Cara Karyawan Betah di Kantor
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

9 Barang yang Bikin Karyawan Betah di Kantor

Kantor adalah rumah kedua bagi karyawan. Sebagian besar waktu dihabiskan di tempat kerja. Walaupun pekerjaan selalu dinamis, terkadang baik terkadang buruk, namun suasana kerja yang nyaman membuat karyawan betah di kantor. Lingkungan kerja yang nyaman juga mendorong karyawan untuk mengeluarkan ide kreatif dan tidak cepat stress.

Lingkungan kerja yang menginspirasi juga membuat karyawan bekerja lebih tenang dan saling bekerja sama dengan baik. Menciptakan suasana kantor yang nyaman cocok untuk perusahaan yang bekerja di industri kreatif. Ada beberapa hal yang membuat karyawan merasa dihargai, salah satunya adalah dengan menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Bagi pemilik bisnis, Anda pasti peduli dengan produktivitas karyawan. Segala cara dilakukan untuk membuat karyawan betah di kantor. Tujuannya, supaya lebih produktif, karyawan inisiatif untuk berpikir kreatif, dan menurunkan jumlah karyawan resign yang menurunkan produktivitas tim. Pada artikel ini, kami akan berbagi barang-barang bermanfaat di kantor yang jika ada bisa membuat karyawan betah di kantor.

1. AC Kantor yang Nyaman

Setiap orang punya ukuran berapa suhu ruangan idealnya masing-masing. Ada yang tidak kuat dingin, ada juga yang tidak kuat panas. Sebuah studi pernah dilakukan ke 9 orang karyawan, pada suhu 25 derajat Celcius mereka bisa mengetik lebih cepat dengan tingkat kesalahan hanya 10%. Namun, saat suhu diturunkan 5 derajat Celcius (lebih dingin) produktivitas berkurang dan kesalahan naik dua kali lipat.

Tips karyawan betah di kantor

Studi tersebut menyimpulkan bahwa suhu ruangan yang hangat cocok untuk mendorong kreativitas, suhu yang dingin cocok untuk pekerjaan monoton, dan suhu di atas 27 derajat Celcius tidak cocok untuk pekerjaan berhitung. Suhu ruangan yang hangat juga mendorong karyawan untuk nyaman berkolaborasi. Sedangkan untuk pekerjaan melayani pelanggan atau memproses dokumen sebaiknya di ruangan bersuhu 22 derajat Celcius.

Suhu ruangan bisa diatur tergantung banyaknya karyawan dalam satu ruangan dan jenis pekerjaannya. Sediakan ruangan yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas. Untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman, performa AC Anda harus tetap optimal. Anda bisa gunakan jasa Maintenance AC Bhinneka berbasis kontrak supaya bebas repot tidak perlu cari vendor baru setiap beberapa bulan sekali.

2. Udara Bersih Karena Air Purifier

Cara membuat karyawan betah di kantor adalah dengan menyediakan ruangan yang bersih dan nyaman. Suhu ruangan bisa diatur dengan AC, namun untuk kebersihannya Anda butuh Air Purifier. Studi ilmiah dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (US EPA) menyatakan bahwa udara dalam ruangan 2 sampai 5 kali lebih berpolusi daripada udara di luar ruangan.

Cara Karyawan Betah di Kantor

Berbagai peralatan kantor seperti printer, mesin fotokopi, dan sebagainya tanpa disadari mengeluarkan polutan. Belum lagi ditambah udara kotor yang masuk dari luar. Sirkulasi udara yang tidak baik membuat kualitas udara menurun. Ini akan menyebabkan masalah kesehatan yang berdampak pada tingkat absensi dan biaya pengobatan yang harus kantor tanggung.

Air Purifier juga berfungsi menekan jumlah virus dan bakteri di dalam udara. Virus yang menyebar lewat udara bisa dibasmi sehingga tidak menular ke banyak karyawan. Air Purifier juga dapat membuat karyawan lebih produktif karena tidak gampang sakit. Udara yang bersih juga dapat menurunkan tingkat stress. Beli Air Purifier di Bhinneka.

3. Cemilan Enak dan Sehat Bikin Betah di Kantor

Siapa yang menyangka cemilan adalah salah satu hal yang membuat karyawan betah di kantor. Namun, Anda tidak bisa sembarangan memilih cemilan untuk karyawan. Sediakan cemilan yang sehat supaya tidak membuat karyawan cepat sakit. Perusahaan bisa membuat kebijakan khusus untuk menyediakan cemilan di kantor, atau membebaskan karyawan membeli dan bawa cemilan favoritnya sendiri. Jangan lupa untuk ingatkan karyawan menjaga kebersihan pada sampah dan sisa-sisa remahan cemilan yang dapat mengundang semut, tikus, atau hewan lainnya.

4. Peralatan Pantry yang Lengkap

Peralatan pantry yang lengkap membuat karyawan betah di kantor. Alasannya, karena karyawan bisa membuat makanan dan minuman favoritnya kapan saja. Alangkah baiknya, jika Anda bisa menyediakan susu atau kopi instan dan mie instan untuk dibuat sendiri oleh karyawan. Beberapa peralatan dapur yang cocok untuk di pantry kantor adalah Microwave atau oven, kulkas, dispenser, blender, dan Air Fryer. Biasakan karyawan menjaga kebersihan peralatan dapur setelah digunakan.

5. Teh dan Kopi Instan di Pantry

Teh dan kopi bisa dikonsumsi untuk menghilangkan stress. Baik panas atau dingin, teh dan kopi bisa jadi sarana untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Ngeteh dan ngopi bareng juga dapat meningkatkan keakraban karyawan. Anda bisa stok kopi dan teh instan di pantry untuk diseduh kapan saja. Atau jika tidak bisa, sediakan gelas dan cangkir supaya karyawan bisa seduh kopi dan teh favoritnya di kantor.

6. Sofa untuk Deep Talk

Saat jam istirahat, sofa atau ruang khusus untuk santai bisa dimanfaatkan untuk melepas lelah. Ruang istirahat dengan sofa dan bantal empuk bisa digunakan untuk diskusi mengenai proyek yang sedang dijalankan. Karyawan juga bisa pindah kerja di sofa supaya lebih nyaman. Berbagai furnitur unik untuk kantor membuat suasana kerja lebih santai. Karyawan jadi tidak segan untuk mengeluarkan ide kreatif di kepalanya.

Barang yang buat karyawan betah di kantor

Sofa juga bisa ditempatkan di ruang konseling karyawan. HR bisa melayani curhat karyawan di ruangan tersebut. Berbagai masalah di luar kantor bisa mempengaruhi produktivitas karyawan. Oleh karena itu, tempatkan ahli yang bisa menangani psikologi manusia untuk menangani karyawan yang kehilangan motivasi bekerja.

7. Koran dan Majalah Terbaru

Tidak ada yang lebih baik dibanding memiliki karyawan yang penuh dengan pengetahuan. Menyediakan buku, koran, majalah, dan berbagai bahan bacaan di kantor punya dampak positif bagi karyawan. Saat kehabisan ide, karyawan bisa meluangkan waktu dan cari ide baru dengan membaca. Koran dan majalah juga dapat memberikan informasi terbaru mengenai apa saja yang terjadi di lingkungan luar kantor. Memungkinkan karyawan lebih cepat mengantisipasi isu yang berdampak ke bisnis Anda.

8. Tanaman Indoor untuk Redam Stress

Menambah tanaman hidup di dalam ruangan bisa membuat karyawan betah di kantor. Tanaman membuat setiap orang merasa nyaman karena bisa bantu mengurangi stress dan kecemasan. Secara natural, semakin rendah tingkat stress berarti semakin bahagia karyawan Anda. Ini artinya, produktivitas semakin meningkat. Ditambah lagi, tanaman juga dapat menyaring racun dan menghasilkan udara bersih di dalam ruangan.

Kantor yang betah untuk karyawan

9. Kartu dan Board Game

Permainan kartu remi, domino, dan board game bisa dimainkan saat waktu senggang. Sambil melatih komunikasi dan kekompakan team, permainan kartu dan board game bisa mengasah strategi. Sebagai pemilik perusahaan, Anda bisa tentukan permainan apa saja yang bisa disediakan di kantor. Tujuannya untuk hadirkan suasana santai agar karyawan betah di kantor. Namun, cukup hati-hati memilih board game karena ada beberapa jenis permainan yang butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

Itulah berbagai ide barang-barang yang bisa membuat karyawan betah di kantor. Fasilitas karyawan yang lengkap membuat mereka lebih nyaman menghabiskan banyak waktunya di rumah. Badan dan pikiran selalu semangat karena selain udaranya bersih dan nyaman, karyawan bisa bekerja selayaknya di rumah. Selain menyiapkan barang yang bikin betah, ada baiknya mulai bangun budaya saling membantu supaya tercipta suasana kekeluargaan di antara karyawan.

Leave a Reply