Bhinneka News

Spotify akan segera GoPublic

Spotify adalah salah satu layanan musik streaming yang cukup banyak digunakan pencinta musik seluruh dunia. layanan ini mempunyai 159 juta pengguna aktif dan 71 juta pelanggan premium. Hal ini membuat Spotify mengatakan bahwa penggunanya dua kali lebih banyak dari pengguna layanan Apple musik tetapi hal ini perlu di buktikan dengan data mengingat Apple tidak pernah mengumumkan jumlah pelanggannya. Spotify meng-klaim berdasarkan laporan Wall Street Jounal yang mengatakan bahwa Apple dapat melewati Spotify di Amerika apabila streaming service ini mampu mempertahankan tingkat perkembangannya 5 persen per-bulan.

Dalam waktu dekat, Spotify berencana untuk melepas sahamnya ke public dan mendaftarkan ke New York Stock Exchange, nantinya Spotify harus mengajukan F-1 Filling dan bila di disetujui, Spotify akan menggunakan kode bursa $SPOT. Dengan melakukan  Initial Public Offering (IPO) ini Spotify mengharapkan mendapat dana segar sebesar USD$ 1 milyar yang akan digunakan untuk memperbesar bisnis yang sedang di lakukannya ke bisnis lainnya. Sebagai informasi untuk saat ini Spotify mendapatkan pemasukan dari iklan dan biaya berlangganan.

Layanan Spotify sudah memikirkan matang-matang rencanan IPO ini berdasarkand data yang ada mengatakan bahwa jasa layanan streaming meningkat 60 persen pada tahun 2016 dan peningkatan memberikan masukan sebesar USD 4.6 milyar. Sedangkan di pihak lain penjualan album fisik menurun 8 persen dan penjualan download menurun 21 persen.

Leave a Reply