Bhinneka News

Samsung akan segera umumkan Exynos 1080

 

Beberapa waktu belakangan ini tersebar kabar mengenai chipset terbaru dari Samsung series Exynos 1080 yang telah mulai terungkap satu demi satu. Chipset yang dikabarkan akan didesain untuk digunakan pada smartphone kelas menengah tersebut dilaporkan akan diungkapkan secara resmi pada minggu kedua November 2020 mendatang.

Kabar yang datang dari pengguna Twitter @UniverseIce tersebut menyebutkan secara rinci bahwa pengenalan Exynos 1080 akan diadakan 12 November 2020 di Shanghai, China. Dan disebutkan juga bahwa ini pertama kalinya Samsung mengadakan acara khusus untuk peluncuran chipset terbarunya, bukan produk jadi miliknya seperti biasa. Hal ini mengindikasikan bahwa Samsung mulai serius dan memperluas jangkauan pelanggannya. Tak hanya Exynos 1080, Samsung sepertinya juga akan memperkenalkan chipset lainnya, yakni chipset kelas menengah lainnya yang disebut sebagai Exynos 981. Sayangnya, belum ada keterangan lain tentang chipset ini selain akan memiliki dukungan Bluetootht 5.2.

 

Exynos 1080 sendiri disebut merupakan suksesor dari Exynos 980 yang akan mempersenjatai para perangkat mobile kelas menengah seperti misalnya Samsung Galaxy A71 5G dan Galaxy A51 5G. Chipset ini akan memiliki ARM Cortex-A78 sebagai inti utama CPU, serta memiliki GPU Mali-G78. Ada laporan yang menyebutkan juga bahwa chipset terbaru dari Samsung nantinya takkan menggunakan CPU Mongoose lagi, tetapi akan fokus menggunakan CPU dan ARM untuk memberikan performa yang lebih baik. GPU dari Exynos sendiri juga disebut akan mulai diganti dengan AMD alih-alih menggunakan Mali.

 

Leave a Reply