Bhinneka News Info Bisnis

USB Promoter Group Umumkan Standart Baru USB 4

Baru-baru ini, USB Promoter Group mengumumkan spesifikasi awal dari standar baru, USB 4. Standar ini terbilang menarik, karena menawarkan kecepatan bahkan hingga dua kali lipat dari “USB 3.2 Gen 2×2”, dengan basis yang berbeda dari USB sebelumnya tetapi tetap menawarkan backward compatibility. USB 4 ini menggunakan basis Thunderbolt 3, di mana Intel memang baru saja memberikan akses ke teknologi tersebut ke USB Promoter Group.

Standar baru tersebut disebut bisa menawarkan dua lane data dengan menggunakan kabel USB Type C yang ada saat ini. Karena itu, kecepatan yang bisa ditawarkan pun meningkat, menjadi sekitar 40 Gbps. Selain kecepatan yang meningkat, USB 4 ini juga mengusung kapabilitas berbagi jalur antara data dengan display, seperti yang ditawarkan Thunderbolt 3. USB 4 ini nantinya juga bisa digunakan untuk display out, kemungkinan besar sesuai dengan standar Display Port.

USB Promoter Group menjanjikan USB 4 ini menawarkan backward compatibility yang berarti adalah pengguna USB dengan standar lama masih bisa memasang perangkat mereka, baik secara langsung ataupun melalui konverter, ke port yang sudah mendukung USB 4. Backward compatibility akan ditawarkan untuk Thunderbolt 3, USB 3.0/3.1/3.2, dan bahkan hingga USB 2.0. Spesifikasi final dari USB 4 baru akan diumumkan beberapa waktu ke depan dan Puluhan perusahaan yang tergabung ke USB Promoter Group disebut masih mendiskusikan spesifikasi akhir dari USB 4 tersebut. Kemungkinan besar, pengumuman akan diberikan di USB Developer Day 2019, di Quartal kedua tahun 2019.

Leave a Reply