Tips & Tutorial

Unsur-Unsur Iklan Dalam Marketing

Iklan menjadi salah satu elemen penting yang dapat menjadi media promosi sehingga menarik perhatian banyak orang secara umum. Secara umum, iklan bisa seseorang gunakan sebagai media dalam berbagai bentuk mulai dari video, tulisan, audio sampai dengan iklan berbaris. Untuk memahaminya Anda perlu tahu Unsur-Unsur iklan.

Kebutuhan akan berbagai jenis iklan di era modern seperti sekarang ini memang sangat masif. Apalagi jika berbicara di berbagai industri bisnis. Dengan menggunakan iklan, produk maupun jasa dapat perusahaan atau produsen kepada konsumen sehingga memperoleh perhatian. Tentu saja peluang produk maupun jasa terjual lebih kencang akan semakin terasa berkat iklan ini.

Dalam implementasinya, iklan memiliki beberapa unsur yang harus dipahami. Suatu perusahaan ketika mengiklankan produk tentunya harus memperhatikan beberapa hal penting. Untuk itulah seseorang harus mengetahui unsur-unsur iklan.  Berikut penjelasannya!

Unsur-Unsur Iklan

Menggunakan Kalimat yang Deskriptif

Unsur iklan pertama adalah kalimat deskriptif di mana kalimat ini memiliki fungsi sangat vital. Tugas dari kalimat ini adalah menjelaskan produk secara efisien kepada calon konsumen maupun pelanggan dengan kalimat sebaik mungkin.

Tentu saja dalam membuat kalimat ini perlu teliti agar kesan bertele tele, pastikan kalimat tersampaikan secara singkat dan tepat sasaran. Selain itu dalam membuat kalimat harus juga memperhatikan unsur persuasifnya. Kalimat persuasif adalah elemen penting dari iklan karena hal inilah yang dapat tersampaikan ke konsumen atau pelanggan.

Unsur Perhatian atau Attention

Berikutnya unsur pada iklan adalah attention atau perhatian. Ketika membuat  iklan seseorang harus memperhatikan secara detail mengenai attention. Perhatian merupakan salah satu kunci agar iklan dapat tersampaikan ke pelanggan atau konsumen.

Tentu saja iklan yang memiliki daya tarik atau dapat menarik perhatian khalayak umum tidak mudah membuatnya. Untuk membuat iklan seperti ini seseorang atau perusahaan harus memberikan ide kreatif semaksimal mungkin sehingga bisa menarik banyak orang.

Unsur Minat atau Interest

Setelah berhasil menarik perhatian banyak orang, langkah berikutnya yang harus perusahaan atau perorangan lakukan dalam membuat iklan adalah unsur minat atau interest. Elemen ini sangat penting karena menarik perhatian saja tidak cukup.

Iklan yang dibuat haruslah bisa memberikan atau bahkan menciptakan minat dari para konsumen. Konsumen yang tertarik dan punya minat terhadap jasa maupun produk tersebut. Unsur ini sangat penting dalam memunculkan minat karena tanpa hal tersebut seseorang tidak mungkin tertarik terhadap sebuah produk atau jasa.

Keinginan atau Desire

Elemen selanjutnya yang harus atau unsur yang harus ada pada iklan adalah keinginan atau desire. Calon konsumen tentunya akan tergerak hatinya bila unsur iklan ini ada. Membuat iklan dengan unsur keinginan atau desire ini memang tidak mudah.

Tingkat kreativitas tinggi tentunya menjadi salah satu dasar untuk membuat iklan dengan yang bisa menarik khalayak umum. Keinginan atau desire dari para konsumen hanya bisa terwujud apabila iklan tersebut benar benar berkesan. Maka dari itu, unsur iklan satu ini benar benar harus Anda perhatikan.

Conviction atau Rasa Percaya

Unsur iklan berikutnya yang harus ada adalah conviction atau rasa percaya. Maksudnya di sini adalah membangun rasa percaya dari konsumen menjadi salah satu hal penting karena tingkat kepercayaan pelanggan akan berkaitan dengan penjualan produk.

Iklan yang perusahaan atau perorangan buat harus benar benar memiliki tujuan dalam membangun rasa percaya pelanggan. Jangan sampai iklan ini mengandung unsur penipuan, sebaliknya yang harus menjadi perhatian Anda adalah membuat iklan sambil mengedukasi. Pastikan juga untuk tidak melebih lebihkan iklan tersebut agar pelanggan lebih yakin dan percaya.

Ketika membuat iklan tingkat kreativitas memang menjadi tuntutan utama. Akan tetapi hal paling penting perlu Anda perhatikan adalah kepercayaan konsumen seperti unsur terakhir dari iklan tadi. Buatlah iklan tanpa melebih lebihkannya.

Kebanyakan pelanggan memang sedikit tergoda dengan iklan iklan yang sering melebih lebihkan produk. Akan tetapi dengan ilmu pengetahuan yang berkembang para konsumen sudah lebih cerdas dalam memfilter iklan.

Maka dari itu, ketika membuat iklan usahakan agar se-alami mungkin. Salah satu cara terbaik adalah dengan menonjolkan kualitas dan kelebihan dari produk maupun jasa tersebut secara signifikan. Paparkan juga manfaatnya sebaik mungkin tanpa ada unsur-unsur iklan yang berlebihan.

 

Leave a Reply