logo siplah
Pemerintah Solusi B2B

Bhinneka Jadi Merchant SIPLah, Beli Kebutuhan Sekolah Jadi Mudah

Bhinneka secara resmi menjadi salah satu merchant SIPLah. SIPLah atau Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah adalah program pengadaaan barang dan jasa untuk instansi pendidikan di Indonesia. Sistem SIPLah bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan kemudahan bagi instansi atau Satuan Pendidikan (Satdik).

logo siplah

Dengan menjadi merchant SIPLah, Satuan Pendidikan atau pengguna SIPLah di seluruh Indonesia bisa belanja berbagai kebutuhan sekolah dan belajar mengajar, seperti: laptop atau PC, proyektor, smartphone, printer, genset, lemari untuk simpan dokumen, sampai peralatan kebersihan dan disinfektan.

Bhinneka jadi Merchant SIPLah

Bhinneka merupakan situs e-commerce di Indonesia yang menjual berbagai produk dan jasa B2B terlengkap untuk UMKM, korporasi, dan instansi pemerintah. Bhinneka menjual berbagai produk dan jasa dengan jaminan asli dan berkualitas. Dengan menjadi merchant SIPLah, Bhinneka menyediakan berbagai produk elektronik yang berkualitas untuk berbagai Satuan Pendidikan di Indonesia.

Selain menjual produk elektronik, Bhinneka juga menjual produk non elektronik yang dibutuhkan di lingkungan sekolah, seperti: ATK atau alat tulis kantor, handphone dan tablet, kamera dan aksesorisnya, peralatan kebersihan dan kesehatan, peralatan olahraga, alat pertukangan, sampai rak atau lemari untuk simpan dokumen.

Cara Belanja Produk Bhinneka di SIPLah

Bhinneka memiliki laman khusus untuk memudahkan Anda melakukan pengadaan barang secara online di SIPLah. Kunjungi toko kami di link berikut: https://bhnk.co/Siplah-Blog. Setelah itu, cari barang yang Anda butuhkan. Harga produk sudah termasuk PPN. Pengguna SIPLah juga bisa melakukan negosiasi harga di Keranjang Belanja.

produk siplah bhinneka di blibli

 

Berikut ini berbagai produk yang tersedia di toko Bhinneka pada SIPLah:

  • Alat Tulis Kantor (ATK): Kertas, pemotong kertas, perekat dan pengikat, Box File, dan Lemari file
  • Barang Elektronik: Aksesoris PC dan Gadget, Speaker, printer, monitor, proyektor
  • Handphone dan Tablet
  • Kamera digital
  • Peralatan Kesehatan: Alat bantu pendengaran, alat bantu pernapasan, P3K, alat diagnosa
  • Komputer, Laptop, Harddisk, USB Flashdisk, Router
  • Peralatan olahraga
  • Peralatan pertukangan: Alat pengangkut barang, alat keselamatan, genset
  • Furniture kantor dan alat kebersihan.

Tentang SIPLah

SIPLah atau Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah adalah sistem elektronik yang digunakan untuk melakukan pengadaan barang dan jasa oleh satuan pendidikan di Indonesia. Sistem pengadaan elektronik ini bisa diakses melalui laman siplah.kemdikbud.go.id. Pengadaan online SIPLah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 14 tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan.

bhinneka jadi merchant siplah

Sistem pengadaan online ini adalah bentuk penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi, keterjangkauan, dan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah, khususnya pada bidang pendidikan. Melalui sistem ini, Satuan Pendidikan di seluruh Indonesia bisa membeli berbagai kebutuhan pendidikan, mulai dari laptop, printer, sampai peralatan ATK semudah belanja online.

Manfaat SIPLah

Selain meningkatkan efisiensi dan transparansi bagi Satuan Pendidikan di seluruh Indonesia, SIPLah juga punya banyak manfaat untuk pelaku usaha di Indonesia. Dengan menjadi merchant SIPLah, semua pelaku usaha mulai dari pemilik usaha individu/toko, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), sampai yang sudah berbadan usaha (CV atau PT) bisa menyediakan berbagai kebutuhan barang dan jasa untuk Satuan Pendidikan.

Manfaat Jadi Merchant SIPLah

Pelaku usaha yang sudah bergabung menjadi merchant SIPLah bisa menjual barang dan jasanya ke target pasar yang jelas. Para pelaku usaha yang biasanya menjalankan usaha secara konvensional, bisa mengatasi berbagai kendala seperti: akses pasar yang terbatas, kurangnya modal, susahnya mendapat legalitas untuk pengadaan pemerintah, dan menghindari pembayaran yang terkendala.

Manfaat SIPLah untuk Satuan Pendidikan

Aplikasi SIPLah yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan juga memberi banyak manfaat untuk Satuan Pendidikan di Indonesia. Sistem pengadaan elektronik ini diharapkan jadi solusi dari kendala Satuan Pendidikan dalam mengelola dana dan memproses pengadaan barang dan jasa. Berikut ini manfaat SIPLah untuk Satuan Pendidikan:

  • Sistem Belanja Online. Pelaksanaan PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) dapat dilakukan dari sekolah secara online
  • Dashboard SIPLah bisa diakses oleh stakeholder terkait untuk memudahkan pengawasan
  • Tersedia tutorial dalam bentuk video, buku panduan, dan juga punya layanan Helpdesk
  • SIPLah menggunakan pembayaran non tunai sehingga lebih aman dan praktis
  • Bukti transaksi bisa diunduh dan dicetak jika dibutuhkan.

Pengguna SIPLah

Pada tahun 2019, sasaran pengguna SIPLah adalah pelaku PBJ yang tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2019 yaitu pelaku PBJ pada sekolah pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan khusus. Melalui Permendikbud nomor 14 tahun 2020, pengguna SIPLah diperluas menjadi seluruh Satuan Pendidikan baik formal dan non formal, yaitu:

1. Satuan Pendidikan Formal

  • Satuan Pendidikan Anak Usia Dini: TK, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD
  • Satuan Pendidikan Dasar: Sekolah setingkat SD dan SMP
  • Satuan Pendidikan Menengah: Sekolah setingkat SMA dan SMK
  • Santuan Pendidikan Khusus: SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB.

2. Satuan Pendidikan Non Formal

  • Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

3. Satuan Pendidikan Kesetaraan

  • Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
  • Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

SIPLah merupakan sistem pengadaan online dengan konsep pasar daring (online marketplace) yang bertujuan memudahkan Satuan Pendidikan di seluruh Indonesia memproses pengadaan semudah belanja online. Bhinneka jadi salah satu merchant SIPLah. Dengan bergabungnya Bhinneka, diharapkan memudahkan para Satuan Pendidikan mendapatkan produk asli dan berkualitas untuk kebutuhan pendidikan.

Leave a Reply