Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa muda tentu sudah dikenal baik. Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh selain untuk menghilangkan rasa haus. Selain rasa yang menyegarkan terutama diminum saat cuaca panas, air kelapa muda juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang penting.

Mengkonsumsi air kelapa secara rutin sangat baik untuk tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda mengkonsumsi air kelapa yang tidak ditambah gula atau pemanis lagi agar jauh lebih sehat untuk tubuh. Lantas, apa saja ragam manfaat dari air kelapa?

Air Kelapa yang Penuh Nutrisi

Air kelapa mengandung mineral, viramin dan juga elektrolit serta gula. Meskipun mengandung gula, namun kadar gula dalam air kelapa sangatlah kecil dan sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi. Kelapa juga mengandung karbohidrat dan juga protein dan lemak.

Namun tidak perlu khawatir, kandungan kalori dan lemak dari air kelapa sangat kecil sehingga tidak akan membuat gemuk. Air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan beberapa mineral lain seperti kalsium, zat besi, mangan, magnesium, seng.

kelapa muda

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin seperti di atas membuat air kelapa sangat sehat dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin sehari – hari.

Air kelapa juga mengandung antioksidan. Antioksidan dalam air kelapa dapat membantu untuk menangkal radikal bebas sehingga sel – sel tubuh terlindungi dan terjaga kesehatannya.

Manfaat Air Kelapa Muda

Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi air kelapa yang tidak ditambahkan pemanis maupun gula lagi. Selain menghilangkan rasa haus, ini beberapa manfaat air kelapa muda:

Mencegah Dehidrasi

Air kelapa sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan sembari tetap rutin meminum air putih 8 gelas setiap harinya. Air kelapa juga dapat membantu saat seseorang terkena diare untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

Menjaga Tekanan Darah

Air kelapa muda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Air kelapa juga dapat membantu meningkat kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Air kelapa memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kuat dan terhindari dari berbagai penyakit.

manfaat air kelapa muda

Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Air kelapa dapat membantu menjaga kelangsungan organ di dalam tubuh. Air kelapa adalah sumber dari arginin merupakan salah satu asam amino yang diperlukan tubuh. Asam amino dapat membantu pembentukan protein yang berguna untuk regenerasi sel – sel tubuh.

Menjaga Kencatikan dan Memperlambat Penuaan

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk memelihara kecantikan dan memperlambat penuaan dini. Air kelapa mengandung sitokinin, yaitu salah satu hormon pertumbuhan yang mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel.Kandungan sitokinin dalam air kelapa ini memiliki efek anti penuaan, anti karsinogenik dan anti trombotik.

Tentunya manfaat di atas dapat Anda peroleh secara maksimal jika air kelapa dikonsumsi dengan tepat. Penambahan gula atau pemanis ke air kelapa dapat mengurangi manfaat kesehatan karena tingginya kandungan gula tidak sehat untuk tubuh.

Jika Anda membeli air kelapa dalam kemasan, pastikan Anda meneliti terlebih dahulu kandungan nutrisinya dan periksa kadar gulanya.

1 Comment

Leave a Reply