Peralatan Olahraga

Sepeda Jengki: Sepeda Klasik dan 5 Brand Terkenalnya

Sepeda jengki menjadi salah satu sepeda yang memiliki asal usul yang unik. Mungkin sepeda ini di telinga anak zaman modern agak sedikit asing hal ini dikarnakan sepeda ini populer di zaman dulu dan telah banyak memabantu orang orang dulu dalam bertransportasi.

Istilah sepeda jengki sangat populer di era setelah kemerdekaan indonesia. Kebanyakan orang menggunakan istilah ini untuk beberapa benda seperti celana jengki atau rumah kengki. Kata jengki untuk saat ini sendiri identic dengan kata jadul atau lama. Dengan menambahkan embel embel kata jengki diakhir kalimat benda akan melambangkan bahwa benda tersebut memiliki gaya lama atau gaya di era awal awal kemerdekaan.

Untuk sepeda jengki sendiri istilahnnya mengalami pergeseran pada tahun 1970 an. Mayoritas orang orang pada saat itu pengidentifikasi sepeda ini sebagai sepeda buatan khas orang china. Sehingga gelar ini melekat kepada produk produk sepeda dari cina yang masuk sejak tahun 1970 sampai dengan 2000.

Sebenarnnya sepada jengki ini berasal dari inggris. Hal ini dikarnakan pengembang sepada asal negeri ratu elizabith bernama Rover Bicycle telah memberikan inspirasi model sepeda roadster. Pengembang sepeda dari cina dengan brand Phoenix jitu dalam melihat peluang bisnis ini. Sehingga mereka berhasi membuat model sepeda jengki yang banyak di sukai oleh orang orang indonesia.

Sepeda Jengki

Meningkatnnya popularitas sepeda roadster di Indonesia membuat nama phoenix melejit pada zaman itu. Sehingga marek ini sangat terkenal. Padahal terdapat beberapa brand sepeda yang tidak kalah menarik dan sampai saat ini masih memproduksi sepeda sepeda menarik. Berikut 5 brand sepeda jengki yang produksinnya teruji.

Sepeda Jengki Shimano

Yang pertama datang dari produsen asal negeri sakura dengan nama brand Shimano. Brand Shimano cukup terkenal di kalangan para pencinta sepeda. Selain dikenal akan produksi sepeda nya yang menarik mereka juga dikenal dengan penyedia spare part sepeda paling banyak.

Sepeda yang pernah diproduksi oleh brand ini adalah sepeda jengki shimanoiyang yang cukup tangguh dan handal. Sepeda ini juga dilengkapi dengan spedometer dan lampu. Produk ini di jual di beberapa marketpalce indonesia dengan bandrol kisaran Rp. 5.000.000.

Sepeda Jengki The Mister (Miyata)

Sepeda The Mister menjadi salah satu produsen sepeda jengki yang cukup populer. Hal ini dikarnakan sepeda buatan the mister dijamannya sering kali digunakan para pekerja seperti bidan, doker, dan para pekerja kesehatan lainnya. Sebenarnnya produsen aslinnya memiliki nama miyata akan tetapi digelari the mister karena terkenal di kalangan pekerja.

Miyata juga memiliki produk yang cukup menarik yang bisa anda temukan di marketplace indonesia. Miyata 55z touring retro bike memiliki desain yang nyentrik dan dapat anda miliki dengan kisaran harga Rp. 1.850.000.

Brand Sepeda Marukin

Brand ketiga adalah brand Marukin. Brand sepeda yang juga memproduksi sepeda jengki ini cukup legendaris. Mereka diakui memiliki kualitas yang kridibel dalam memproduksi sepeda.

Sepeda yang mereka produksi memilki bahan besi dan frame berukuran 27x dengan berat 10 Kg. Sepeda buatan marukin bisa anda temukan di marketpalce indonesia dengan kisaran harga Rp. 2.000.000.

Brand Sepeda National

Brand National sangat familiar dengan brand panasonic. Hal ini dikarnakan brand nastional adalah evolusi brand dari panasonoc. Sepeda jengki buatan brand national di zamannya cukup memiliki banyak penggemar.

Sepeda antik National ini juga memiliki kerangka dari besi yang dilengkapi brake depan diacompe. Sehingga sepeda ini sangat kokoh dalam perjalanan. Untuk hargannya sendiri sepeda ini dibandrol dengan harga kisaran Rp. 3.500.000 di marketplace indonesia.

Brand Sepeda Sekine

Sekine dikenal sebagai salah satu produsen sepeda yang memiliki kualitas dan desain yang unik. Hal ini mereka buktikan dengan pencapaian mereka yang sangat besar pada tahun 1973. Mereka berhasil memasarkan produk mereka ke luarnegeri dengan cepat di zaman itu.

Salah satu sepeda jengki sekine yang bisa anda temukan di beberapa marketplace adalah sekine 10 speed road bicycle 55cm. Dengan dilengkapi dengan sparepart yang bekerja dengan sangat baik. Sepeda unik dan luar biasa ini di bandrol dengan harga yang juga luar biasa. Harganya kisaran 10 jutaan.

Leave a Reply