Tips & Tutorial

Hal-Hal yang Patut Diketahui Mengenai Andromax R2

Smartfren baru mengeluarkan smartphone terbarunya lagi yaitu Andromax R2, bagus tidak sih?

Hal-Hal yang Patut Diketahui Mengenai Andromax R2

Kalau sedang membicarakan smartphone biasanya tidak ada habis-habisnya. Semakin banyak merek-merek yang maju bersaing. Merek Smartfren asal Indonesia yang satu ini juga tidak mau kalah. Diiringi dengan kesuksesannya mengeluarkan ponsel Andromax R pada tahun 2015 lalu, Smartfren kembali merilis Andromax R2 pada bulan Februari 2016 kemarin.

Smartphone ini berukuran 142.2 x 70.6 x 7.7 mm. Ukuran layar (5.0 inci) yang ditawarkan juga lebih kecil jika dibandingkan dengan rata-rata smartphone lainnya (5.5 inci). Harga dari ponsel ini juga hanya lebih mahal dua ratus ribuan dari smartphone pendahulunya, tepatnya harga Smartfren Andromax R2 adalah Rp 1.699.000, namun kalian bisa mendapatkan promo lebih murah di Bhinneka.

Bagi kalian yang penasaran seperti apa spesifikasi, keunggulan, serta kelemahan dari Andromax R2 bisa langsung saja dicek di sini.

Spesifikasi Smartfren Andromax R2

Ukuran layar 5 inci IPS OGS
Resolusi layar 1280 x 720 dan kerapatan 294 ppi (piksel per inci)
Kamera belakang 13 MP f/2.0 dengan dual LED flash
Kamera depan 5 MP f/2.2 dengan LED flash
Prosesor Snapdragon 415, CPU octa-core 1.4 GHz Cortex A53, dan GPU Adreno 405
RAM 2 GB
Memori internal 16 GB (bisa ditambah hingga 32 GB)
Baterai 2320 mAh
Sistem operasi OS Android v5.0 (Lollipop)
Fitur lainnya 4G LTE, dual-SIM, Dolby Digital Plus
Harga (Mei 2016) Rp 1.699.000

 

Keunggulan Smartfren Andromax R2

(Gambar oleh Smartfren)
(Gambar oleh Smartfren)

Desain dengan frame metal
Keunggulan Andromax R2 bisa terlihat dari material fisik frame pada smartphone ini. Frame terbuat dari metal sungguhan, bukan plastik yang menyerupai metal. Desain keseluruhan juga terlihat sangat mewah dan tegas. Andromax R2 juga didesain untuk kenyamanan menggenggam pengguna.

Prosesor oke, speaker Dolby juga mantap
Dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 415 octa-core prosesor 1,4 GHz dan RAM sebesar 2 GB, serta dilengkapi dengan GPU Adreno 405, Andromax R2 mampu menjalani beberapa game HD berat seperti Asphalt 8 Airborne, dan memutar video berkualitas HD.

Selain itu, speaker dari smartphone ini menggunakan Dolby Digital Plus yang menghasilkan output suara yang sinematik apalagi ketika kalian sedang menggunakan headset. Output suara juga tidak pecah apabila volume ponsel dikencangkan hingga maksimal. Namun bila tanpa headset, volume speaker Andromax R2 termasuk kecil.

Kamera dengan tiga LED flash
Kamera belakang mempunyai resolusi 13 MP dengan dual LED flash dan kamera depannya mempunyai resolusi 5 MP dilengkapi dengan fitur wide angle. Keunikan dari sisi kamera pada smartphone ini adalah jumlah flashnya yang melebihi smartphone umumnya, ya Andromax R2 mempunyai tiga LED flash. Kualitas foto yang dihasilkan sangat jelas dengan ketajaman detil pada ruangan tertutup.

Konektivitas VoLTE 4G
Andromax R2 merupakan smartphone asal Indonesia pertama yang menyediakan VoLTE 4G (Voice Over LTE). Jaringan LTE ini memungkinkan kalian untuk menelepon dengan kualitas suara dan video call yang sangat jernih. Jauh lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan konektivitas 3G biasa.

Ukuran memori dan RAM sangat memadai
Smartfren menyediakan memori internal sebesar 16 GB dan kalian juga diberikan memori eksternal mencapai 128 GB. Selain itu, kapasitas RAM 2 GB yang disediakan sangat luas untuk menampung aktivitas kalian menggunakan ponsel sehari-hari.

Kelemahan Smartfren Andromax R2

Web-R2-02_04_03
(Gambar oleh Smartfren)

Bodi plastik dan layar kurang terang

Walaupun desain terlihat mewah dengan frame metal, namun Andromax R2 tetap mempunyai kecacatan di bagian desain khususnya di bagian belakang. Bagian belakang smartphone dilapisi permukaan kaca yang mudah menyebabkan pembekasan sidik jari. Di bawah terik sinar matahari, kalian juga akan kesulitan melihat layar karena kurang terang.

Kapasitas baterai kecil
Kekurangan yang paling menonjol dari smartphone ini adalah jumlah kapasitas baterainya yang tergolong sangat kecil, hanya 2320 mAH. Baterai Andromax R2 tidak mampu bertahan seharian dan hanya mampu bertahan beberapa jam saja apabila kalian pakai untuk bermain game HD.

Cepat panas dan laggy
Smartphone menjadi overheat (panas) apabila digunakan untuk bermain terlalu lama. Suhu awal smartphone ini adalah 41 derajat Celcius dan dapat meningkat seiring beratnya penggunaan. Selain itu, di beberapa game HD, Andromax R2 lumayan sering mengalami lagging yang mungkin bisa bikin kalian tidak nyaman jika belum terbiasa.

4G hanya untuk SIM Smartfren
Walaupun dilengkapi dengan dual SIM, namun SIM yang mendukung jaringan 4G LTE di smartphone ini hanyalah SIM CDMA Smartfren itu sendiri. Jika kamu tidak menggunakan SIM Smartfren, maka SIM lain hanya mendukung jaringan GSM saja.

Tidak ada NFC
Kekurangan lainnya pada ponsel ini adalah Andromax R2 belum mengenal teknologi NFC. NFC adalah Near Field Communication yang memungkinkan kalian untuk berbagi data secara langsung dengan smartphone lainnya yang mendukung NFC juga. Secara gamblangnya, NFC mirip dengan konsep Apple Airdrop dimana kalian bisa langsung mengirim atau menerima data tanpa medium aplikasi manapun.

Kesimpulan

Secara keseluruhan. Smartfren Andromax R2 sudah memberikan kualitas yang baik dan mencukupi dengan harga dibawah 2 juta. Bisa dibandingkan dengan smartphone lain yang seharga seperti Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2 dimana mereka hanya memiliki RAM sebesar 1 GB, chipset yang masih kalah unggul dibandingkan Smartfren Andromax R2, dan kapasitas baterai yang masih di bawah Andromax R2. Namun yang harus diperhatikan adalah jika ingin kecepatan 4G LTE, maka jaringan yang bisa digunakan hanyalah Smartfren.

Jika spesifikasi dan fitur smartphone Smartfren Andromax R2 sudah sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa membelinya dengan harga diskon loh!

Semoga bermanfaat!^^

Leave a Reply