Tips & Tutorial

Apa itu Standarisasi Power Supply 80 Plus ?

Ketika Anda membangun sebuah system komputer, komponen yang sering dianggap remeh adalah bagian power supply (PSU). Bagian ini adalah bagian pemasok listrik untuk semua komponen di dalamnya baik itu untuk prosesor, motherboard, graphics card dan lain sebagainya walau tidak langsung. Efek dari pemilihan PSU yang tidak sesuai akan mengakibatkan system komputer Anda tidak stabil bahkan berakibat rusak karena tidak stabilnya daya yang diberikan ke setiap komponen .

Pada saat membeli komponen ini, Anda pasti pernah melihat sebuah PSU dengan tanda “80 Plus” dan tidak, kami akan sedikit memberikan informasi untuk Anda dalam menentukan PSU apa yang di perlukan oleh Anda dalam membangun sebuah system komputer. 80 Plus sendiri adalah sebuah sertifikasi yang dikembangkan oleh Ecos Consulting pada tahun 2004 untuk mempromosikan efisiensi PSU yang digunakan pada sebuah komputer. Sertifikasi diberikan pada PSU yang mempunyai efisiensi diatas 80% pada situasi load, 20%, 50%, dan 100% dari nilai beban, dan juga power factor yang mencapai 0,9 atau lebih pada kondisi load 100%.

Sebagai contoh, sebuah PSU 1500 Watt dengan konsumsi daya DC 600 Watt mempunyai efisiensi sebesar 60% namun menarik 1000 Watt listrik dan membuang 400 Watt tersebut umumnya akan berubah menjadi panas. Sedangkan PSU 1500 Watt dengan konsumsi daya DC 600 Watt dengan efisiensi 80% akan menarik 750 Watt listrik dan hanya membuang 150 Watt yang diubah menjadi panas.

Terdapat 2 macam pengujian, yaitu 115V non-redundant biasanya digunakan  para pengguna komputer rumahan/kantoran, sedangkan 230V internal redundat biasanya digunakan untuk data centre. Terlihat bahwa perbedaan dari beberapa jenis 80+ terletak pada efisiensinya. Semakin bagus maka akan semakin efisien tetapi akan lebih mahal. Perlu diingat sekali lagi, semakin efisien PSU Anda, tenaga yang terbuang juga akan semakin sedikit dan itu berarti PSU Anda akan lebih dingin dan juga tagihan listrik yang akan lebih hemat.

Sudah siap beralih untuk menggunakan PSU dengan sertifikasi 80 Plus sehingga tagihan listrik rumah menjadi lebih hemat, Anda bisa mendapatkan pada situs Bhinneka dengan harga dan promo menarik, pastinya dengan garansi resmi yang Asli bikin Tenang.

Leave a Reply