Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Apa Itu Admin Marketing? Definisi dan Tugas-Tugasnya

Di era modern seperti sekarang ini terdapat banyak sekali profesi baru salah satunya adalah Admin Marketing. Aktivitas marketing menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting untuk membuat sebuah produk terjual dengan baik.

Pekerjaan sebagai admin di divisi marketing ini menjadi salah satu kunci sebuah perusahaan dapat bergerak dengan baik. Untuk itulah profesi atau pekerjaan ini sangat orang minati dan cari di mana semua kegiatan bisnis berjalan secara online.

Definisi Admin Marketing

Marketing administrator atau admin pemasaran merupakan sebuah profesi atau pekerjaan yang memegang peran penting dalam mengelola aktivitas pemasaran. Kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan sangat berpengaruh pada kinerja admin satu ini.

Untuk tugasnya sendiri tentu saja bergantung pada tim kreatif tiap perusahaan. Biasanya admin akan berkolaborasi dengan beberapa pekerjaan atau profesi seperti konten iklan, produk kampanye atau campaign dan lain sebagainya.

Sebenarnya tugas dari seorang admin sendiri terdiri dari berbagai jenis dan tipe. Beberapa kegiatan seperti merangkum pesanan, mencatat penjualan, sampai dengan mengunggah produk biasanya admin ini yang mengerjakannya.

Admin Marketing

Beberapa Tugas dari Admin Marketing yang Perlu Diketahui

Setelah memahami definisi dan bagaimana admin marketing secara umum, ada beberapa hal lagi harus Anda ketahui mengenai profesi satu ini. Berikut adalah beberapa tugas dari marketing administrator beserta dengan tanggung jawabnya.

1. Menjalankan dan Melakukan Riset Pasar

Tugas pertama atau umum yang seorang Admin marketing lakukan adalah mengemban tugas dalam menjalankan serta melakukan riset pasar produk. Tanggung jawab pada kegiatan konsumen ini akan profesi ini pengang.

Aktivitas melakukan riset pasar dan mengelolanya dengan baik menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting. Perusahaan akan sangat bergantung pada aktivitas riset pasar ini untuk bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

2. Menyusun Laporan Hasil Penjualan dan Melaporkannya

Tugas selanjutnya dari seorang admin marketing adalah melakukan pengecekan kembali serta menyusun data penjualan secara terstruktur. Tentu saja penyusunan laporan ini menjadi salah satu elemen penting dalam aktivitas berbisnis.

Laporan dari hasil penjualan secara rinci khususnya yang melalui kegiatan marketing ini akan pihak admin laporkan kepada perusahaan. Proses penginputan dan serta pengarsipannya harus tersusun secara baik agar bisa pihak perusahaan baca dengan tepat.

3. Membantu Kinerja Tim Lainnya

Admin marketing juga mengemban tugas sebagai tenaga support atau mendukung di mana beberapa pekerjaan memang membutuhkan kehadirannya. Contohnya saja seperti divisi Public Relations (PR), media, Vendero, sampai dengan manajemen.

Beberapa divisi dari tim perusahaan tadi biasanya akan meminta data data dari admin. Terutama pada bagian Public Relations (PR) menjadi salah satu divisi yang akan sering bekerja sama dengan marketing administrator untuk meningkatkan image dari perusahaan.

4. Menciptakan Strategi Pemasaran dan Menerapkannya

Tugas penting lainnya yang harus admin pemasaran selanjutnya perhatikan adalah merencanakan, menerapkan sekaligus melakukan pengujian. Kegiatan ini sifatnya sangat penting untuk perkembangan perusahaan.

Admin marketing memiliki peran penting dalam menciptakan brand image perusahaan sehingga bisa menghasilkan citra baik untuk perusahaan. Apabila strategi pemasaran berjalan dengan baik maka citra dan image secara otomatis akan terlihat bagus.

5. Mengupdate dan Memperbarui Produk di Media Pemasaran

Ketika memutuskan untuk berjualan secara online dan menjalankan website tentunya mengupdate aktivitas produk menjadi tanggung jawab perusahaan. Admin marketing tentunya memainkan peran penting dalam memperbaiki dan membuat produk terlihat baik di sosial media.

Mengupdate dan memperbarui produk mulai dari keterangan dan image yang ada di website termasuk kegiatan yang harus seorang admin perhatikan. Tampilan sebuah web bagus tidaknya tergantung pada kegiatan dari marketing administrator. Pemasaran dalam bentuk apapun sangat berpengaruh pada aktivitas dari divisi ini sehingga bisa terlihat baik.

6. Mengaplikasikan Aplikasi Strategi Pemasaran

Admin pemasaran juga memiliki peran penting dalam menjalankan aplikasi yang berkaitan dengan aktivitas pemasaran. Kegiatan mempromosikan produk seperti marketing ini menjadi salah satu aktivitas yang harus perusahaan lakukan.

Tanggung jawab dalam merencanakan dan mengelola aplikasi pemasaran ini akan Admin lakukan. Tentu saja keberhasilan dalam menjalankan aplikasi ini bergantung pada kesuksesan admin marketing dalam mengelola aplikasi ini.

Leave a Reply