiga remaja yang berjuang mencari cara agar guest house bernama Waikiki yang mereka miliki di Itaewon tidak bangkrut karena tagihan yang terus membengkak. Tiga remaja tersebut adalah Dong Goo (Kim Jung-hyun) yang bercita-cita menjadi sutradara film, Joon-ki (Lee Yi-kyung) seorang aktor muda, dan Doo-shik (Son Seung-won) seorang penulis freelancer.

Drama korea yang memiliki judul lain yaitu Eulachacha Waikiki ini cukup diminati penonton hingga memiliki season kedua yang berjumlah 16 episode, sedangkan season pertama terdiri dari 20 episode. Tetapi jika kamu hanya ingin menonton salah satu dari season tersebut, hal itu tidak akan menjadi masalah karena tidak ada keterkaitan cerita antara season pertama dengan season kedua.

Drama ini dapat ditonton di platform menonton online VIU, ya.

5. Start-up (2020)

Drama Korea Start-up

Seperti judulnya, drama Start-up mengisahkan perjuangan para pemuda untuk mendirikan sebuah perusahaan rintisan yang tentunya tidak mudah karena adanya keterbatasan dalam banyak hal, termasuk terbatasnya investor dan kemampuan yang dimiliki.

Dikisahkan, Seo Dal-mi (Bae Suzy) menghadapi tantangan yang cukup sulit karena tidak memiliki basic mengenai dunia bisnis, tetapi memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) dan dua orang sahabatnya yang ingin mendirikan sebuah perusahaan bernama Samsan Tech. Mereka pun mengikuti sebuah kompetisi untuk mendapatkan pendanaan demi mendirikan perusahaan impian.

Dalam kompetisi tersebut, mereka bertemu dengan seorang manajer investasi yang selanjutnya menjadi mentor mereka, bernama Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) yang dinilai terlalu realistis dan memiliki kata-kata yang sedikit ‘pedas’.

Drama ber-genre drama romantis ini memiliki 16 episode, yang tidak hanya menampilkan tantangan untuk mendirikan sebuah perusahaan, tetapi juga menyajikan kisah percintaan antara tiga orang tokoh utamanya dengan konflik mereka masing-masing. Kamu bisa menonton drama ini di platform Neflix.

6. Mystic Pop-up Bar (2020)

Mystic Pop-up Bar

 

Drama ini menceritakan tiga tokoh utamanya, yaitu Wol-ju (Hwang Jun-eum), Manajer Gwi (Choi Won-young), dan Kang Bae (Yook Sung-jae) yang membantu menyelesaikan masalah orang-orang melalui mimpi. Drama yang bertema fantasi komedi ini cocok banget ditonton oleh kamu yang menyukai drama-drama lain seperti Hotel Del Luna dan He’s Psychometric karena kedua drama tersebut seperti disatukan di sini.

Dalam 12 episode, penonton diajak melihat berbagai kisah hidup dari banyak orang. Drama ini juga menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki masalah, luka, dan hal-hal yang belum terselesaikan selama masa hidup, tetapi tidak memiliki tempat untuk mencurahkan hal-hal yang dirasakan.

Drama yang tersedia di Netflix ini menyajikan kisah tentang manusia dan kemanusiaan. Membantu satu per satu permasalahan yang dialami orang lain, penonton akan diajarkan mengenai kasih sayang, perjuangan, saling memaafkan, dan betapa pentingnya menghargai orang lain.

7. A Business Proposal (2022)

A Business Proposal

A Business Proposal merupakan drama komedi romantis hasil adaptasi dari webtoon berjudul The Office Blind Date karya Hae-hwa yang dirilis pada tahun 2017. Berkisah tentang Shin Ha-ri (Kim Se-jeong) yang menggantikan sahabatnya, Jin Young-seo (Seol In-ah), untuk menghadiri kencan buta dengan Kang Tae-moo (Ahn Hyo-seop) namun malah terlibat situasi yang tidak terduga karena ternyata Tae-moo adalah CEO di perusahaan tempat Ha-ri bekerja.

Sepanjang 12 episode, drama ini menampilkan berbagai komedi yang tidak biasa dalam setiap adegan sehingga menjadi angin segar di tengah banyaknya genre drama Korea yang dinilai terlalu berat untuk ditonton. Oleh karenanya, drama ini menggaet berbagai respon positif dari penonton hingga episode terakhir yang tayang 5 April lalu mendapat rating cukup mengesankan. Kamu bisa menonton drama ini di Netflix.

Nah, itulah rekomendasi drama Korea yang bisa menemani waktu weekend kamu jika terlalu mager untuk keluar rumah dan hanya ingin rebahan untuk sekadar melepas penat setelah seminggu melakukan aktivitas-aktivitas yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Have a happy weekend!

Leave a Reply